Mineral Quartz dan Kaitannya Dengan Penyebaran Batuan

Apabila anda sedang menilik tentang materi batuan baik itu pada kuliahan
atau di sekolah tentu kan sering mendengar yang namanya mineral Quartz. Apa itu Quartz?. Quartz adalah keliru satu berdasarkan sekian jenis mineral paling banyak yg terdapat di bumi dan adalah komponen primer dalam batuan. Hampir kurang lebih 12% massa kerak bumi tersusun atas mineral Quartz. 

Dalam syarat apapun baik itu pada dalam atau dekat permukaan bumi, Quartz adalah mineral paling stabil dibandingkan jenis mineral lain dan termasuk kategori mineral bertipe pasif pada lingkungan geologi. Hal tersebutlah yg mengkibatkan  batuan Quatz tua pada Brazil berumur milyaran tahun terlihat masih muda sama dengan mineral Quatz yg masih ada di Pegunungan Alpen yg berumur baru 10 juta tahun. 

Akan namun bila berada jauh di dalam bumi, Quartz akan sebagai mineral aktif pada pengaruh suhu dan tekanan tinggi sebagai akibatnya akan mengahasilkan perubahan struktur kimia mineralnya.

Quartz nir menyebar secara merata pada seluruh penjuru bumi. Beberapa batuan dapat tersusun sepenuhnya atas Quartz sebagian lagi bahkan tidak sama sekali mengandung mineral tadi. Klasifikasi batuan pada bumi terbagi menjadi tiga yaitu:
  • Batuan beku/Igenous Rocks, merupakan batuan yang terbentuk menurut magma yg membeku atau acapkali dianggap jua magmatic rocks. Magma yang membeku di pada bagian atas bumi secara lambat dianggap intrusive igneous rocks atau plutonic rocks. Sedangkan magma yang membeku secara cepat dekat menggunakan bagian atas bumi disebut extrusive igneous rocks atau dianggap juga volcanic rocks. Diperkirakan igenous rocks menyusun lebih kurang 64,7% volume kerak bumi kita.
  • Batuan sedimen/Sedimentary Rocks, merupakan batuan yang terbentuk karena proses pengendapan. Kebanyakan bagian atas bumi kita tertutupi sang batuan sedimen atau sedimen yang tidak terkonsolidasi seperti pasir. Namun secara holistik batuan sedimen hanya menyumbang kurang lebih 7,9% dalam kerak bumi.
  • Batuan metamorf/Metamorphic Rocks, merupakan batuan yg sudah mengalami perubahan struktur fisik maupun komposisi kimia karena efek tekanan serta suhu yang tinggi di pada bumi. Batuan metamorf merupakan batuan yg mempunyai beragam komposisi mineral serta menyusun lebih kurang 27,4% kerak bumi kita.
Mineral Quartz paking banyak masih ada dalam batuan beku, pada kaitannya sering dianggap pula tipe granitoid. Secara holistik istilah volcanic rocks lebih lazim digunakan daripada granitoid karena kerak samudera lebih poly mengandung basalt dan gabro. Kedua batuan tadi jarang memiliki unsur Quartz didalamnya bahkan tidak ada sama sekali. Di sisi lain kerak benua mengandung poly unsur Granit yg poly terkandung Quartz didalamnya.
Kandungan Quartz terbanyak adalah masih ada dalam batuan sedimen seperti batupasir/sandstone atau batu lain yg masih ada pada sungai atau dekat bahari. Di sisi lain , limestone/batukapur lebih sedikit mengandung unsur Quartz. Meskipun batuan sedimen menutupi bagian atas bumi paling poly namun dikarenakan volumenya yg lkecil jadi persentase keterdapatan mineral Quatz dalam batuan ini nir sebanyak batuan beku.
Batuan metamorf adalah batuan yg mempunyai variasi mineral Quartz terbanyak. Mineral Quartz pada batuan metamorf seringkali identik menggunakan mineral berdasarkan batuan induknya/asalnya. Konsentrasi Quartz terbesar masih ada pada schist dimana batuan tersebut dari dari batukapur. Prsentase Quartz pada batuan metamorf lebih sedikit dari batuan beku tetapi lebih banyak dibanding batuan sedimen.
Gambar:

disini
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru