Pengalaman Menjadi Mahasiswa Bidikmisi

PengalamanMenjadi Mahasiswa Bidikmisi



Apakahkamu merupakan seorang mahasiswa bidikmisi? Jika ya ayo kita saling berbagipengalaman sebagai seseorang mahasiswa bidikmisi. Kamu boleh share melaluikomentar box pada bawah ya. Tapi mari kita baca dulu pengalamanku menjadimahasiswa bidikmisi.

Sebelummenuju ke pengalaman, lebih baik kita mengenal dulu apa itu bidikmisi.

Bidikmisiadalah donasi porto pendidikan bagi murid yang memiliki keterbatasan kemampuanekonomi tetapi ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, jadi tidakberfokus pada  prestasi. Namun calonmahasiswa wajib mampu secara akademik serta potensi kemauan untuk menyelesaikanperguruan tinggi.

Ceritadimulai ketika aku masih duduk pada bangku SMK. Alasanku sekolahdi Sekolah Menengah Kejuruan merupakan waktu lulus nanti aku ingin pribadi kerja. Tahu sendiri kan,orang nir mampu mana punya porto buat melanjutkan kuliah, walaupunsebenarnya aku ingin kuliah saat itu, tetapi keadaan ekonomi yang memaksa.

Akusekolah pada SMK yg bisa dibilang unggulan atu favorite. Tidak pernah adakegiatan tawuran pada tempat saya bersekolah, ini memang tidak selaras lantaran biasanyaSMK identik menggunakan tawuran, pelajar yang senang bolos dan tidak berprestasi. Karenaperbedaan itulah, Sekolah Menengah Kejuruan tempatku bersekolah sebagai favorite dan pula menjadiRSBI dalam zamannya.

Karenahal itulah, orang tuaku menetapkan buat mendaftarkanku pada SMK tersebut. Tetapi sebenarnya,persyaratan masuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri tadi relatif sulit serta ternyata biayanya cukupmahal. Ibuku sedikit risi akan kasus porto, namun seiring berjalannyawaktu, ibuku nir pernah menunggak uang SPP serta alhamdulillah hingga lulus..

Ketikakelas 12, aku memutuskan buat kerja selesainya lulus nanti. Keputusanku sudahbulat, lantaran mengingat keadaan orang tua dan kemampuan ekonomi mereka untuk membiayaiku.
Namun,ketika semester akhir ternyata semua anak kelas 12 diwajibkan mendaftarkandiri pada SNMPTN. Apa boleh buat, akupun mendaftarkan diriku. Untungnya semuadata-data diuruskan oleh pihak sekolah.

Akukhawatir bila saya lolos nanti bagaimana. Siapa yang akan membiayaiku untukkuliah, keyakinanku pun jua telah bulat bahwa aku akan kerja waktu lulusnanti. Tetapi seiring berjalannya ketika, guru bk ku menginformasikan bahwa bagisiswa yang kurang sanggup secara ekonomi jangan berkecil hati karena terdapat banyaksekal beasiswa galat satunya adalah Bidikmisi.

Awalnyaaku  nir tahu apa itu Bidikmisi, namunguru bk ku menyarankan kami seluruh satu sekolah buat mendaftarkan diri sebagaicalon mahasiswa bidikmisi. Akupun menurutinya serta aku mulai mengisiborang-borang bidikmisi pada web bidikmisi. Banyak hal-hal yg diminta untukdiisi mulai dari data diri, nilai rapor sampai foto kondisi tempat tinggal . Hal tersebutdilakukan agar beasiswa Bidikmisi tepat target.

Beberapawaktu kemudian, aku menerima pengumuman SNMPTN bahwa aku lolos ke galat satuuniversitas negeri pada Jawa Tengah. FYI, saya hanya menentukan satu universitas,yaitu universitas negeri di kota tempat aku tinggal. Alasanku simple, aku tidakmau jauh menurut ibuku dan nir mau merepotkan ibuku dengan membayar kos jikadiluar kota jika saya nir diterima Bidimisi. Namun saya tidakditerima Bidikmisi maka aku akan mencabut pendaftaran SNMPTN-ku dan langsungdaftar kerja.

Terpautbeberapa saat berdasarkan pengumuman SNMPTN, Universitas sudah mulai melakukankegiatan ospek. Aku bingung apa yang wajib saya lakukan karena Bidikmisi belumada pengumuman padahal beberapa waktu sebelumnya rumah tempat tinggalku sudahdisurvey oleh pihak universitas. Tetapi menggunakan doa aku memantapkan langkahkuuntuk daftar ulang serta mengikuti aktivitas ospek.

Saatkegiatan ospek berlangsung, alhamdulillah saya mendapati pengumuman bahwa akuditerima beasiswa Bidikmisi. Aku sangat bahagia, lantaran menggunakan ini aku tidakakan menambah beban porto pengeluaran ibuku. FYI, saya hanya hayati bersama ibusejak SD karena suatu alasan.

BeasiswaBidikmisi menggratiskan semua porto perkuliahan mahasiswa serta setiap bulanmahasiswa menerima porto tunjangan hidup sebesar RP 650.000. Namun waktu ini, biayatersebut diakumulasikan serta diberikan setiap 6 bulan sekali sebesar Rp3.900.000, jadi mahasiswa Bidimisi wajib sahih-sahih bisa memakai uangtersebut menggunakan baik.


Menjadimahasiswa Bidikmisi mungkin buat sebagian orang tidaklah gampang. Hal tersebutdidasarkan lantaran aneka macam alasan yg seringkali dikeluhkan oleh beberapamahasiswa, misalnya menjadi berikut :

1.IP minimal 3,00
Mungkin buat sebagian mahasiswa beranggapan bahwasulitnya menerima ip 3,00. Namun engkau haruslah yakin bahwa angka tersebuttidaklah sulit serta kamu niscaya sanggup mendapatkannya. Syaratnya adalah denganbelajar dan berdoa insyaallah mampu!

2.Harus aktif dalam aktivitas UKM atau organisasi
Terkadang poly mahasiswa yg lebih suka menjadikupu-kupu (kuliah pergi-kuliah pulang). Namun sebagai mahasiswa Bidikmisidituntut buat aktif pada aktivitas organisasi, UKM atau aktivitas lainnya yangserupa. Buat kamu yang merasa ini sulit, ambillah sisi positifnya, engkau akanmemiliki banyak sahabat, poly pengalaman serta mengasah rasa sosial serta kemampuanteam work engkau .

3.Harus Membuat PKM
Untuk yang ini diterapkan diuniversitas tempatkuberkuliah, tapi pada universitas lain saya nir tahu.
PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa adalah suatuwadah buat memfasilitasi potensi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji,berbagi, dan menerapkan ilmu serta teknologi yang telah dipelajarinya dikuliah dan bermanfaat untuk warga luas.
Jadi disini mahasiswa Bidikmisi diwajibkan membuatproposal PKM, namun banyak mahasiswa yang mengeluh (termasuk saya) karenamenganggap membuat PKM adalah suatu yg sulit.

4.Berprestasi
Yang ini nir wajib , namun sebagai mahasiswaBidikmisi itu digadang-gadang sebagai mahasiswa yg pintar serta nggak afdolkalau nggak berprestasi.

5.Sanksi sosial
Kok mampu?
Jadi, menjadi mahasiswa Bidikmisi merupakan mahasiswayang didanai uang negara serta uang negara bersumber menurut rakyat. So, bila kamu mahasiswa Bidikmisi,berpakainlah sewajarnya lantaran apabila kamu berpakaian dengan gaya yang sepertiorang kaya dan ber-branded maka siap-siap engkau akan menjadi gunjingan mahasiswalain.

6.Tanggung jawab besar
Dibiayai menggunakan uang rakyat so niscaya kamumahasiswa Bidikmisi mempunyai tanggung jawab akbar karena kamu telah diamanahiuntuk memakai uang tersebut sebaik-baiknya untuk keperluan pendidikan. Namunkenyataannya terdapat yang beli hp, baju branded dan apalah itu.

Aku sangat berterima kasih pada Allah swt. Atassemua kebaikan ini sehingga saya bisa kuliah dan berharap masa depanku cerah danbisa membahagiakan orang tua. Aku pula sangat berterima kasih kepada pemerintahIndonesia yg telah menyelenggarakan beasiswa ini, terima kasih ini sangatberguna dan aku harap kita mahasiswa bidikmisi bisa mengharumkan serta memajukanIndonesia, Aaamiin...


Menjadiorang sukses bukan ditentukan oleh orang lain, namun dirimulah yangmenentukan dengan ridho Tuhan YME. Percayalah pada dirimu bahwa engkau mampu. Mungkinsaja sekarang ini engkau sedang bersusah payah, merasakan pahitnya kehidupan, danmungkin menerima hinaan. Biarlah orang lain menyepelekan kita karena kita orangtak berada. Tapi percayalah serta raihlah mimpimu. Hidup ini seperti mendakigunung, banyak rintangan, poly hambatan, tetapi pemandangannya latif.


Menjadi sukses nir wajib kuliah, sukses sanggup didapat menggunakan berbagai cara namun menggunakan kuliah kita akan mendapat ilmu dan pengalaman yg tidak akan tergantikan.

Itulahpengalamanku menjadi mahasiswa Bidikmisi.
Sekianpostingan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih...


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru