Operasi Hitung Pecahan Aljabar Beserta Contoh Soal Lengkap Terbaru

Operasi Hitung Pecahan Aljabar Beserta Contoh Soal Lengkap - Angka nomor Matematika bisa disimbolkan pada bentuk bilangan juga aljabar. Bilangan Matematika bisa berupa barisan juga pecahan, kemudian buat aljabar dapat berupa barisan juga pecahan. Ketika kita dibangku sekolah seringkali menerima soal soal pecahan aljabar. Lalu bagaimana merampungkan operasi hitung pecahan aljabar? Apakah prinsip pengerjaannya sama menggunakan pecahan biasa? Ataukah malah tidak sama?
Mendengar kata aljabar tentunya pandangan kita sudah sulit. Hal ini lantaran bentuknya tidak misalnya pecahan biasa, melainkan ditambahkan menggunakan variabel. Bayangan inilah yang membuat kita terasa sulit dalam mengerjakan model soal operasi hitung pecahan aljabar. Kali ini saya akan membahas tentang operasi hitung pecahan aljabar beserta model soalnya. Untuk detail bisa anda simak di bawah ini.

Operasi Hitung Pecahan Aljabar Beserta Contoh Soal Lengkap

Pada dasarnya operasi hitung biasa hampir sama dengan bentuk operasi hitung pecahan. Maka berdasarkan itu buat menyelesaikan operasi hitung pecahan aljabar, kita harus paham tentang operasi hitung dasar terlebih dahulu. Operasi hitung dasar mencakup operasi perkalian, penjumlahan, pembagian, perpangkatan serta pengurangan. Apabila operasi hitungnya pada bentuk pecahan aljabar maka bisa berupa perkalian dalam bentuk pecahan aljabar, penjumlahan dalam bentuk pecahan aljabar, pembagian pada bentuk pecahan aljabar, erpangkatan dalam bentuk pecahan aljabar dan pengurangan dalam bentuk pecahan aljabar.

Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Aljabar

Seperti yg telah saya jelaskan diatas bahwa operasi hitung pecahan aljabar dapat berupa penjumlahan serta pengurangan. Untuk penyelesaian penjumlahan pecahan aljabar dan pengurangan pecahan alljabar hampir sama menggunakan penyelesaian penjumlahan serta pengurangan pecahan biasa. Untuk menyelesaikannya, anda hanya relatif menyamakan penyebut menurut pecahan tersebut, setelah itu baru dikurangkan ataupun dijumlahkan. 

Berikut beberapa contoh penjumlahan dan pengurangan pecahan aljabar:
Adapula contoh penjumlahan pecahan aljabar dan pengurangan pecahan aljabar lainnya:

Berdasarkan contoh operasi hitung pecahan aljabar diatas bisa disimpulkan bahwa buat menuntaskan penjumlahan pecahan aljabar serta pengurangan pecahan aljabar, kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Setelah penyebutnya sama, baru lalu dijumlahkan juga dikurangkan. Sebenarnya operasi hitung pecahan aljabar sama menggunakan operasi hitung pecahan biasa.
Baca jua : Rumus Rumus Pangkat (Perkalian, Pembagian, Pangkat Nol serta Negatif)

Perkalian dan Pembagian Pecahan Aljabar

Operasi hitung pecahan aljabar juga bisa berupa operasi perkalian serta pembagian. Untuk penyelesaian perkalian pecahan aljabar serta pembagian pecahan aljabar sangatlah berbeda. Tetapi prinsipnya hampir sama menggunakan penyelesaian perkalian serta pembagian pada pecahan biasa.

Perkalian Pecahan Aljabar
Penyelesaian perkalian pecahan aljabar hampir sama dengan perkalian pecahan biasa. Cara menuntaskan operasi hitung pecahan aljabar ini yaitu mengalikan penyebut dengan penyebut serta mengalikan pembilang menggunakan pembilang. Berikut rumus perkalian pecahan aljabar:


Untuk detail dapat anda simak contoh perkalian pecahan aljabar dibawah ini:

Pembagian Pecahan Aljabar
Penyelesaian pembagian pecahan aljabar hampir sama dengan pembagian pecahan biasa. Cara merampungkan operasi hitung pecahan aljabar ini yaitu merubah operasi pembagian sebagai perkalian, tetapi bilangan kedua dibalik (berdasarkan pembilang menjadi penyebut dan penyebut sebagai pembilang). Berikut rumus pembagian pecahan aljabar:
Baca jua : Kumpulan Rumus Matematika Sekolah Menengah pertama Kelas 9 Beserta Penjelasan Lengkap

Untuk detail bisa anda simak model pembagian pecahan aljabar di bawah ini:

Perpangkatan Pecahan Aljabar

Operasi hitung pecahan aljabar selanjutnya memeriksa mengenai perpangkatan pecahan aljabar. Perpangkatan adalah perkalian bilangan yg sama secara berulang. Hal ini jua berlaku untuk operasi hitung perpangkatan pecahan aljabar. Berikut rumus perpangkatan pecahan aljabar:


Untuk detail dapat anda simak contoh perpangkatan pecahan aljabar dibawah ini:

Demikianlah penjelasan tentang rumus operasi hitung pecahan aljabar bersama contoh soalnya. Inti menurut operasi hitung pecahan aljabar ialah wajib tahu dan menguasai operasi hitung dasar seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian serta perpangkatan. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru