Partikel Pasir yang memesona

Pasir?Tentunya kalian sering melihat serta menemukan benda ini pada manapun kalian berada seperti di lapangan, pantai, gurun, pinggir sungai atau loka lainnya. Bagi khalayak generik, pasir mungkin
hanya terlintas hanya ukuran halus, tidak menarik dan biasa saja. Namun bila dilihat menurut kacamata mikroskopis geologi, pasir akan terlihat sangat unik, menarik dan latif. Anda akan menemukan kristal-kristal latif pada gumpalan pasir putih atau pasir jenis lainnya. 
Pasir dalam ilmu geologi adalah suatu terminologi buat mengungkapkan sebuah partikel menggunakan berukuran bervariasi antara 1/16 mm hingga dua mm. Pasir dapat tersusun atas banyak sekali bahan mineral seperti kuarsa, ortoklas, atau gipsum. Ada juga pasir yang tersusun atas butiran bahan organik misalnya moluska, fragmen kerang atau terumbu karang. Pasir pula bisa mengalami kompaksi serta pengerasan dalam ketika usang menjadi batuan sedimen yaitu batu pasir. Kebanyakan pasir terbentuk berdasarkan pelapukan batuan dan mengalami transportasi oleh erosi sampai ke wilayah cekungan serta mengendap. Beberapa jenis pasir lainnya terbentuk berdasarkan pecahan kulit organisme yang terangkut. Beberapa pasir langka banyak ditemukan pada dunia ini seperti pasir berwarna pink terbentuk menurut bahan kimia terlarut dan tersuspensi dalam air laut.
Dalam ulasan selanjutnya akan dijelaskan tentang beberapa foto dan pelukisan singkat mengenai jenis-jenis pasir langka dan unik. Anda tentunya akan terkesima melihat indahnya butiran-butiran pasir yang diperbesar beberapa kali menurut aslinya. Pasir-pasir tadi asal berdasarkan banyak sekali belahan dunia.
1. Pasir Olivine-Pantai Papakolea Hawaii
Pasir ini asal dari daerah Pantai Papakolea Hawaii, memiliki buah putih fragmen karang sedangkan fragmen abu sampai hitam berdasarkan batu basalt. Olivine merupakan mineral yang terdapat pada batu permata 'Peridot". 
2. Pasir Pink-Bermuda
Beberapa pantai pada Bermuda memiliki warna merah belia yang didapatkan dari pecahan karang merah mudah di sekitarnya. Pasir ini pula mengandung fragmen moluska, foraminifera, dan organisme lainnya. Pasir ini adalah model pasir organik yg terbaik. Di Indonesia salah satu pantai yg memiliki pasir berwarna pink berada di Pulau Lombok (lupa lagi namanya).
3. Pasir Vulkanik-Santorini Yunani
Fragmen pasir ini asal menurut material vulkanik gunung api serta butiran kuarsa dan fragmen kulit kerang. Lokasinya berada pada Pantai Perissa Pulau Santorini Yunani.
4. Pasir Garnet-Magnetit-Fire Island
Pasir ini dijumpai pada Fire Island New York. Mineral Quartz merupakan penyumbang terbesar pasir di daerah ini menggunakan berbagai variasi bahan minor seperti garnet, magnetit, feldspar serta cangkang kerang.


5. Pasir Foraminifera-Selat Torres
Pasir ini dari menurut wilayah Pulau Warraber di Selat Terres (antara Papua Nugini dan Australia). Pasir di wilayah ini asal menurut bahan foraminifera atau fauna sejenis protista ameoib yang membentuk kalsium karbonat serta dapat menjadi partikel pasir sehabis fauna tersebut tewas. 


6. Pasir Ooids-Bahama
Ooids adalah partikel sedimen bulat mini yg terbentuk dari pengendapan konsentris kalsium karbonat pada lebih kurang inti. Inti mampu sebagai butiran pasir, rabat karang atau material lainnya. 
7. Pasir Gipsum-New Mexico
Ini merupakan jenis pasir yang langka serta masih ada di daerah New Mexico. Gipsum pada dasarnya jarang menjadi pasir karena dapat musnah oleh air. Di Monumen Nasional Pasir Putih, wilayahnya berangin dan termasuk kemarau menggunakan pasokan gipsum yang poly sebagai akibatnya membentuk bukit pasir gipsum yg luas.
8. Pasir Mars
Permukaan Mars ternyata dipenuhi oleh pasir berwarna merah. Lingkungan Mars zaman purba memiliki sungai, garis pantai dan lingkungan pengendapan yg mengakibatkan pasir dapat terbentuk. 
9. Pasir Gurun Pasir
Butiran pasir yg masih ada di wilayah gurun pasir sangat intens tertiup angin sehingga permukaannya menjadi tidak runcing serta membulat. 
10. Pasir Pantai California
Pasir di wilayah pantai ini tersusun atas partikel-partikel yg majemuk misalnya kuarsa, rijang, quartz, batu vulkanik, feldspar serta cangkang kerang. 

Bagiamana?Unik serta Indah bukan jika pasir dilihat lebih akbar lagi. Ayo main pasir.....

Sumber dan Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru