Nama Nama Malaikat dan Tugas Malaikat Allah Beserta Dalilnya Terbaru

Nama Nama Malaikat serta Tugas Malaikat Allah Beserta Dalilnya - Malaikat merupakan makhluk yang diciptakan Allah menurut Nur atau cahaya dan mempunyai keistimewaan, tugas serta wewenang tertentu. Nama nama serta tugas malaikat pada dasarnya sudah diterangkan dalam Al-Qur'an serta dalam dalil dalil yang menerangkan nama nama malaikat serta tugasnya. Malaikat merupakan makhluk Allah yg paling taat dan setia, Hal ini telah dibuktikan dalam ketika Allah memerintahkan penghuni surga buat bersujud serta memberi hormat dalam insan pertama (Nabi Adam A.S) malaikat langsung mematuhi perintah tersebut, lain halnya dengan iblis yang mempunyai sifat angkuh serta merasa bahwa dirinya adalah makhluk yang paling mulia.
Percaya akan eksistensi malaikat merupakan galat satu rukun iman yg memang wajib di dilakukan oleh umat islam. Dengan iman pada malaikat, adalah kita telah meyakini dalam hati bahwa malaikat memang ada dan malaikat mempunyai tugas yg berbeda beda. Nama nama malaikat dan tugas malaikat yang harus kita hafalkan dalam ajaran agama islam ada 10. Setiap nama malaikat memiliki tugas tersendiri serta lain menurut yang lainnya.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas nama nama malaikat serta tugas malaikat Allah (nama dan tugas malaikat berdasarkan Al-Qur'an) yg dalam dasarnya adalah materi pembelajaran kepercayaan islam (PAI). Materi ini bisa dengan gampang kita temukan dala pembelajaran agama di jenjang sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Dengan beriman serta percaya pada nama dan tugas malaikat, maka dapat menuntun kita pada perbuatan yang baik serta dijauhkan menurut murka Allah.
Nama Nama Malaikat serta Tugas Malaikat (Nama serta Tugas Malaikat)
Seperti yg sudah aku sampaikan dalam uraian singkat diatas bahwa nama nama malaikat serta tugasnya yg harus kita hafalkan terdapat 10. Setiap nama dan tugas malaikat sendiri dalam dasarnya sudah disampaikan pada dalil dan ayat ayat kudus Al-Qur'an. Adapun nama nama malaikat dan tugas malaikat merupakan menjadi berikut.
Nama serta tugas malaikat dalam Al-Qur'an
ada 10 nama malaikat serta tugasnya yg wajib kita imani pada kehidupan kita sebagai umat islam. Antara lain adalah sebagai berikut:

Malaikat Jibril
Malaikat jibril merupakan malaikat yang ditugaskan Allah buat menyampaikan pada para nabi serta para rasul. Pada jaman dahulu Allah menurunkan wahyu pada nabi serta rasul dengan melalui perantara malaikat jibril. Hal ini pula berlaku ketika Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu Al-Qur'an yang pertama kali yakni surat Al-Alaq dengan melalui perantara malaikan jibril.
Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW maka terputuslah wahyu yg diturunkan Allah pada manusia. Dengan ini selesailah tugas malaikat jibril menjadi perantara mengungkapkan wahyu. Ketika ada seseorang yang mengaku bahwa ia adalah nabi dan menerima wahyu yg diberikan oleh malaikat jibril, maka orang tersebut adalah orang yang tengah berdusta.
Tugas malaikat jibril jua sudah diatur pada surat Al-Baqarah ayat 97:

Artinya:
"Katakanlah barangg siapa yg menjadi musuhh Jibril, maka sesungguhnya aJibril lah yang menurunkann wahyu kee dalam hatimuu dengan izin Allah SWT yang membenarkan kitab buku sebelumnya, sebagaii petunjuk dan kabarr gembiraa bagi orang orangg yg beriman."
Baca pula: Pengertian Takabur, Ciri Ciri orang takabur serta Bahaya Takabur
Malaikat Mikail
Malaikat Mikail adalah malaikat yang bertugas membagikan rizki menurut Allah pada seluruh hamba hambanya. Rizki yg diberikan oleh Allah melalui malaikat mikail tidak hanya berbentu materi dan uang semata, namun jua rizki yang bersifat rohani seperti kesehatan, ketenteraman hati, famili yg sholeh dan lain sebagainya.
Tugas malaikat mikali telah disampaikan dalam surat Al-Baqarah ayat 98:
Artinya:
"Barang siapa sebagai musuh Allah SWT, Malaikat Allah, Nabi dan Rasulnya, mikail serta jibril. Maka Sesungguhnya Allah SWT sudah menjadi musuh menurut orang orang kafir."

Malaikat Israfil
Malaikat Israfil adalah malaikat yang diberi tugas sang Allah buat meniup terompet sangkakala kelak saat kiamat datang. Hari kiamat sendiri adalah keliru satu rukun iman yg wajib kita percayai kebenarannya. Dengan beriman pada hari akhir maka akan membuat manusia berlomba lomba mencari kebaikan dalam hayati.
Tugas malaikat israfil sendiri telah diterangkan pada Al-Qur'an yakni pada surat Al-kahfi ayat 99:
Artinya:
"Kami biarkan mereka terombang ambing di hari tadi bersama dengan orang orang yg lainnya, lalu ditiuplah ash shur dan kami kumpulkan mereka keseluruhan"

Malaikat Izrail
Malaikat Izrail merupakan malaikat yg bertugas buat mencabut nyawa seorang atau dalam bahasanya seringkali diklaim menjadi kiamat sughra (kiamat mini ). Sebagai manusia yang beriman kita wajib percaya dalam kematian lantaran sejatinya setiap kelahiran pasti akan diakhiri sang kematian. Setiap orang memang akan mengalami kematian. Maka berdasarkan itu sebagai hamba Allah kita wajib selalu membekali diri menggunakan amal perbuatan baik sebagai bekal dan persiapan ketika kematian tiba menjemput kita.
Tugas malaikat izrail sendiri telah diterangkan pada ayat suci Al-Qur'an surat As-Sajdah ayat 11:
Artinya:
"Katakanlah bahwa malaikat mautlah yg ditugaskan buat mewafatkan kalian semua. Kemudian hanya pada rabb lah kalian akan dikembalikan"
Malaikat Munkar
Malaikat munkar ditugaskan sang Allah buat menanyakan ketika kita telah didalam kubur tentang segala amal perbuatan yang telah kita lakukan semasa hayati. Sebagai umat islam yg beriman pada Allah serta malaikat Allah, maka kita wajib senantiasa melakukan amalan perbuatan baik yg dapat menjadi bekal kita sewaktu ditanya malaikat munkar.
Malaikat Nakir
Bersama dengan malaikat munkar, malaikat nakir juga memiliki tugas yang sama yakni menanya dalam kubur serta memberikan siksa kubur jika mayat tadi melakukan perbuatan batil semasa hidupnya. Siksa kubur sendiri adalah azab atau sanksi Allah yang diberikan pada mereka yg berkelakuan tidak baik semasa hidupnya.
Malaikat Raqib
Tugas malaikat raqib merupakan buat mencatat amalan baik yang telah dilakukan insan semasa hayati. Amalan baik inilah yang nantinya dapa menjadi bekal kita menghadapi pertanyaan dan siksa kubur yg diberikan sang malaikat mukar serta nakir kelak saat kita sudah wafat.
Malaikat Atid
Tugas malaikat atid adalah kebalikan menurut malaikat raqib. Apabila malaikat raqib bertugas buat mencatat segala amalan baik yg dilakukan manusia. Maka malaikat atid bertugas mencatat amal perbuatan buruk yg dilakukan manusia. Sebagai orang yg beriman kita harus percaya bahwa setiap perbuatan yg kita lakukan akan mendapatkan balasan serta ganjaran entah itu amalan baik atau amalan buruk.

Malaikat Malik
Tugas malaikat malik adalah buat menjaga pintu neraka. Tentunya menjadi orang yg beriman kita nir ingin bertemu dengan malaikat malik lantaran kelak malaikat malik lah yang akan menjaga pintu neraka dan orang orang yang telah melakukan perbuatan batil yang kelak akan menerima hukuman pada neraka.
Malaikat Ridwan
Tugas malaikat ridwan merupakan untuk menjaga pintu surga , Tugas ini merupakan kebalikan daripada tugas yg dimiliki malaikat malik. Surga merupakan harapan yg kita inginkan waktu kita telah wafat. Tidak terdapat yang tidak ingin masuk ke nirwana Allah karena disanalah loka hamba hamba Allah yg beriman akan berkumpul dalam keabadian.
Itulah 10 nama nama malaikat serta tugas malaikat (nama malaikat serta tugasnya) yg bisa aku sampaikan pada artikel kali ini. Malaikat adalah makhluk yg berbeda dan paling patuh terhadap perintah perintah Allah. Dengan mengimani malaikat serta tugas malaikat maka kita bisa selalu jangan lupa bahwa setiap mobilitas gerik, setiap tindakan serta setiap amalan yg kita perbuat akan dicatat dan dipertanggung jawabkan pada hari akhir nanti. Semoga kita dimasukkan kedalam surga Allah SWT, Allahuma Amin. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI