METODE TUGAS KERJA KELOMPOK TERBARU

  a. Pengertian Metode Tugas Kerja Kelompok
Metode     tugas  atau kerja grup  gerombolan      dapat   diartikan   sebagai   metode kerja gerombolan . Metode tugas kerja grup diberikan guru kepada anak didik atas dasar perencanaan beserta.   Dalam pengertian   sempit   bahwa   “metode tugas   grup   merupakan    suatu   aktivitas   pembelajaran    dengan   terlebih  dahulu pengajar menaruh tugas kepada anak didik secara gerombolan . Jadi anak didik disusun secara  berkelompok  dalam jangka   ketika    eksklusif  buat melakukan kegiatan belajar secara berkelompok” (Karo-karo, 1975: 35).
b.   Langkah-Langkah Pelaksanaan Metode Tugas Kerja Kelompok
Metode     tugas   kelompok,    pengorganisasian     murid-siswa sebagai gerombolan ; memainkan peranan penting agar output belajar bisa mencapai output   yang   memuaskan.   Maka,   dalam   membentuk   kelompok   kita dapat menggunakan banyak sekali argumentasi ;
1)   Ditinjau   dari  lamanya    suatu  kelompok    berfungsi,   kita  membedakan adanya:
2)   Kelompok      Permanen;    misalnya   grup     yang  dibentuk    untuk       selama satu tahun.
3)   Kelompok Temporer; misalnya kelompok yang dibuat hanya buat     selama satu atau dua jam pelajaran dan lain sebagainnya.


======================================


======================================

Ditinjau   berdasarkan  komposisi    anggota   gerombolan ,     kita  membedakan adanya sebagai berikut.
1)   Kelompok Heterogen.
2)   Kelompok Homogen.
Kelompok tidak sejenis serta gerombolan sejenis bisa pula dilanjutkan pembagiannya ke dalam bentuk menjadi berikut.
a)   Kelompok tidak sejenis berdasarkan jenis kelamin.
b)   Kelompok tidak sejenis menurut tingkat kecerdasan.
c)   Kelompok homogen jenis kelamin.
d)   Kelompok sejenis dari tingkat kecerdasan (Salahudin, 1999: 56).
Membentuk      suatu  kelompok    murid,  yg    terbaik  merupakan  sesudah kelompok     terbentuk,  semua   anggota   kelompok    itu  dapat  bekerja  sama secara harmonis.
Beberapa    faktor  yg  harus   diperhatikan  setelah  suatu  kelompok terbentuk, yakni:
a)   Relasi   intra  (antara  anggota-anggota)   kelompok     serta  inter  (antara) gerombolan -grup harus tetap dijaga supaya serasi.
b)   Setiap      anggota     gerombolan       mengetahui       serta    meyakini      tujuan kelompoknya.
c)   Adanya pengertian dari seluruh murid, bahwa pengelompkkan ke pada gerombolan -grup   hanya   merupakan   indera   serta   bukan   tujuan.   Maka semangat kesatuan kelas nir boleh pada dominasi oleh rasa gerombolan yang      sempit    (gerombolan -isme),   sehingga     timbul     rasa,   bahwa kelompoknyalah yg terbaik.


d)   Jumlah anggota dalam setiap gerombolan jangan terlalu akbar, tetapi jua jangan terlalu mini (Salahudin, 1999:57).
Walaupun  pengorganisasian     kelas  ke    dalam    grup-kelompok     adalah   bisnis   agar   proses   belajar   mengajar   sebagai   lebih   efektif   dan efisien, tetapi berhasil atau tidaknya kerja gerombolan pula ditentukan sang faktor-faktor seperti :
a)   Keadaan tingkat kecerdasan setiap anggota kelompok.
b)   Keadaan minat, talenta, keterampilan dan keaktifan berdasarkan masing-masing anggota kelompok. 
c)   Hubungan   emosional   antara   anggota   gerombolan ,   dan   sifat/watak   dan watak menurut anggota-anggota kelompok. 
d)   Motivasi     yang   mendorong      gerombolan      dalam    membimbing       anggota-anggota kelompoknya. 
e)   Pengaruh      pengajar   kelas   itu  sendiri yang     secara   tidak  sengaja    telah memepengaruhi kepribadian siswa-muridnya (Salahudin, 1999:57).
Metode kerja gerombolan (gotong royong) ini sesungguhnya amat erat hubungannya dengan metode diskusi. Sebab digunakannya metode ini     pada   dasarkan     atas  praduga,    bahwa     suatu   problema     akan    lebih   baik     dipecahkan      pada    suatu   kelompok,     berdasarkan  pada   hanya    dipikirkan    oleh seorang saja. Jua, luas dan dalamnya peninjauan terhadap suatu problema akan       lebih      luas     dan      mendalam,        sebagai akibatnya       lebih     dapat dipertanggungjawabkan,         sang   karena   sahih-sahih    telah   dibahas   dengan teliti   dan   dicermati   dari   aneka macam   segi-segi,   sesuai   dengan   pandangan   serta pengalaman menurut masing-masing kelompok.           
Metode kerja grup (gotong-royong), sempurna dipakai untuk pendidikan      matematika,      karena    memiliki     keistimewaan-keistimewaan sebagai berikut :
a)   Murid-siswa        lebih    mudah     diawasi     serta    dibimbing,     karena    di kumpulkan       pada    kelompok-kelompok         yang   lebih  kecil menurut  dalam kelas.
b)   Membina semangat bekerja sama yang sehat.
c)   Ditinjau      dari   segi    psikologis,    bahwa      kerja    grup      dapat membangkitkan         semangat    bersaing    yg   sehat   diantara grup-grup.
d)   Pokok-utama   pikiran   yg   sudah   diperbincangkan   dan   dibahas   pada grup      kecil,  akan   adalah      pendapat    yang   lebih  matang dan dapat dipertanggungjawabkan, jika dibandingkan buah pikiran sendiri.
e)   Mempercepat         penyelesaian      pemecahan       suatu   problema,      karena dipikirkan sang beberapa orang secara beserta-sama.
Penggunaan        metode     tugas    gerombolan        agar    dapat    mencapai sasarannya,      guru     matematika      harus    memperhatikan        langkah-langkah pelaksanannya menjadi berikut:
a)   Guru     membagi      siswa-siswa      ke   dalam    gerombolan -gerombolan         menggunakan mempertimbangkan minat dan kemampuan murid-murid. 
b)  Hendaknya   diusahakan,   supaya   jumlah   masing-masing   anggota   grup tidak terlalu besar (cukup terdiri menurut 4 atau lima orang).
c)   Jumlah anggota setiap gerombolan hendaknya seimbang dan merata pada hal    perbandingan      anak didik    yg     pandai ,   serta    yg    kurang pandai , pertimbangan anggota laki-laki dan wanita yg lain sebagainnya.
Ulih     Bukit    Karo-Karo,     dkk,    dalam    bukunya      yg    berjudul Metodologi Pengajaran  (1981:57),         mengungkapkan bahwa jalannya pengajaran metode tugas kelompok merupakan menjadi berikut.
a)   Pengajar     mengelompokkan        murid.   Jumlah   kelompok     dan   jumlah   anggota gerombolan wajib sesuai dengan kebutuhan serta tujuan yg hendak dicapai.
b)   Guru      menaruh       tugas    kepada     murid    pada     grup      buat dipelajari/dikerjakan.
c)   Siswa (dalam kelompoknya) memeriksa/mengerjakan tugas. Pada ketika murid sibuk, guru mendatangi grup-gerombolan baik buat merangsang juga buat menjawab pertanyaan-pertanyaan serta menjaga supaya pelajar tetap tertib.
d)            Pengajar   bersama   siswa   menilai.   Penilaian   tidak   hanya   terhadap   hasil   yang diperoleh   tetapi   jua   terhadap   cara   berhubungan   (proses).   Penilaian   ini perlu pula ditujukan kepada tugas/bahan pelajaran, terhadap gerombolan serta terhadap kelas dan terhadap masing- Faktor-faktor      yg    mempengaruhi        hasil  kerja   kelompok       terdapat beragam, yaitu menjadi berikut.
a)   Kecerdasan Pelajar.
Kelompok yg terdiri berdasarkan pelajar yg cerdas akan lebih berhasil      daripada     kelompok     pelajar   yg   sedang/kurang      lantaran   mereka    dapat      menciptakan   planning   yg   sempurna,   mengumpulkan   liputan   menggunakan   cepat   dan menarik kesimpulan.
b)   Hubungan antar Anggota Kelompok.
Hubungan      antar   anggota    kelompok,     anggota    dengan    pimpinan      gerombolan       tidak   baik  contohnya    saling  curiga    mewaspadai,    tidak   saling      percaya,   maka   perasaan   grup  dan   tanggung   jawab   nir   terbentuk dan nir terwujud. Akibatnya setiap anggota akan bekerja sendiri-sendiri, dan    hasil  perorangan     itu  sukar   dipersatukan    karena    garis  akbar   atau pokok-utama yg pada ikuti juga nir sama
c)  Asing atau tidaknya tugas yg dipelajari atau          dikerjakan.
Materi    tugas   yang   akan   dikerjakan    bersifat  masih    asing   bagi murid, maka tidak akan bisa dikerjakan. Ada kemungkinan pola serta cara bekerja serta pengalaman atau pengetahuan yg telah dikuasai nir dapat mewujudkan tujuan, lantaran ada faktor kesulitan.
d)   Motif atau dorongan yang ada dalam siswa.
Sesuatu yang ditinjau tidak berguna, sesuatu yang tidak sesuai    dengan   minat   dan   kebutuhan   pelajar  tentu   mengurangi   kegiatan   pelajar.    Dengan      kurangnya    aktivitas  ini  maka    output  yang   diperoleh   tentu  nir optimal.
e)   Tingkat kesukaran bahan.
Bahan     yg   sukar   dipelajari,  maka    output  belajar  akan   sedikit.    Materi     pelajaran   yang  terlalu    sukar   serta   belum    dijelaskan   pengajar   atau    kurangnya   penerangan   pengajar   terhadap   sesuatu   tugas   yang   akan   dikerjakan akan menyulitkan siswa dalam menyelesaikan tugas.
f)   Pimpinan grup.
Pimpinan      yang   membagi     tugas   nir  adil,  tidak  efisien  (tidak    sinkron    menggunakan    minat   serta  kemampuan,      nir  sempurna),  nir  mengarahkan    anggota,   tidak   menolong   anggota   yg   membutuhkan   pertolongan,   maka output kelompoknya nir / kurang optimal.
g)   Persaingan yg sehat antar gerombolan .
           Diketahui     arti  metode   tugas   gerombolan ,    manfaat    serta   kebaikan-   kebaikannya,   jalannya   pedagogi   menggunakan   metode   tugas   grup   dan    faktor-faktor     yg   menghipnotis       output   tugas   grup,     maka    perlu dibicarakan jenis-jenis tugas kelompok serta dasar-dasar yg digunakan buat membentuk gerombolan -gerombolan .
           Ditinjau   dari   ketika   bekerjannya   kelompok-grup   maka   kita menerima   jenis   grup   jangka   pendek   (buzz   group   =   kedap   kilat) serta grup jangka panjang. Diantara kelompok jangka pendek dengan grup   jangka   panjang   acapkali   jua  terdapat   grup   jangka   sedang (medium      term   class).  Kelompok       jangka   pendek    (short   term   group) umumnya     berfungsi   mengatasi    kesulitan-kesulitan    tertentu  dalam    saat paling lama 15 mnt.
           Kelompok   jangka   panjang   (long   term   class) umumnya   berfungsi pada      ketika    usang    buat     mengerjakan      tugas-tugas    yg     banyak (hubungkan       dengan    metode    unit).  Apabila    dintinjau   menurut   banyaknya anggota    maka    ada  gerombolan      kecil  serta  kelopok    akbar.  Kelompok     mini umumnya   beranggotakan   antara   2   –  3  orang,   sedangkan   kelompok   yang ideal umumnya beranggotakan 4-lima orang, sudah termasuk pemimpin karena pimpinan merangkap sebagai anggota.
           Dasar-dasar     yang   digunakan    pengajar   buat   membentuk      kelompok antara lain menjadi berikut.
a)   Kemampuan.
Siswa     yg     diperkirakan      berkemampuan        sama/relatif      sama dimaksudkan pada kelompok (grup tersendiri). Jika pada suatu kelas     terdapat   14    siswa    yang    berkemampuan        sama,     maka    mereka dikelompokkan   menjadi   tiga   atau   4   kelompok.   Jika   perlu,   siswa   yg berkemampuan tidak sinkron dikelompokkan dalam suatu kelompok.
b)   Jenis kelamin.
Anggota-anggota   menurut   suatu   kelompok   usahakan   terdiri   menurut   dua jenis kelamin (laki-laki serta wanita). Ini perlu dan baik sebab dalam masyarakat pria serta wanita perlu bekerja sama.
c)   Fasilitas.
Buku pelajaran dan alat praktikum tidak mencukupi, maka pelajaran pada grup-kelompokkan; gerombolan eksklusif menerima pelajaran menggunakan membaca   atau   mengadakan   eksperimen   sedangkan   kelompok   yg   lain menerima   berita-warta   menurut   pengajar.   Kelompok-gerombolan    ini   akan saling berganti menerima kabar atau mengadakan percobaan.
d)   Meningkatkan partisipasi/menggiatkan pelajaran.
Apabila   partisipasi   menurut   pelajaran   hendak   diwujudkan   maka   para pelajar   itu   dimasukkan   ke   pada  grup-kelompok,   menggunakan   demikian murid     akan   berpartisiapasi   buat   menyelesaikan      sebagian    berdasarkan  tugas utama.
e)   Pembagian pekerjaan.
Kelompok yg      di dasarkan    dalam pembagian pekerjaan ini perlu pada adakan   buat   menuntaskan   bagian-bagian   berdasarkan   bahan  pelajaran   /   tugas yang harus terselesaikan dalam ketika yang sama.
c.   Kelemahan dan Kelebihan Metode Tugas Kelompok
Menurut   Salahudin   (1999:55)   kelebihan   metode   ini   adalah   murid-siswa   lebih   gampang   diawasi   dan   dibimbing    lantaran   dikumpulkan   dalam    grup-gerombolan    yg   lebih   mini    daripada   kelas,   membina   semangat    berkerjasama      secara   sehat,   secara   psikologis   tugas   kelompok      dapat    membangkitkan        semangat    bersaing    secara   sehat   diantara    grup-grup,       pada     penyelesaian     tugas     anggota      gerombolan       lebih memungkinkan aktif karena anggotanya sedikit, meningkatkan kecepatan penyelesaian    tugas    apabila  dibandingkan    secara   mandiri    dan  anak   yang    pintar   bisa    menuntun   temannya   yang   kurang   pandai    sehingga   terjadi   interaksi   sehat dan aktif. Sebaliknya      apabila  anggota    kelompok     terlalu  banyak    maka    akan menghambat penyelesaian tugas karena justru kurang efektif, adanya perilaku mengandalkan       dan   adanya    kegaduhan.     Anggota    grup      sebaiknya seimbang serta merata dalam perbandingan siswa yang pandai , sedang serta kurang pintar dan perlu memperhatikan perimbangan laki-laki dan perempuan .           
Metode      bagian   menurut   strategi  pembelajaran.      Strategi   sebagai    keputusan-keputusan       bertindak    yang   diarahkan     dan    keseluruhannya    diperlukan     buat     mencapai     tujuan ( Sheriy . 1978 ). Konsep Strategi    telah   dipakai   di   pada   pendidikan.   Strategi  dalam    proses     belajar    mengajar     adalah     suatu   planning (mengandung serangkaian aktifitas) yg dipersiapkan secara akurat buat mencapai tujuan belajar. Selain itu taktik   belajar   mengajar     adalah      suatu  kegiataan    yg    memelihara konsistensi dan kekompakan setiap komponen pedagogi yg nir hanya terjadi dalam termin implementasi, bahkan dalam tahap pelaksanaan evaluasi.
Pembelajaran menjadi suatu system lingkungan belajar yg terdiri menurut 6 komponen yaitu ;      tujuan, bahan pelajaran, srategi (Metode), alat, anak didik dan pengajar. Komponen menjadi bahan pertimbangan didalam menentukan strategi belajar mengajar. Strategi Belajar mengajar heuristik adalah taktik belajar mengajar yg mengarah dalam pengembangan mental serta sosial murid.     Dengan     strategi   heuristik  siswa     sebagai    pencari    pesan    dan pengolah pesan ( bahan ajar ). Guru berperan menjadi pembimbing kegiatan belajar murid. Jadi aktifitas pembelajaran lebih ditekankan pada anak didik menurut dalam pengajar.
Strategi belajar mengajar tidak menempatkan pengajar berada pada depan dan    menarik     anak didik    buat   mengikutinya,      namun   menempatkan       murid berada pada depan, pengajar menggerakkan, memotivasi, membantu murid jika   mengalami   kesulitan,   akan   namun  anak didik   sendiri   yang   menemukan   pesan   tadi   (H.   Udin   S.   Winataputra,dkk   1997   :   dua.32   –   2.36 )   Strategi   ini   menciptakan   perilaku   positif   antara   lain   :   kreatif,   kritis,   motivatif,   percaya   diri, terbuka, dan berdikari.


= Baca Juga =


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru