METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERBARU
Metode bermain peran merupakan berperan atau memainkan peranan pada dramatisasi kasus sosial atau psikologis.bermain peran merupakan galat satu bentuk permainan pendidikan yg di gunakan unutk menyebutkan perasaan, perilaku, tingkah laku dan nilai, dengan tujuan buat menghayati perasaan, sudut pandangan dan cara berfikir orang lain (Depdikbud, 1964:171).
Melalui metode bermain kiprah murid diajak buat belajar memecahkan perkara pribadi, menggunakan bantuan kelompok sosial yg anggotanya teman-temannya sendiri. Dengan kata lain metode ini berupaya membantu individu melalui proses kelompok sosial.melalui bermain peran, para siswa mencoba mengeksploitasi perkara-kasus interaksi antar insan dengan cara memperagakannya. Hasilnya didiskusikan dalam kelas.
Proses belajar dengan menggunakan metode bermain peran dibutuhkan siswa mampu menghayati tokoh yang dikehendaki, keberhasilan murid dalam menghayati peran itu akan menetukan apakah proses pemahaman, penghargaan serta identifikasi diri terhadap nilai berkembang: (Hasan, 1996: 266).
2.Tujuan Penggunaan Bermain Peran
Tujuan dari penggunaan metode bermain kiprah merupakan menjadi berikut :
a.untuk motivasi anak didik,
b.untuk menarik minat serta perhatian murid,
c.memberikan kesempatan kepada anak didik buat mengeksplorasi situasi dimana mereka mengalami emosi, disparitas pendapat serta konflik pada lingkungan kehidupan sosial anak,
d.menarik anak didik buat bertanya,
e.mengembangkan kemampuan komusikasi anak didik,
f.melatih murid buat berperan aktif pada kehidupan konkret,
3.Langkah-langkah serta persiapan bermain peran
Agar proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode bermain peran tidak mengalami kaku, maka perlu adanya langkah-langkah yang wajib kita pahami terlebih dahulu ( Dahlan ; 1984) adalah menjadi berikut :
1.identifikasi masalah menggunakan cara memotivasi para siswa,
2.memilih tema,
3.menyusun skenario pembelajaran,
4.pemeranan,
5.tahapan diskusi serta evaluasi,
6.melakukan pemeranaan ulang,melakukan diskusi dan penilaian,
7.membagi pengalaman serta menarik generalisasi.