MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE NUMBER HEAD TOGETHER TERBARU
Salah satu tipe dari contoh pembelajaran kooperatif adalah MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE NUMBER HEAD TOGETHER. Teknik Belajar Number head together (NHT) dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992). Langkah-langkah aktivitas dalam NHT :
- Siswa dibagi pada gerombolan , setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat angka.
- Guru menaruh tugas serta masing-masing gerombolan mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan jawaban yg sahih serta memastikan tiap anggota grup bisa mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
- Guru memanggil galat satu angka murid menggunakan angka yang dipanggil melaporkan output kerjasama mereka.
- Tanggapan menurut sahabat yang lain, lalu pengajar memilih nomor yg lain.
- Kesimpulan. (Indrawati, 2018)
Penjelasan tipe ini, siswa dibagi menjadi beberapa gerombolan dan setiap anggota grup diberi angka kepala. Selanjutnya pada setiap kelompok dilakukan diskusi buat menjawab pertarungan atau buat melakukan suatu aktivitas. Dari hasil aktivitas tadi pengajar mengundi nama gerombolan dan nomor anggota kelompok yg wajib menjawab pertanyaan atau mempresentasikan kegiatan. Berkaitan dengan hal ini, maka setiap anggota gerombolan dituntut buat bekerja sama lantaran jawaban atau presentasi menurut perwakilan anggota gerombolan akan menjadi generalisasi kemampuan atau nilai grup.
Menurut Anita Lie (2002) prosedur teknik number head together merupakan waktu pemanggilan anak didik buat menjawab atau melakukan sesuatu yg dipanggil adalah nomor ketua menurut salah satu kelompok secara rambang. Hal ini akan menyebabkan semua siswa harus siap. Dan penghargaan diberikan jika jawaban sahih buat nilai kelompok. Teknik ini memberikan kesempatan kepada seluruh anak didik pada kelompok buat saling menaruh wangsit dan mempertimbangkan jawaban yang paling sempurna, mendorong siswa buat menaikkan semangat kerja sama mereka.