Mencari Nilai Dari Bilangan Berpangkat Desimal Contoh 32 Pangkat 02 Terbaru
Bilangan dengan pangkat desimal, sanggup dilakukan pengubahan sedikit sehingga bentuknya lebih mudah dipahami.
Pangkatnya mampu dijadikan pecahan dulu.
Mari kita coba soalnya..
Kita ubah dulu pangkatnya yang 0,dua menjadi pecahan.
0,2 = ²∕₁₀
Kemudian masuk ke soal primer..
= (32)0,2
= (32)1/5
Sehingga :
= (2⁵)1/5
= (2)lima×1/lima
= (2)¹
= 2
Sehingga diperoleh jikalau (32)0,dua = 2
Sekarang, kita nir mengganti pangkatnya sebagai pecahan, abaikan saja pada bentuk desimal. Hasilnya sama saja bila memakai pecahan.
Soalnya adalah :
= (16)1,25
Sehingga :
= (2⁴)1,25
= (dua)4×1,25
= (2)⁵
= 32
Sehingga diperoleh kalau (16)1,25 = 32
Pangkat yg berbentuk desimal bila mau diubah ke bentuk pecahan atau dibiarkan saja permanen desimal, akan membentuk output akhir yang sama.
Jangan resah..
Semoga membantu..
Pangkatnya mampu dijadikan pecahan dulu.
Mari kita coba soalnya..
Soal :
1. Berapakah nilai berdasarkan 320,dua ?
1. Berapakah nilai berdasarkan 320,dua ?
Kita ubah dulu pangkatnya yang 0,dua menjadi pecahan.
0,2 = ²∕₁₀
- sederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut menggunakan 2
= ¹∕₅
Sehingga 0,2 = ¹∕₅
Kemudian masuk ke soal primer..
= (32)0,2
= (32)1/5
- Ubah 32 sebagai bentuk pangkat
- 32 = 2⁵
= (2⁵)1/5
Gunakan sifat berikut :
(ab)c = (a)b×c
Sehingga :
= (2⁵)1/5
= (2)lima×1/lima
- 5× ⅕ = 1
= (2)¹
= 2
Sehingga diperoleh jikalau (32)0,dua = 2
Soal :
2. Berapakah nilai dari 161,25 ?
2. Berapakah nilai dari 161,25 ?
Sekarang, kita nir mengganti pangkatnya sebagai pecahan, abaikan saja pada bentuk desimal. Hasilnya sama saja bila memakai pecahan.
Soalnya adalah :
= (16)1,25
- Ubah 16 sebagai bentuk pangkat
- 16 = 2⁴
= (2⁴)1,25
Gunakan sifat berikut :
(ab)c = (a)b×c
Sehingga :
= (2⁴)1,25
= (dua)4×1,25
- 4 × 1,25 = 5
= (2)⁵
= 32
Sehingga diperoleh kalau (16)1,25 = 32
Pangkat yg berbentuk desimal bila mau diubah ke bentuk pecahan atau dibiarkan saja permanen desimal, akan membentuk output akhir yang sama.
Jangan resah..
Semoga membantu..
Baca pula :