PEMANFAATAN SISTEM PENDATAAN PENDIDIKAN DASAR



Saat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar tengah mengembangkanaplikasi-aplikasi pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas).aplikasi tersebut dapat digunakan buat melakukan perencanaan pembangunanpendidikan baik di tingkat Pusat, Provinsi, juga Kabupaten/Kota.
Selain itu jua sedang dilakukan pembangunan aplikasi distribusi data dari serverPusat ke Provinsi. Kemudian akan dilanjutkan distribusi data menurut Provinsi keKabupaten/Kota. Diharapkan, menggunakan begitu, pengelola Dapodikdas pada tingkatProvinsi serta Kabupaten/Kota dapat memanfaatkan Dapodikdas dengansebaik-baiknya.
“Bapak-Ibu sekalian minimal sanggup menciptakan profil pendidikan pada Kabupaten/Kotamasing-masing. Syukur-syukur lebih menurut itu,” kata Supriyatno, M.A, Kepala SubBagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran SekretariatDitjen Dikdas, saat membuka Training of Trainer Pemanfaatan SistemPendataan Pendidikan Dasar angkatan V pada Swiss-Belhotel Bandung, Jawa Barat,dalam Kamis malam, 22 Mei 2018.
Dengan tersedianya data 3 entitas pendidikan yaitu peserta didik, satuanpendidikan, serta pendidik serta tenaga kependidikan, tambah Supriyatno, PemerintahDaerah tidak perlu lagi melakukan penjaringan data. Yang perlu terus dijagaadalah operator sekolah permanen memasukkan dan memperbarui data-data tadi.
Lebih lanjut Supriyatno menyampaikan, kini Ditjen Dikdas telah mulaimeninggalkan proposal based planning dan beralih ke databasedplanning. Hal ini dilakukan karena proposal based planninghanya menguntungkan sekolah-sekolah yg rajin mengirim proposal. Sementarasekolah lain yg tidak mengirim proposal padahal membutuhkan donasi takpernah tersentuh.
“Dengan databased planning akan kelihatan sekolah mana yangmembutuhkan guru, terjadi kelebihan pengajar, memerlukan ruang kelas baru danperpustakaan,” ungkapnya.
ToT Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasarangkatan V digelar dalam 22-24 Mei 2018. Pesertanya berjumlah 103 orang. Merekaadalah petugas KK Datadik Kabupaten/Kota dari Provinsi Sulawesi Selatan,Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, Bali, Kalimantan Timur, serta SulawesiUtara. ToT kali ini adalah angkatan terakhir berdasarkan serangkaianpenyelenggaraan di Kota Bandung, Jawa Barat.
Sumber :  //dikdas.kemdikbud.go.id/

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI