Paling Cepat Tunjangan Kinerja Akan diterapkan Tahun 2018

Tunjangan Kinerja bagi Pegawai NegeriSipil (PNS) termasuk guru belum akan diterapkan pada saat dekat. Palingcepat, tunjangan kinerja baru dapat diterapkan pada 2018.

Dirjen Pengajar serta Tenaga Kependidikan (GTK), Kemdikbud, Sumarna Surapranatamengatakan, kebijakan skema gaji PNS termasuk pengajar yang baru paling cepatditerapkan pada 2018. Sebab aturan buat Tunjangan Profesi Pengajar (TPG) untuk2016 telah dianggarkan pada RAPBN 2018.
 
“Selain itu Kita pula masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) Sistem PenggajianPNS termasuk pengajar yg baru. Paling cepat bisa diterapkan 2018,” tutur Pranatadi Jakarta, kemarin.
 
Ketika ditanya lebih lanjut mengenai teknis pembayaran serta penilaian tunjangankinerja, Pranata belum mau buat menyampaikan secara lebih detail. MengingatPeraturan Pemerintah (PP) itu sendiri masih pada proses finalisasi.
 
PP untuk skema baru gaji serta tunjangan guru adalah turunan menurut UU angka 5tahun 2018 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).
Sebelumnya, Pranata membicarakan bahwa pembenahan skema penggajian bagi gurumengacu pada UU ASN. Di mana honor PNS termasuk pengajar akan dibagi menjadi tigasumber, yakni honor pokok, tunjangan kinerja, serta tunjangan kemahalan. “Ketigasumber gaji itu akan dimasukkan ke pada single salary atau sistem honor tunggal,”ungkapnya.
 
Pranata hanya menegaskan, bahwa buat tahun depan para pengajar masih mendapatkanTPG. Bahkan aturan buat TPG pada 2018 mengalami ke naikan berdasarkan 77 triliunrupiah di tahun ini sebagai 80 triliun rupiah.
 
Dari jumlah tersebut, 73,6 triliun pribadi ditransfer ke wilayah, sisanyamemperhitungkan adanya promosi, golongan, dan guru yg barudisertifikasi. ”Ada 166 ribu guru yg baru disertifikasi, meski ketika inigurunya belum lulus, akan tetapi harus telah terdapat uangnya tahun depan, sudah kitaanggaran sekaligus,” kata Pranata.
 
Seperti diketahui, pembayaran TPG PNS wilayah dialokasikan menurut APBN kemudianditransfer ke APBD. Sedangkan Kemdikbud hanya menyalurkan TPG bagi pengajar nonPNS.khusus buat TPG triwulan III bagi pengajar non PNS sejak Senin kemarin sudahsampai pada termin Surat Perintah Membayar (SPM). “Jadi buat pengajar non PNSpaling meleset itu Jumat TPG-nya telah cair,” papar dia. Masih Difinalisasi
 
Sementara itu kepala Biro Hukum, Komunikasi serta Informasi Publik Kemenpan danRB, Herman Suryatman menambahkan bahwa formula PP Penggajian PNS yg barumasih difinalisasi lintas kementerian. “PP-nya sendiri diperkirakan baru akhirtahun ini selesai,” kata beliau.
 
Jika PP tadi sudah terselesaikan, maka sinkron saat yg dipengaruhi setiap PNSakan mendapat honor tidak sama setiap bulannya. “Pendapatan PNS yg tetap samahanya honor utama saja,” jelasnya.
 
Sedangkan akbar kecilnya tunjangan kinerja akan sangat bergantung pada kinerjapegawai itu sendiri. Begitu jua dengan tunjangan kemahalan, setiap daerah akanmemiliki tunjangan kemahalan yg berbeda. “Tunjangan kemahalan akan menghitunginflasi atau harga barang di setiap wilayah,” paparHerman.
 
Untuk itu Herman mengimbau pada PNS terutama guru supaya terus meningkatkankinerjanya buat mendapatkan tunjangan kinerja yg maksimal . “Tunjangankinerja akan bergantung dalam kualifikasi kerja, kinerja serta kompetensi,” jelasHerman.
 
Ia berharap kebijakan baru ini tidak mengakibatkan keresahan,di kalangan PNS,karena tujuan pemerintah dalam dasarnya buat menaikkan kesejahteraan PNS,tidak terkecuali guru

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI