Mengapa Bisa Terjadi Perbedaan Iklim dan Musim di Bumi

Kamu tentu pernah berfikir bahwa cuaca hampir sama pada berbagai belahan bumi manapun, akan namun pada kenyataannya syarat cuaca di berbagai daerah bumi berbeda satu sama lain. Contohnya adalah Angin Tornado yang sangat sering melanda Amerika Serikat tidak pernah terjadi di Indonesia. Atau mengapa di Indonesia cuma ada dua trend sedangkan di Eropa sanggup terdapat empat musim?.
1. Perbedaan belahan bumi akan membuat isu terkini yang berlawanan
Di Amerika Serikat pada bulan Desember mungkin sedang mengalami trend salju tapi tetangga kita pada belahan bumi selatan sangat jarang sekali melihat salju dalam ketika Natal (kecuali pada Antartika) lantaran satu alasan bagi manusia yg hayati di belahan bumi selatan-Desember adalah awal menurut ekspresi dominan panas. 
Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?. Jawabannya merupakan karena kemiringan poros bumi. Planet Bumi ini nir mempunyai sumbu putar yg tegak namun miring kurang lebih 23,lima derajat menurut sumbu aksis nya (garis imajiner tegak lurus yang menuju arah utara bintang). Kemiringan inilah yg mengakibatkan terjadinya variasi musim di Bumi. Bayangkan jika sumbu putar Bumi tidak miring tentunya nir akan terdapat variasi iklim misalnya waktu ini. Wilayah ekuator akan sangat panas sekali serta daerah utara dan selatan akan sangat dingin sekali.
2. Efek Coriolis pada Bumi

Di belahan bumi utara, dampak coriolis membelokan angin ke kanan sehingga menciptakan hurricane berputar searah jarum jam. Lantaran Bumi berotasi ke timur maka seluruh kenyataan terkait angin, daerah tekanan rendah dan hurricane dibelokan ke arah kanan pada belahan bumi utara serta dibelokan ke kiri pada belahan bumi selatan. Banyak miskonsepsi tentang imbas impak Coriolis ini seperit halnya air yg berputar spiral saat masuk saluran pembuangan berputar searah jarum jam, akan tetapi ini tidaklah sama. Air di toilet tidak bisa merepresentasikan skala yang cukup besar buat menciptkan pengaruh Coriolis sebagai akibatnya efek tadi diabaikan.
3. Iklim yang Hangat di selatan dibanding utara
Coba bawa peta atau globe serta bandingkan sesaat mengenai belahan bumi utara serta belahan bumi selatan, apa analisamu?. Hmmm..pastinya pada utara lebih poly daratan sedangkan di selatan lebih banyak samudera dan dalam fisika kita memahami bahwa air lebih lambat menyerap serta melepas panas. So, kita mampu perkirakan bawah pada belahan bumi selatan memiliki iklim yg relatif hangat dibanding belahan bumi utara.


Sumber serta Gambar:
disini 
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI