Palung Mariana Titik Dasar Laut Terdalam Di Bumi

Apabila Puncak Everest di Pegunungan Himalaya adalah titik tertinggi pada permukaan bumi lalu dimanakah letak titik terdalam di permukaan bumi?. Jawabannya adalah
Titik Challenger Deep yg berada di Palung Mariana. Lokasi Palung ini terletak di daerah Samudera Pasifik yaitu sebelah Timur Filipina serta masuk pada sabuk Cincin Api Pasifik. Pada tahun 2018 Lembaga Kelautan Amerika Serikat mengukur kedalaman pasti menurut Palung Mariana serta hasilnya adalah titik terdalam  yiatu 10.994 m (Challenger Deep).
Pengukuran pertama terhadap Palung Marianan dilakukan oleh Kapal Survey Inggris yaitu HMS Challenger yang dipakai sang Angkatan Laut pada tahun 1875 untuk melakukan penelitian pada sekitar Palung Mariana. Kedalaman maksimum yang terukur dalam ketika itu merupakan 8.184 m.
Setelah itu dalam tahun 1951 kapal Angkatan Laut lain yaitu HMS Challenger pulang melakukan pengukuran serta berhasil menemukan lokasi lainnya yang lebih dalam yaitu 10.900 meter memakai metode Gema suara.
Pada tahun 2018 pemetaan sonar dilakukan sang para peneliti di atas kapal Kilo Maona menurut pihak University Hawaii dan membentuk kedalaman 10.971 m dengan penyimpangan sekitar 22 meter. Terakhir dalam 2018, pengarah adegan kawakan Hollywood yaitu James Cameron memakai kapal selam kecil canggih berhasil mendarat di dasar Deep Challenger.
Apa yg terdapat di Challenger Deep?
Kedalaman Challenger pertamakali dieksplorasi manusia dalam tahun 1960 oleh Jacques Piccard dan Don Walsh menggunakan kapal selam serta mencapai kedalaman 10.916 m. Sedangkan misi penyelaman tidak berawak dilakukan dalam 2018  serta mencapai kedalaman 10.902 m. Lalu apa yang menyebabkan Palung Mariana menjadi sangat pada?. Palung Mariana berada dalam batas lempeng konvergen (saling bertumbukkan) dimana salah satu lempeng masuk ke bawah lempeng lainnya. Pada batas hubungan antara ke 2 lempeng tadi (zona subduksi) terbentuklah parit atau palung di lautan. Ada banyak palung tersebar pada global selain Mariana dengan kedalaman bervariasi.



Sumber dan Gambar:

diolah berdasarkan aneka macam referensi
disini
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI