Pendekatan Analisa Geografi

Jika kamu senang pelajaran geografi maka engkau menjadi orang yg beruntung karena akan sebagai seseorang analis keruangan yg handal. Tidak seluruh orang senang geografi dan hanya orang-orang yg tertantang saja yang mau menekuninya. Geografi memakai pendekatan keruangan serta pendekatan kelingkungan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana manusia beriteraksi menggunakan lingkungan fisiknya. Isu-isu yg terkait menggunakan pemanfaatan ruang sang manusia bisa dikaji melalui pendekatan keruangan dan kelingkungan. Teknologi saat ini memberikan perubahan yang drastis pada genre tenaga, barang dan jasa pada permukaan Bumi serta secara nir langsung merubah struktur lingkungan. Sejak revolusi industri bergulir, perubahan pola tata ruang bagian atas Bumi meningkat cepat dan berdampak jua dalam pertumbuhan penduduk dan konflik lingkungan. Dalam memandang sebuah konflik ruang maka seseorang geograf akan melakukan penyelidikan menggunakan tahapan-tahapan dari mulai yang sederhana sampai kompleks.
Pertama, seorang geograf akan melihat atau mengamati penyebaran suatu kenyataan atau gejala dalam ruang menggunakan media peta. Apapun yang terjadi pada bagian atas Bumi bisa digambarkan dalam peta. Setelah itu akan timbul pertanyaan tentang penyebaran kenyataan tadi “Siapa atau apa yg sedang diobservasi?” “Kapan kenyataan tersebut diobservasi?” “Dimana fenomena itu terjadi”?. Ahli geografi secara generik akan mengetahui bagaimana fenomena tadi bisa tersebar pada permukaan Bumi atau kemudian beliau akan mencoba buat memahami mengapa penyebaran tersebut terjadi.
Selanjutnya, tugas seseorang geograf adalah menganalisa proses penyebaran fenomena tersebut dengan pertanyaan “Mengapa penyebaran tersebut terjadi?” serta “Bagaimana fenomena tadi terjadi?. Setelah proses penyebaran kenyataan tadi dipahami maka pertanyaan selanjutnya yg ada pada pikiran ahli geografi merupakan “Bagaimana selanjutnya fenomena penyebaran tersebut bisa bertahan atau berubah?” serta “Bagaimana apabila….?” untuk menciptakan prediksi atau keputusan yang berdampak positif pada masa depan. Cara analisa geografi sangat unik serta nir terbatas pada satu subjek ilmu untuk menganalisa gejala perubahan dalam ruang. Itulah sebabnya penggunaan aneka macam ilmu (interdisipliner) diperlukan pada menelaah sebuah tanda-tanda pada ruang. 
Pendekatan keruangan serta kelingkungan selalu dipakai pada menganalisa terjadinya suatu fenomena dalam ruang. Dalam beberapa masalah, ke 2 pendekatan tadi tidak dapat digunakan terpisah melainkan digabungkan sebagai pendekatan kompleks daerah. Saat ini sorotan utama dalam geografi adalah bagaimana hubungan manusia dalam ruang dan sejauhmana impak interaksi tersebut dalam memengaruhi perubahan pola struktur ruang.
Sumber: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI