NamaNama Lain Indonesia yang Tenar di Dunia Sebelum Kemerdekaan


Bangsa Indonesia memilikisejarah panjang. Etos rakyatnya banyak ditulis pada literatur dunia. Ternyataada liputan yang nir poly diketahui orang Indonesia zaman sekarang, salahsatunya terkait nama-nama Indonesia yg pernah populer pada kalangan masyarakatinternasional, terutama sebelum merdeka.

NamaIndonesia sendiri dari menurut aneka macam rangkaian sejarah yg puncaknyaterjadi pada pertengahan abad ke-19. Pertama yang memperkenalkan nama"Indonesia" pada semua dunia merupakan James Richardson Logan dalam 1850.baru lalu Ki Hajar Dewantara (Suwardi Suryaningrat) sebagai sarjanaIndonesia pertama yang memperkenalkan nama Indonesia pada ranahpolitik.

Sejarahjuga mencatat, pada masa lalu bangsa Indonesia telah mempunyai namalain dengan nilai historis yg sudah dikenal dunia.

Dikutipdari berbagai asal, ini gugusan nama lain Indonesia pada zaman dahulu:
1.hindia
Jauhsebelum dikenal dengan nama Republik Indonesia, Hindia dipakai masyarakatinternasional buat menyebut tanah Indonesia. Nama Hindia diciptakan olehHerodotus, pakar ilmu sejarah asal Yunani.

NamaHindia ini sebagai terkenal sehabis bangsa Portugis pada bawah pimpinan Vascvo daGama menyusur sungai Indus tahun 1498 Masehi.

2. Nederlandsch Oost-Indie

KarenaIndonesia dijajah Belanda selama 350 tahun lamanya, maka orang-orang Belandamemberikan nama Indonesia menggunakan Nama Nederlandsch Indie. Bangsa Belanda untukpertama kalinya datang ke Indonesia dalam tahun 1596 di bawah pimpinan Cornelisde Houtman.

Padazaman penjajahan Belanda ini, bahkan hampir semua orang Eropa dulu menyebutIndonesia sebagai Nederlandsch Oost-Indie

3. Insulinde

Sejarahpemberian nama ini cukup menarik. Nama ini diberikan sang Eduard Douwes Dekker(multatuli) pada pada bukunya Max Havelaar pada tahun 1860. Kemudian nama inidipopulerkan oleh Professor P.J. Veth. Multatuli.

Alasannama Insulinde, lantaran lantaran Eduard merasa jijik mendengar nama NederlandschIndie yang diberikan sang Belanda itu. Adapun asal usul perkataan tersebutialah berasal dari perkataan 'Insulair', 'Insula' dan 'Indus'. Insula dalambahasa latin yang berarti pulau. Indus berarti Hindia, sedangkan Insilindeartinya pulau Hindia.

4. The Malay Archipelago

TheMalay Archipelago dipopulerkan Alfred Russel Wallace, julukan itu diberikanusai beliau berkunjung ke tanah air pada tahun 1854 sampai 1682.

MalayArchipelago juga termasuk Malaysia, Singapura, kepulauan Indonesia Arti dari'Malay' merupakan Melayu, 'Archipel' yang berasal dari bahasa Yunani'Archipelagus' (berdasarkan dari Archi = memerintah, plagus = laut). Dengan demikianberarti menguasai bahari atau berarti gugusan pulau-pulau Melayu.

5. Nusantara

Darinama-nama di atas, mungkin nama Nusantara yang paling populer. Nusantaratercatat dalam literatur berbahasa Jawa Pertengahan (abad ke-12 sampai ke-16)buat mendeskripsikan konsep kenegaraan yang dianut Majapahit.

Nusantaraberasal dari 2 kata bahasa Sansakerta, yaitu nusa yang berarti 'pulau' danantara yg berarti 'luar'. Nusantara dipakai buat menyebut pulau-pulau diluar Majapahit (Jawa).

Setelahsempat terlupakan, pada awal abad ke-20 kata ini dihidupkan pulang oleh KiHajar Dewantara menjadi salah satu nama cara lain untuk negara merdekapelanjut Hindia Belanda yg belum terwujud.

6. Zamrud Khatulistiwa (The Emerald of Equator)

Indonesiajuga dikenal menggunakan sebutan Zamrud Khatulistiwa karena letak geografisIndonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Apabila dicermati menurut angkasa,perpaduan kepulauan Indonesia nan hijau menyejukan mata seperti batu Zamrud(emerald).

Halini dikemukakan oleh Eduard Douwes Dekker (Multatuli), seorang penulis Belandaabad ke-19, buat menggambarkan estetika alam negara pada salah satusuratnya.
Reporter: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI