PENERIMAAN CPNS TAHUN INI DIBUKA


Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, akan segera dibuka.sebagaimanadisebutkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(KemenPAN-RB), saat ini sudah masuk dalam tahapan pengusulan deretan dari daerahke pusat. “Tahapan ini sebenarnya telah dimulai semenjak Januari. Lantaran, bulanini (April, red) tenggat ketika yang diberikan bagi daerah untukmengusulkan formasi,” kata Deputi SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja.
Dijelaskan, semua formasi terkumpul, pihaknya membutuhkan waktu sekira satubulan untuk memverifikasi usulan daerah. Verifikasi nantinya akan dilihatbelanja publik dalam APBD, kemudian analisis jabatan serta analisi beban kerja.“Setelah proses pembuktian ini tuntas, kemungkinan akbar tes paling cepatantara Juni-Juli. Atau paling lambat Agustus,” sebutnya.
“apabila nir, wilayah tersebut terancam nir terdapat rekrutmen CPNS 2018. Jadikami meminta seluruh wilayah mengajukan formasi yg diharapkan sinkron dengan analisisjabatan di masing-masing daerah,” sambung Setiawan
Proses verifikasi yang relatif lama tadi dinilai baik bagi rakyat yangbakal mengikuti penerimaan CPNS. Sebab menaruh waktu yg relatif untukmempersiapkan peminat guna menghadapi tes CPNS yg balik menggunakan sistem computerassisted test (CAT).
Dikatakannya, penerimaan tahun berdasarkan siklus tahunan penerimaan CPNS.“Semoga tidak terdapat perubahan. Pastinya penerimaan tahun ini sangat ketat, semuaharus dari kemampuan seseorang CPNS. Jadi persiapkan diri kita sebaikmungkin,” tutupnya.
Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi(Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan, rekrutmen akan diperketat. Dirinyamemastikan penerimaan CPNS bersih dari praktik Kolusi Korupsi serta Nepotisme(KKN).
Bagi Yuddy, seluruh proses perekrutan berdasarkan daerah hingga ke pusat wajib sesuaiprosedur. Sebab pihaknya sangat selektif selama proses seleksi dengan melakukanpemantauan eksklusif sampai proses pengumuman kelulusan bagi CPNS.
“Sangat ketat ya, sebab semua laporan hingga nomor CPNS bakal sampai ke mejasaya. Prosesnya seperti apa, saya akan lihat dan indikasi tangani sendiri. Jadi,jikalau terdapat yg mau main-main, usahakan dipikir-pikir lagi. Lantaran jikaketahuan akibatnya sangat fatal. Akan dikenakan hukuman berat," tegasnya.
Yuddy menuturkan jika ada yang menemukan aksi suap selama proses seleksiCPNS, diharapkannya agar dilaporkan menggunakan mengambarkan bukti-bukti untukdiproses ke ranah aturan. “Sekali lagi aku tegaskan nir ada kesempatan maumain curang. Kalau ada yang protes, tunjukan buktinya. Pasti diproses hukum,”tukas Yuddy.
Masih dikatakan Yuddy, buat kebutuhan PNS berkisar 100 ribu orang,ad interim angkatan kerja lebih kurang tiga juta pada setahun. “Bagi para CPNS,terus berusaha, belajar dan berdoa. Seluruh elemen rakyat, silakanmencoba mendaftar. Yang jelas kelulusan bakal dipengaruhi dari prestasi seorangCPNS itu sendiri,” tutupnya.
Sekadar diketahui, Januari lalu pemerintah melakukan moratorium ataupenghentian ad interim rekrutmen CPNS. Namun anggaran tadi tidak mengikat.pasalnya, buat beberapa jabatan eksklusif, pemerintah tetap membuka lamarannyabagi CPNS. Dimana, hal tersebut bertujuan buat menunjang program reformasibirokrasi menurut pemerintahan presiden Jokowi-JK.
Sumber

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI