Menghitung Kelembaban Relatif dan Mutlak Udara

Menghitung Kelembaban Relatif dan Mutlak Udara- Udara terdiri dari banyak sekali macam gas penyusun termasuk uap air. Kalian pernah kan merasakan jikalau kadang udara itu kemarau serta lembab. Kelembaban udara (humidity) merupakan banyaknya uap air dalam udara dalam ketika serta lokasi tertentu. Lantaran adanya pemanasan, air yg terdapat dalam banyak sekali wujud di bumi menguap dan mengisi ruang-ruang udara. Makin tinggi suhu suatu loka maka taraf kelembabannya akan semakin tinggi. Alat buat mengukur kelembaban udara dinamakan hygrometer atau psychrometer.
Baca jua:
Ekosistem air tawar di bumi dan cirinya
Potensi fisik NKRI kaitannya dengan pembangunan
Tipe-tipe erupsi gunung barah pada dunia
Menghitung sex ratio dan dependency ratio 
Zonasi laut berdasarkan intensitas cahaya 
Tahap-termin perkembangan kota
Pengertian intrusi magma dike

Kelembaban udara bisa dinyatakan pada kelembaban nisbi/nisbi serta kelembaban mutlak.  Kelembaban nisbi merupakan perbandingan banyaknya uap air dalam udara menggunakan jumlah uap air maksimum yang dapat dikandung sang udara pada suhu yg sama. Kelembaban absolut adalah banyaknya uap air yang terkandung pada 1 m3 udara. Rumus buat menghitung kelembaban nisbi merupakan menjadi berikut:

Contoh Soal:
Dalam 1m3 udara dalam suhu 20º C terdapat 25 gr uap air. Jumlah uap air maksimum pada 1 m3 udara pada suhu 20º C merupakan 50 gram. Berapa nilai kelembaban relatifnya?
Jawab: 
Kelembaban nisbi  =   25  x 100 %
                                         50
                                = 50%
Itulah cara bagaimana menghitung kelembaban nisbi. Jika yang ditanyakan adalah kelembaban absolut, maka tinggal utak-atik aja rumusnya.
Baca jua:
Perbedaan konservasi DAS hulu dan hilir 
Contoh soal studi masalah geografi pada UN serta jawabannya
Kunci jawaban UN Geografi 2018 kode A
Fenomena hujan menggantung atau virga di atmosfer
Ciri-karakteristik wilayah kapur/karst dan morfologinya
Komponen peta topografi serta fungsinya
Pengertian, ciri serta manfaat tanah laterit
PROMO BIMBEL 2018
Ujian sebentar lagi didepan mata nih teman!. Apakah kalian telah siap menghadapinya?. Kalau masih gundah, mendingan gabung Quipper aja kini . Quipper Video adalah layanan bimbingan belajar online terbaik Indonesia ketika ini. Dengan harga terjangkau kini engkau sanggup bebas belajar kapanpun dimanapun engkau mau hanya menggunakan bermodal android dan laptop.


Sudah lebih menurut 1 juta anak didik Indonesia mencicipi manfaat dari Quipper lho!. Yuk gabung segera, masih ada diskon 20% lho. Cek kode diskonnya di Sir Agnas menggunakan klik link WA yg terdapat pada awal blog ini. Baca Juga: Testimoni perbandingan Quipper menggunakan Ruangguru
 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI