Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya Terbaru

Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya - Pengertian mitosis serta meiosis tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Mitosis serta meiosis sendiri adalah 2 bentuk proses pembelahan sel yang berbeda. Tujuan pembelahan sel secara umum merupakan buat membentuk sel sel baru berdasarkan sel sel yg usang (yg telah ada). Proses pembelahan sel inilah yg akhirnya disebut menggunakan pembelahan mitosis serta meiosis.
Meskipun sama sama mengkategorikan pada pembelahan sel, tetapi mitosis dan meiosis mempunyai tujuan dan output yg tidak selaras. Lalu apa pengertian mitosis dan meiosis? Apa tujuan pembelahan sel? Bagaimana proses terjadinya mitosis dan meiosis serta adakah gambar pembelahan sel mitosis dan meiosis? Jawabannya bisa anda simak pada artikel kali ini.

Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya

Untuk mengetahui apa itu mitosis serta meiosis maka terlebih dahulu kita harus paham tentang pengertian mitosis dan meiosis itu sendiri. Barulah kita akan mendapatkan keterangan tujuan dan proses terjadinya pembelahan sel. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai disparitas mitosis dan meiosis pada proses pembelahan sel.

Pembelahan mitosis

Pembelahan mitosis adalah proses pembelahan yg terjadi dalam inti sel yang lalu membentuk sel sel baru menggunakan jenis kromosom yang sama dengan sel lama . Secara genetik, proses pembelahan mitosis ini akan membuat 2 butir sel baru yg cenderung identik. Masing masing sel baru tersebut mewarisi sifat yg sama dengan induknya. Dalam konteks kehidupan kita dapat menggunakan gampang menemukan model pembelahan mitosis pada sekitar kita lantaran proses pembelahan mitosis ini akan terjadi pada setiap sel yg masih ada pada tubuh makhluk hidup.
Meskipun terjadi pada setiap makhluk hayati, proses pembelahan mitosis ini terjadi secara tak langsung, nir eksklusif disini maksudnya adalah buat mencapai pembelahan mitosis diperlukan beberapa fase atau tahapan. Adapun fase serta tahapan yg masih ada dalam proses pembelahan mitosis merupakan profase, metafase, anafase, dan telofase.
Profase (fase pertama mitosis)
Fase pertama mitosis ini ditandai menggunakan membrane inti sel yang rusak menjadi serpihan mini yang disebut fragment. Usang kelamaan proses pembelahan akan mulai terbentuk dengan ditandai benang benang kromatin yang mulai memadat menghasilkan kromosom. Selanjutnya kromosom ini mulai berkiprah menuju titik tengan sel.
Metafase (metaphase)
Pada fase ini benang benang gelendong yg terjadi pada fase sebelumnya akan mulai terlihat dengan jelas. Kromosom mulai berjajar pada ekuator sel. Beberapa benang akan terlihat mencapai kutub tanpa harus melekat dalam sentromer. Sentromer ini selanjutnya akan membelah, mengakibatkan kromatid berubah sebagai kromosom tunggal.
Anafase (anaphase)
Berbeda dengan fase sebelumnya, pada tahap anafase kromosom yang mulanya saling terikat secara tiba datang akan terpisah sampai sebagai dua bagian yg sama tetapi menuju ke arah kutub yg tidak selaras. Dan pada akhir tahapan proses anafase ini setiap ujung sel akan mempunyai kromosom yg sama sekaligus lengkap berdasarkan segi jumlah.
Telofase (telophase)
Ini merupakan tahapan pembelahan mitosis yang terakhir dimana kromosom sudah berada pada masing masing kutub sehinga nukleus akan terlihat pulang. Kromatid yg mulanya terdapat akan mulai menghilang sampai sitoplasma menebal serta membran sel akan terpisah dari ke 2 sel baru tadi.

Pembelahan meiosis

Pengertian pembeahan meiosis merupakan pembelahan sel yg terdapat pada sel reproduksi. Tujuan pembelahan meiosis ini merupakan buat membuat 4 sel baru dimana setiap sel memiliki kromosom berjumlah setengah berdasarkan kromosom sel lama atau indiknya. Perbedaan pembelahan mitosis serta meiosis yg paling mencolok adalah jumlah kromosom yg dihasilkan pada proses pembelahan selnya. Secara generik fase pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis hampir sama yang membedakan merupakan proses pembelahan meiosis dibagi sebagai 2 tahapan. Yakni:

Proses Pembelahan Meiosis I
Profase
Profase pada pembelahan meiosis I ini ditandaii dengan adanya kerusakan dalam membran inti serta munculnya fragment (serpihan) serta terbentunya glendong pembelahan. Benang kromatin yang mulanya tidak terlihat mulai memadat lalu berubah menjadi kromosom yg selanjutnya saling berpasangan antar kromosom homolog.
Metafase (metapahse)
pada tahap kedua ini kromosom akan mulai berjajar dalam ekuator sel. Dalam proses ini pula setiap benang spindle akan mulai inheren pada setiap sentomer kromosong yang ada. Sedangkan ujung benang ini akan membentang serta melekat dalam dua kutub pembelahan sel yg tidak sinkron (antagonis).
Anafase (Anaphase)
Anaphase ditandai menggunakan adanya proses penarikan kromosom homolog sang benang benang spindle menuju ke arah yang saling antagonis.
Telofase (telophase)
Telophase adalah fase terakhir berdasarkan proses pembelahan meiosis yang ditandai menggunakan kromosom yg telah mencapai masing masing kutub pembelahan.
Proses Pembelahan Meiosis II
Profase (Prophase)
Fase ini ditandai menggunakan rusaknya membran inti dan keluarnya serpihan berupa fragment, kromatid yang mulai menuju ke arah tengah sel dan terbentuknya gelendong.
Metafase (Metaphase)
Tahapan meiosis yg kedua merupakan metapahse dimana kromosom yang awalnya terbentuk nir beraturan mulai berjajar dalam bidang sel.
Anafase (Anaphase)
Fase ini ditandai menggunakan adanya proses kromatid yang mulai terpisah satu sama lain dan menuju kutub yang saling berlawanan.
Telofase (Telophase)
Tahapan meiosis yang terakhir ini bisa ditandai dengan nukleus yg sudah terbentuk serta pula kromosom yg terurai sebagai akibatnya membentuk kromatin serta terjadinya proses sitokinesis.
Itulah materi pembelahan mitosis serta meiosis yang bisa aku sampaikan dalam artikel kali ini. Pada dasarnya disparitas mitosis dan meiosis dapat dengan gampang kita amati bila kita memahami pengertian pembelahan mitosis serta meiosis serta tujuan mitosis serta meiosis itu sendiri.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru