Panduan Penilaian Kurikulum 2018 Permendikbud No 53 Tahun 2018 untuk SDSMPSMAdan SMK


PanduanPenilaian untuk Sekolah Dasar 
KATAPENGANTAR-Peningkatan kualitas layanan pendidikan merupakan salah satu agendaprioritas pembangunan pendidikan nasional tahun 2018 – 2018 sebagaimana telahdiamanatkan pada dalam Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2018 Tentang RencanaPembangunan Jangka Menengah Nasional 2018-2016. Disamping tersedianya kurikulumyang handal, keliru satu aspek terpenting pada upaya mengklaim kualitaslayananan pendidikan adalah menyediakan sistem penilaian yang komprehensifsesuai dengan baku nasional pendidikan yg telah ditetapkan. Untuk ituDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengah bekerjasama dengan BadanPenelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum danPerbukuan) sudah menyusun Panduan Penilaian dalam Satuan Pendidikan Dasar danMenengah, diantaranya adalah Panduan Penilaian buat Sekolah Dasar (Sekolah Dasar).

PanduanPenilaian buat SMP
KATAPENGANTAR-Peraturan Presiden Nomor dua tahun 2018 Tentang Rencana PembangunanJangka menengah Nasional 2018-2016 menyebutkan bahwa sasaran pembangunan dibidang pendidikan antara lain adalah meningkatnya jaminan kualitas pelayananpendidikan, tersedianya kurikulum yg tangguh, serta tersedianya sistem penilaianyang komprehensif. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar serta Menengahbekerjasama menggunakan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat PenilaianPendidikan serta Pusat Kurikulum serta Perbukuan), menyusun Panduan Penilaian salahsatu diantaranya adalah Panduan Penilaian untuk SMP (Sekolah Menengah pertama).

Panduan ini disusun menggunakan maksud menyajikan kabar simpel mengenaiteknik-teknik evaluasi tadi dilengkapi misalnya dan langkah-langkahpelaksanaan evaluasi dan pengolahan nilai. Selain itu dalam pedoman inidiuraikan cara mengisi rapor. Sedangkan tujuan pedoman ini merupakan untuk memfasilitasiguru-guru dalam merencanakan serta melaksanakan penilaian secara akuntabel dankomprehensif mencakup penilaian perilaku pengetahuan, serta keterampilan sertamengolah serta membuat laporan hasil belajar anak didik secara obyektif, akuntabel,dan informatif.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengungkapkan ucapan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas peranserta berbagai pihakdalam penyusunan pedoman ini. Secara spesifik aku ucapkan terima kasih danpenghargaan kepada tim penyusun semoga kontribusi tersebut merupakan ilmu yangbermanfaat yg akan abadi sepanjang masa.

Panduan ini masih dirasakan belum paripurna, sang karena itu diharapkan masukandari berbagai pihak terutama kepala sekolah, wali kelas, guru, dan orangtuasiswa untuk penyempurnaan lebih lanjut.

PanduanPenilaian buat SMA
KATAPENGANTAR-Peraturan Presiden Nomor dua Tahun 2018 mengenai Rencana PembangunanJangka Menengah Nasional 2018-2019 mengungkapkan bahwa target pembangunan dibidang pendidikan antara lain merupakan meningkatnya agunan kualitas pelayananpendidikan, tersedianya kurikulum yang andal, dan tersedianya sistem penilaianpendidikan yg komprehensif. Sejalan menggunakan kebijakan tadi, terutama dalammemenuhi ketersediaan sistem evaluasi pendidikan yg komprehensif, DirektoratJenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berafiliasi dengan Badan Penelitian danPengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan serta Pusat Kurikulum serta Perbukuan)menyusun Panduan Penilaian, galat satu di antaranya merupakan Panduan Penilaianuntuk Sekolah Menengah Atas. Panduan ini diharapkan bisa memfasilitasi guru-pengajar dalammerencanakan serta melaksanakan evaluasi secara akuntabel dan komprehensifmeliputi penilaian perilaku, pengetahuan, dan keterampilan, serta memasak danmembuat laporan output belajar murid secara objektif, akuntabel, serta informatif.

Kami menyadari bahwa pedoman ini masih jauh berdasarkan paripurna. Oleh karenanya,pedoman ini selalu terbuka buat mendapat masukan berdasarkan banyak sekali pihak, terutamaguru-guru sebagai pelaksana pendidikan dan pengawas yg membina guru-gurusecara eksklusif.

Peran dan seluruh pihak dalam penyusunan, pembahasan, dan donasi untukpenyempurnaan pedoman ini sangat kami hargai dan kami sampaikan terimakasih.

PanduanPenilaian buat Sekolah Menengah Kejuruan 

DownloadPanduan Penilaian K13 Sekolah Menengah Kejuruan

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI