Pengertian Akulturasi Sinkretisme Milenarisme dan Adaptasi Lengkap Terbaru

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme serta Adaptasi Lengkap - Dalam sebuah interaksi antar budaya, kita seringkali mendengar kata akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun adaptasi. Hubungan antar budaya ini menciptakan sebuah pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme ataupun pengertian adaptasi antar budaya. Pada dasarnya kebudayaan bisa berubah sesuai menggunakan proses evolusi kebudayaan, proses penyebaran budaya menggunakan melakukan hubungan antar budaya serta sesuai dengan proses belajar mengenai budaya pada lingkup rakyat itu sendiri. Hal ini sesuai dengan pendapat Koentjaraningrat.
Selain itu menurut pendapat Koentjaraningrat menjelaskan bahwa masih ada beberapa inovasi yg ditimbulkan oleh adanya kesadaran warga akan kekurangan menurut budayanya sendiri. Hal inilah yg menjadi dasar terbentuknya penemuan baru terkait kebudayaan yang terdapat sehingga kebutuhan insan dapat terpenuhi. Tetapi terdapat beberapa inovasi yang berkaitan menggunakan masuknya budaya asing kedalam budaya masyarakat itu sendiri sehingga peran berdasarkan hubungan antar budaya tersebut sangat mayoritas. Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme serta pengertian adaptasi dalam hubungan antar budaya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme serta Adaptasi Lengkap

Setiap kelompok warga mempunyai hubungan budaya yg tidak sinkron beda sebagai akibatnya menyebabkan adanya perilaku saling menghipnotis satu sama lain. Tanpa kita sadari, kebudayaan sendiri sudah bercampur dengan kebudayaan asing lantaran adanya kontak antar budaya yang dilakukan. Selain itu masih ada faktor lain yang menyebabkan adanya pengambilan unsur budaya luar. Berdasarkan pendapat Koentjaraningrat, faktor tadi asal dari penjajahan pada masa kolonialisme sebelumnya. Bangsa Indonesia tanpa disadari telah melakukan kontak antar budaya sebagai akibatnya menyebabkan dampak pada perkembangan budaya lokal. Proses mempengaruhi tadi dapat terjadi secara akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun melalui adaptasi. Dibawah ini terdapat penjelasan tentang pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme serta pengertian adaptasi lengkap.

Akulturasi

Pengertian akulturasi adalah proses perubahan kebudayaan yg dilakukan dengan menyatukan budaya budaya yg tidak sama. Kebudayaan baru tadi timbul lantaran adanya penyerapan unsur kebudayaan asing kedalam unsur kebudayaan eksklusif namun tidak meninggalkan kebudayaan aslinya. Misalnya kebudayaan Hindu yang terus berkembang pada wilayah Bali. Walaupun kebudayaan Hindu masuk kedalam kebudayaan Bali, tetapi permanen tidak menghilangkan kebudayaan Bali yg orisinil. Bahkan terciptalah kebudayaan baru yang asal dari peleburan kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Bali.

Sinkretisme

Pengertian sinkretisme merupakan proses bertemunya dua kebudayaan yg berbeda unsur tetapi nir menghilangkan unsur budayanya masing masing. Perubahan budaya secara sinkretisme tidak sinkron menggunakan cara akulturasi. Hal yg membedakan antara sinkretisme serta akulturasi yaitu sinkretisme nir mengakibatkan adanya kebudayaan baru melainkan masih ada penyesuaian dalam kebudayaan usang. Misalnya proses sinkretisme Siwa Budha yaitu ajaran kepercayaan pada masa Kerajaan Majapahit. Ajaran Siwa menggunakan ajaran Budha mempunyai cita-cita keras untuk saling bersatu tanpa wajib membentuk kebudayaan yg baru. 

Milenarisme

Pengertian milenarisme adalah gerakan masyarakat yg tercipta atas kepercayaan warga akan pembebasan orang dari semua kesengsaraan serta penderitaaan melalui mediator seorang tokoh. Milenarisme dapat diklaim juga Mesianisme. Misalnya kepercayaan masyarakat akan kedatangan Ratu Adil pada Jawa.

Adaptasi

Pengertian adaptasi artinya proses perubahan kebudayaan dalam lingkungannya masing masing. Proses adaptasi bisa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  1. Adaptasi Evolusioner adalah proses perubahan kebudayaan masyarakat yg terjadi dalam saat yg lama , mulai dari taraf yg tinggi menuju taraf yang rendah.
  2. Adaptasi Konvergensi merupakan proses adaptasi kebudayaan yang terjadi antar beberapa bangsa menggunakan latarbelakang kebudayaan yg tidak sama tetapi syarat lingkungannya sama.
  3. Evolusi Paralel adalah perkembangan adaptasi dimana latarbelakang kebudayaannya hampir sama dan mempunyai syarat lingkungan yang sama juga.
  4. Cultur Area merupakan adonan berdasarkan kebudayaan beberapa suku bangsa menggunakan unsur yang sama sehingga bisa mempunyai arti yg jelas. Penggabungan kebudayaan ini dilakukan oleh para ahli antropologi.
  5. Pola Adaptasi Kebudayaan adalah pola adaptasi warga daerah tertentu untuk melindungi kelangsungan tempat tinggalnya supaya dapat bertahan hidup dalam situasi dan kondisi dalam daerah tadi.
Sekian penerangan tentang pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme dan pengertian adaptasi lengkap. Hubungan antar budaya bisa berlangsung secara akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun adaptasi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru