Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia Terbaru

Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia  merupakan topik pembahasan  yg  akan kita bahas artikel kali . Pada artikel ini kita akan membahas keliru satu materi yang terdapat pada mata pelajaran geografi, meliputi daerah-daerah persebaran hewan di Indonesia yang disertai contoh fauna yang terdapat dalam daerah-wilayah tadi.
Persebaran fauna di Indonesia beredar dari kondisi sejarah geologis negara Indonesia. Pembagian persebaran fauna secara geologis di Indonesia di bagi menjadi 3 wilayah oleh Alfred Russel Wallace serta Max Wilhelm Carl Weber yaitu wilyah asiatis ( Indonesia bagian Barat), peralihan, dan Australis ( Indonesia bagian Timur). Berikut pada bawah ini adalah jenis persebaran fauna di Indonesia.
1.fauna Asiatis, wilayah persebaran fauna asiatis beredar pada dataran sunda atau daerah Indonesia bagian Barat yg meliputi Sumatra, Jawa, Bali, serta Kalimantan.
Artikel Terkait :Pengertian Skala Peta serta Cara Menghitungnya
  • Ciri-Ciri dan Contoh Fauna Asiatis

Fauna pada daerah asiatis memiliki karakteristik-karakteristik yaitu kita dapat menjumpai banyak sekali mamalia berukuran besar misalnya gajah ( Elepahas maximus sumatranus), badak (Rhinoceros sondaicus), harimau (Panthera tigris), beruang (Helarctos malayanus ), dan orang utan (pongo phygmaeus). Pada daerah fauna asiatis masih ada juga fauna endemik, fauna endemik adalah fauna yang hanya dapat ditemukan dalam satu loka tertentu dan nir dapat ditemukan di tempat atau lokasi lain misalnya Beo Nias (Gracula religiosa robusta) yang bisa kita temukan di Kabupaten Nias, Bekantan atau bisa diklaim simpanse Belanda ( Nasalis larvatus), Orang utan Kalimantan (Pongo phygmaeus), serta badak berucula satu  yang bisa kita temui pada Ujung kulon Jawa Barat.
2.fauna Peralihan di batasi sang garis Wallace serta Weber. Garis Wallace adalah garis yg membatasi di Dangkalan Sunda antara fauna asiatis menggunakan hewan peralihan.Garis Weber adalah garis yg membatasi pada Dangkalan Sahul antara hewan Peralihan menggunakan hewan Australis.
Wilayah persebaran hewan peralihan tersebar mencakup daerah Maluku, Sulawesi, serta Nusa Tenggara. Contoh hewan peralihan diantaranya babi rusa (Babyrousa babirussa), anoa (Bubalus depressicornis), biawak (Veranus salvator), komodo (Varanus komodosiensis), dan kuskus (Ailurops ursinus), burung maleo (Macrocephalon maleo) .

3.fauna Australis, fauna ini beredar di Dataran Sahul atau wilyah Indonesia bagian Timur misalnya Papua. Contoh fauna Australis yaitu hewan-fauna berkantung misalnya kanguru (Macropus giganteus), burung kasuari ( Casuarius casuarius), kuskus (Ailurops ursinus), burung cendrawasih ( Paradisaea rudolphi), kakatua ( Cacatua moluccensis), dan amfibi.
Sekian Posting saya kali ini mengenai Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia . Semoga menggunakan artikel ini bisa membantu pemahaman kalian mengenai persebaran hewan daerah hewan di Indonesia  beserta misalnya.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI