PEMASARAN

PEMASARAN


A.Pemasaran

Pemasaran adalah segala daya upaya manusia yg diarahkan buat memenuhi kebutuhan dan keinginanya melalui proses tukar menukar yang layak dan teratur ,sehingga kedua belah pihak yg melaksanakan pertukaran bisa memperoleh kepuasan.

Pentingnya pemasaran bagi penghasil merupakan bisa mengalirnya barang-barang dan jasa ke tangan konsumen secara tepat serta cepat. Zaman sekarang pemasaran penting buat mempertahankan bisnis dari banyaknya persaingan.

Penerapan pelayanan prima, perencanaan kenaikan pangkat , teknik menjual, menjaga kepuasan pelanggan, perundingan yg baik, distribusi yg tepat, penetapan harga yang bijaksana adalah konflik  pada pemasaran yg harus dikoordinir menggunakan baik sebagai akibatnya bisa menaruh rasa kepuasan pada seluruh pihak yaitu bagi produsen bisa mempertahankan kelangsungan hayati usahanya dan mencapai laba serta bagi konsumen dapat terpenuhi hasrat serta kebutuhn secara puas.

1.Pelayan Prima (Excellent Service)

Pelayanan prima adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan sebagai akibatnya bisa menimbulkan rasa puas pada pelanggan. Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima dikembangkan konsep total quality management (TQM) yaitu sistem menejemen yang melibatkan seluruh unsur manajer serta pegawai buat memperbaiki kualitas dan kuantitas proses organisasi supaya kebutuhan ,impian, serta harapan pelanggan terpenuhi.
Pelayanan prima dikembangkan dari konsep A6 yaitu :
a.Ability (Kemampuan)

Adalah pengetahuan serta ketrampilan tertentu yang mutlak diharapkan buat menunjang program layanan prima.
Pelayanan berdasarkan ability (kemampuan) terdiri menurut beberapa bentuk, antara lain:
1)Kemampuan pada bidang kerja yang ditekuni
2)Melaksanakan komunikasi yang efektif
3)Mengembangkan motivasi
4)Menggunakan public relation menjadi instrumen dalam membina interaksi kedalam dan keluaar organisasi
b.Attitude (Sikap)

Adalah perilaku yg wajib ditonjolkan dalam menghadapi pelanggan. Pelayanan menurut attitude (perilaku) terdiri menurut beberapa bentuk ,diantaranya:
1)Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi
2)Pelayanan dengan berpikir positif
3)Pelayanan menggunakan perilaku menghargai
c.Appearance (Penampilan)

Adalah enampilan seorang yg baik bersifat fisik juga non fisik yang bisa mereflesikan agama diri dan dapat dipercaya berdasarkan pihak lain.

d.Attention (Perhatian)

Adalah kepedulain penuh terhadap pelanggan, baik yg berkaitan menggunakan perhatian akan kebutuhan dan impian pelanggan juga pemahaman akan saran serta kritik. Bentuk-bentuk pelayanan dari konsep attantion adalah :
1)Mendengarkan dan tahu kebutuhan pelanggan
2)Mengamati konduite pelanggan
3)Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan
e.Action (Tindakan)

Adalah berbagai aktivitas nyata yg harus dilkukan dalam menaruh layanan kepada pelanggan. Bentuk-bentuk pelayanan dari konsep tindakan merupakan menjadi berikut :
1)Pencatatan pesanan pelanggan
2)Pencatatan kebutuhan pelanggan
3)Penegasan balik kebutuhan pelanggan
4)Mewujudkan kebutuhan pelanggan
5)Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali
f.Acountability (Tanggung jawab)

Adalah suatu sikap keperpihakan pada pelanggan sebagai wujud kepedulian buat menghindarkan atau meminimalkan kerugian atau ketidakpuasan pada pelanggan.

Siklus Pelayanan Prima


Siklus pelayan prima merupakan usaha-bisnis mulai berdasarkan menarik calon pembeli/pelanggan lalu memberikan service selama pembeli/pelanggan berbelanja dan akhirnya pergi dengan rasa puas.
Adanya tingkat daur pelayana prima sebagai berikut :
1.Atraksi adalah segala service yang bertujuan buat menarik pembeli/pelanggan agar masuk pada toko/supermarket dan berbelanja, yang mencakup pengeras suara, alunan musik, tempat penitipan barang, hiasan window display.
2.Shopping serviceadalah pelayanan yang lansung mampu dirasakan/diterima sang calon pembeli/pelanggan pada saat masuk dan selama berbelanja.
3.Comfort serviceadalah berusaha menyuguhkan perasaan nikmat selama berbelanja barang-barang yg terdapat di dalam toko semuanya pada syarat yang baik ,jua dilengkapi  menggunakan toilet ,TV, telepon, dan alunan musik.
4.Buying serviceadalah berupa penggunaan personil (pramuniaga) yang luwes serta terdidik, model : barang yg dibeli bisa diantar ke loka pembeli, memberikan kredit, pemberian kemasan secara perdeo. Tujuan buying service merupakan buat memperlancar proses jual beli.
5.Good will or courtesy service. Hal ini bertujuan supaya calon pembeli/pelanggan menjadi pelanggan yang tetap serta setia. Contoh : memberi garansi, barang yang dibeli bisa ditukar jika tidak cocok.




Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI