Obat bau Ketiak Menggunakan Jeruk Nipis Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah jeruk berbuah mini menggunakan rona hijau tua kala masih muda serta kuning ketika matang. Jeruk nipis lebih sering dimanfaatkan atau dipakai waktu masih belia. Rasanya yang asam banget tetapi segar seringkali digunakan utuk adonan kuliner misalnya bakso, mie aceh, dll.
Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle) atau yang seringkali diklaim pula jeruk pecel, jeruk asam, sitron, poly ditanam di pekarangan tempat tinggal serta kebun. Jeruk nipis merupakan tanaman perdu yg memiliki banyak dahan dan ranting. Tingginya bisa hingga 6m. Daun pohon jeruk bipis berbentuk bulat telur serta tiap daun mempunyai tangkai sendiri.
Bunganya Aurantifolia Swingle berbentuk bintang berwarna putih. Batangnya berkayu keras. Biasanya berbuah setelah dua,lima tahun. Buahnya berbentuk bundar homogen, berkulit tipis serta berwarna hijau kekuningan bila telah tua. Tempat tumbuh flora jenis ini adalah dalam ketinggian 100 meter pada atas bagian atas bahari. Tanaman ini tumbuh liar, akan tetapi kini ini sudah dibudidayakan.
Tentu jeruk nipis sudah nir asing bagi anda. Jeruk nipis bisa dengan gampang ditanam dipekarangan tempat tinggal dengan cara mencangkok. Ketika telah tumbuh simpel jeruk nipis hampir nir membutuhkan perawatan, Jeruk nipis akan tumbuh dengan sendirinya. Jeruk nipis umumnya tahan hayati bertahun hhingga pohonya akbar serta tewas.
Kandungan
Buah jeruk nipis ini terutama mengandung banyak asam sitrat, hingga 7,6 persen. Juga didapati adanya damar, lemak, mineral, vitamin B1 dan vitamin C. Selain itu jeruk nipis juga mengandung minyak terbang, diantaranya sitral, limonen, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, serta linalin asetat.
Rasa jeruk nipis yg asam pula bisa membantu membersihkan nikotin yang masih ada dalam gigi dan ekspresi orang yang suka merokok.
Kegunaan
Selain manfaat di atas, poly kegunaan jeruk nipis lainnya. Antara lain buat disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing/ vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, sakit ketua/pusing tiba-datang, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk (air buahnya), menghentikan norma merokok, amandel. Penyakit anyang-anyangan, mimisan, radang hidung (getahnya).

Pemanfaatan 
Disentri, ambeien, mencret: akarnya direbus selama sekitar 1/2 jam, lalu disaring, airnya diminum.
Demam. 
Petiklah dua-4 genggam daun jeruk nipis. Rebus menggunakan 2 hingga 4 gelas air. Gunakan air rebusan ini buat mengompres pasien yang demam. Caranya dengan membasuh kain dalam air rebusan dan diperas, kemudian ditempelkan pada dahi penderita.
Batuk kronis
Peraslah sebuah jeruk nipis tua. Ambil air perasannya satu sendok teh. Campur menggunakan kecap manis. Minumlah tiga kali sehari. Cara lain buat mengobati batuk merupakan dengan memanggang jeruk nipis sebentar pada atas api sampai diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar hingga butir sebagai suam-suam kuku (menghangat), belah buah jeruk nipis tersebut, lalu pribadi peras ke dalam mulut sampai mengalir ke tenggorokan. Resep ini baik juga buat menyembuhkan flu.
Sakit tenggorokan: Getah batang ditambah dengan sedikit garam bisa dipergunakan sebagai obat.
Penyakit Kurang Darah
Siapkan bahan berupa daun bayam duri 25 lbr, telur ayam 2 buah, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni dua sendok makan, dan daun tapak liman 10 lembar. Daun bayam serta daun tapak liman dibersihkan, lalu ditumbuk dan diambil airnya. Air tadi dicampur menggunakan kuning telur, jeruk nipis, dan madu. Aduk hingga homogen serta diminum dua kali sehari.
Menghentikan norma merokok
Isaplah seiris jeruk nipis. Rasanya yg asam segar membuat Anda terangsang untuk minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini selain mengurangi hasrat buat merokok, pula membantu membersihkan nikotin yang sudah masih ada dalam gigi dan ekspresi.
Bau ketiak yang tidak sedap
Siapkan jeruk nipis yang dicampur kapur sirih. Setelah mandi, usapkan adonan ini pada ketiak dan abaikan beberapa ketika sebelum dibasuh. Lakukan pagi dan sore hari. Khasiat lain Perasan jeruk nipis yang dicampurkan ke pada minuman teh, selain bisa menyegarkan tubuh, jua mampu memperlancar keluarnya air kencing.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI