Mengapa Langit Berwarna Biru Ketika Siang

Ketika siang hari waktu langit cerah, maka kamu niscaya akan melihat rona biru cerah menghiasi angkasa. Tetapi saat sore menjelang mentari tenggelam maka langit akan berubah sebagai warna kemerahan, oranye atau ungu kekuningan. Apa yg menyebabkan langit memiliki rona yg bhineka?. Mari kita bahas satu per satu mulai menurut atmosfer.


Atmosfer 
Atmosfer adalah lapisan bumi yg tersusun atas aneka macam macam molekul gas. Gas terbesar merupakan Nitrogen (78%) dan Oksigen (21%) kemudian sisanya merupakan Argon dan lainnya pada jumlah mini . Komposisi atmosfer bervariasi tergantung faktor lokasi, cuaca dan lainnya. Mungkin akan poly air di udara setelah hujan badai atau dekat bahari. Gunung api juga dapat menghembuskan partikel debu yg banyak ke udara. Sementara polusi bisa menambah kadar gas lain seperti debu dan timbal. Atmosfer paling tebal berada pada wilayah dekat bagian atas bumi dan semakin menipis seiiring bertambahnya ketinggian. Tidak ada batas yang pasti antara atmosfer bumi dengan luar angkasa.
Gelombang Cahaya
Cahaya adalah keliru satu bentuk tenaga radiasi yang berupa gelombang. Banyak jenis energi yg berbentuk gelombang antara lain Suara adalah gelombang yang dihasilkan dari udara yg bergetar sedangkan cahaya adalah gelombang listrik serta medan magnet. Gelombang elektormagnetik merupakan keliru satu bagian berdasarkan sekian banyak "pita" gelombang cahaya. Gelombang elektromagnetik melintasi ruang dengan kecepatan 299.792 km/detik dan dikenal dengan kecepatan cahaya.
Energi radiasi bergantung pada panjang gelombang dan frekuensi. Panjang gelombang adalah jarak antara puncak gelombang menggunakan puncak gelombang lain. Frekuensi merupakan jumlah gelombang yg berjalan tiap detiknya. Semakin panjang gelombang cahaya maka frekuensinya semakin rendah serta lebih sedikit tenaga yang terkandung di dalamnya. 
Cahaya pada Atmosfer
Cahaya menempuh perjalanan pada suatu ruang dengan arah rambatan lurus tanpa hambatan sampai akhirnya menabrak partikel debu, air dan molekul lainnya pada atmosfer. Partikel debu serta tetes air di udara lebih akbar dibanding panjang gelombang spektrum sinar tampak. Ketika cahaya menabrak komponen tersebut maka cahaya akan dipantulkan serta dihamburkan ke berbagai arah tidak sinkron.
Molekul gas lebih mini dibanding panjang gelombang sinar tampak serta apabila cahaya menabrak molekul gas maka akan terjadi hal berbeda, antara lain diserap dan dipancarkan balik ke arah berbeda.
Mengapa Langit berwarna biru?
Langit berwarna biru dikarenakan adanya Hamburan Rayleigh yaitu hamburan yang diakibatkan sang partikel yg lebih mini menurut panjang gelombang radiasi sinar yang datang. Gelombang cahaya pendek seperti biru diserap sang molekul gas pada udara kemudian diradiasikan ke arah tidak sama (ke semua penjuru langit). Mata insan lebih sensitif terhadap warna biru sehingga warna gelombang terpendek yaitu violet nir timbul. Ketika siang hari jarak sinar mentari ke mata pengamat lebih pendek sebagai akibatnya rona yg tampak di mata adalah rona gelombang pendek yaitu biru.




Sumber dan Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI