Pengertian Ciri ciri Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi Terbaru

Pengertian, Ciri karakteristik, Struktur serta Contoh Teks Cerita Fantasi - Cerita fantasi adalah sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal, tetapi mempunyai sifat imajinatif dan imajinasi semata. Umumnya unsur unsur serta struktur cerita fantasi ini seperti setting, alur, penokohan, pertarungan, ending dan lain sebagainya akan dibuat berlebihan dan terkesan nir akan pernah terjadi pada global nyata.
Teks cerita fantasi ini pada dasarnya termasuk kedalam kategori teks narasi yg notabennya adalah sebuah teks karangan fiksi semata yg alur atau rangkaian peristiwa umumnya memakai pola sebab akibat. Meskipin teks ini termasu pada karangan fiksi serta bersifat khayalan tetapi cerita ini umumnya menceritakan perkembangan kejadian atau peristiwa yang berawal berdasarkan prologue hingga epilogue yang telah melalui beberapa tahapan misalnya awal konfik, zenit konflik dan penyelesaian.

Ciri karakteristik cerita fantasi serta struktur cerita fantasi sendiri juga hampir sama dengan teks narasi yang terdiri menurut orientasi atau sosialisasi, perseteruan dan resolusi yg akhirnya merujuk ke ending (epilogue), Ending sendiri biasanya terdiri dari dua jenis ending yakni happy ending serta sad ending.
Baik teks narasi juga teks cerita fantasi mempunyai inspirasi dan tema dasar yg sebagai orientasi sentra pengebangan cerita. Dalam teks ini umumnya nir terdapat amanat karena tujuan cerita fantasi pada dasarnya merupakan sebatas buat menghibur pembacanya saja. Tetapi nir sedikit jua teks cerita fantasi ini mempunyai amanat yg bersifat implisit yg disisipkan oleh pengarang pada alur ceritanya.
Jika anda belum terlalu paham perbedaan ke 2 teks ini maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Teks Narasi, Ciri-karakteristik, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi
Contoh cerita fantasi sendiri pula bisa anda temukan dalam kehidupan sehari hari anda, terlebih lagi bila anda adalah orang yang senang membaca novel maupun menonton fiilm. Hal ini disebabkan lantaran film film dan novel yang tengah tersebar saat ini biasanya didominasi sang cerita yang bertemakan fantasi.

Pengertian, Ciri karakteristik, Struktur serta Contoh Teks Cerita Fantasi

Sama seperti teks pada umumnya khususnya teks narasi. Selain mempunyai pengertian, teks cerita fantasi ini juga mempunyai karakteristik karakteristik, struktur dan contoh cerita fantasi. Adapun penjelasan menurut struktur cerita fantasi dan ciri karakteristik cerita fantasi bersama contohnya merupakan menjadi ini dia.
Pengertian Cerita Fantasi
Teks cerita fantasi adalah teks yg hampir sama menggunakan teks narasi jika dipandang berdasarkan karakteristik ciri dan strukturnya, yakni sebuah cerita karangan yang memiliki alur normal tetapi bersifat imajinatif. Umumnya teks ini dibuat menggunakan alur, unsur unsur dan struktur cerita yg terkesan dilebih lebihkan yg bila dilogika dengan pikiran nir akan pernah terjadi pada dunia nyata.
Ciri ciri Cerita Fantasi
Sama seperti jenis teks dalam umumnyam cerita fantasi ini dapat dikatakan sebagai teks cerita fantasi bila memenuhi beberapa unsur serta karakteristik karakteristik dibawah ini. Ciri ciri cerita fantasi yg umum beredar merupakan menjadi berikut:

Ide cerita yang terbuka
Ide cerita pada cerita fantasi umumnya nir mempunyai batasan realita (kenyataan) serta bisa kembangkan sesuka pengarang. Tema dan pandangan baru yang diusung sang cerita fantasi umumnya merupakan mistis, supranatural, sci-fi, futuristik serta lain sebagainya.
Baca pula: Pengertian Teks Narasi, Ciri-karakteristik, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi
Terdapat keanehan, misterius, serta keajaiban
Jika anda mendapati sebuah teks cerita mengandung unsur keanehan, bersifat misterius misalnya mengandung unsur mistis maupun terdapat keajaiban yg nir bisa dilogika sang pikiran maka itu dapat menjadi karakteristik ciri cerita fantasi. Umunya segala keanehan serta keajaiban yg ada dalam cerita bersifat hiperbola seperti anda sedang membayangkan insan bersayap dan sanggup terbang tinggi atau lain sebagainya.
Baca pula: Cara Penulisan Daftar Pustaka yg Benar Beserta Contohnya
Cerita fantasi merupakan cerita yang bisa merubah apapun yang nir mungkin sebagai mungkin dengan cara menghidupkannya pada bentuk cerita. Hal ini disebabkan lantaran teks cerita fantasi merupakan sebuaht teks karangan cerita yg bersifat imajinatif (imajinasi yg diciptakan oleh pengarang).

Latar
Latar yg digunakan pada cerita fantasi dapat menembus ruang dan saat. Menembus ruang serta saat disini dalam artian merupakan terjadi pada suatu loka dan suatu waktu eksklusif seperti model cerita guardian of the galaxy yang mempunyai latar cerita pada planet Jupiter pada jaman masa depan. Padahal apabila dilogika lebih cermat, di planet jupiter tidak terdapat udara sama sekali. Namun dengan cerita fantasi ini segala yang tidak mungkin bisa sebagai mungkin.

Tokoh yg unik
Tokoh pada teks cerita fantasi umumnya mempunyai kelebihan tersendiri yang unik serta tidak selaras dari yang lain, Seperti pada cerita superman yg tokoh utamanya yakni clark kent (superman) mempunyai kekuatan super buat terbang, mengangkan beban jutaan kilogram dan mengeluarkan laser menurut matanya.
Baca pula: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Fiksi atau khayalan
Kerena bersifat fiksi dan adalah cerita khayalan semata, maka cerita fantasi ini nir akan sanggup dinalar oleh nalar pikiran jika dibandingkan dengan kehidupan pada global nyata.

Gaya bahasa
Gaya bahasa yg dipakai dalam cerita ini umumnya tidak harus selalu terikat memakai bahasa yg formal. Melainkan memakai bahasa yg bervariasi.
Struktur Cerita Fantasi
Struktur cerita fantasi umumnya hampir sama menggunakan struktur teks narasi yakni terdiri berdasarkan orientasi, konflik, resolusi dan ending. Adapun penjelasan menurut masing masing struktur merupakan sebagai berikut:
  1. Orientasi : Pengenalan atau orientasi adalah sebuah bagian dimana pengarang menaruh pengenalan mengenai penokohan, tema, serta sedikit alur cerita pada pembacanya.
  2. Konlik : Perseteruan sendiri adalah bagian dimana terjadi perseteruan dimulai berdasarkan awal perseteruan hingga menuju ke zenit permasalahan.
  3. Resolusi : Resolusi adalah penyelesaian berdasarkan perseteruan atau konflik yg tejadi. Resolusi sendiri merupakan bagian penentu yang akan mengarah dalam ending.
  4. Ending : Ending merupakan penutup cerita fantasi. Ending sendiri dapat dibedakan menjadi 2 yakni happy ending dimana tokoh primer menang dan hidup senang . Dan yg lain adalah sad ending dimana tokoh primer mangkat selesainya mencapai tujuan dan sebagainya.
Contoh Cerita Fantasi
Pada dasarnya contoh cerita fantasi dapat dibedakan sebagai cerita fantasi total serta cerita fantasi irisan. Berikut adalah model cerita fantasi yang bisa anda simak.

Contoh cerita fantasi tentang legenda putri bulan

Catur wuluan adalah seorang gadis pedesaan yang sangat muskin berwajah suram karena menderita jenis penyakit kulit aneh diwajahnya. Masyarakat desa akan menghindari dia lantaran takut ketika berpapasan menggunakan wulan. Untuk menutupi kekurangannya, akhirnya wulan selalu menggunakan epilog paras atau cadar.
Baca pula: 4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)
Disuatu malam yg sunyi wulan bermimpi aneh yakni bertemu dengan seorang pangeran bernama rangga. Dia merupakan seseorang putra raja nan ramah serta tampan. Keinginan wulan buat berkenalan menggunakan oleh pangeran membuat wulan semakin seringkali memimpikannya.

"Sudah wulan sudah, singkirkan mimpi konyolmu itu!" istilah bunda kepada wulan waktu tengah melihat anak perempuannya melamun pada ventilasi kamarnya. "Aku nir ingin menyakiti hati kecilmu itu. Kamu bebas ingin menyikai siapa, akan tetapi ibu hanya nir mau engkau akhirnya kecewa nanti" lanjut mak wulan dengan sangat lembut.

Sebenarnya yang ada dalam pikiran wulan sama dengan ibunya. Mimpi wulan memang terlalu tinggi. Orang orang daerah pedesaan saja takut saat berpapasan dengan wulan, apalagi saat pangeran rangga bertemu dengannya.

Disuatu malam, wulan termenung memandangi langit nan cerah tanpa awan. Bulan dapat bersinar menggunakan terperinci serta memancarkan cahaya keemasan. Di kurang lebih bulan nampak sekerumunan bintang yg berkelip.

"benar-benar manis malam ini" ujar wulan yg tengah takjub melihat fenomena alam tersebut. Tiba tiba wulan terpikir akan sebuah cerita tentang dewi bulan. Ia adalah dewi yang tinggal serta menghuni bulan. Dewi bulan mempunyai paras manis dan hati yang sangat baik. Dia sering turun ke bumi hanya buat membantu orang orang yang tengah dilanda kesusahan. Setiap ibu tentunya ingin anak perempuannya misalnya dewi bulan.

Sewaktu masih mini , wajah wulan juga nir kalah cantik menggunakan dewi bulan ungkap ibunya.
"Aku ingin sekali meminta dalam dewi bulan supaya wajah yg saya miliki sanggup secantik dulu lagi. Hmmm tapi tidak mungkin karenanya cuma dongen saja." wulan segera membuang harapannya jauh jauh. Setelah relatif puas menatap langit malam akhirnya wulan menutup jendela kamar dan beranjak tidur menggunakan perasaan sedih.

Wulan adalah gadis baik berhati sangat lembut yg gemar menolong sesama. Pada suatu sore, wulan tengah bersiap siap buat menjenguk seseorang nenek tua yg sedang sakit dan sekaligus mengantarkan kuliner padanya. Sepulan berdasarkan rumah nenek tua wulan merasa merasa kebingunan karena ia pulang kemalaman serta keadaan begitu gelap. Tiba datang munculah ratusan kunang kunang yg dari tuubuhnya memancarkan cahaya yang begitu terperinci.

"Terimakasih, kalian seluruh telah menerangi jalanku buat pulan" ujar wulan menggunakan perasaan lega. Akhirnya wulan berjalan dan terus berjalan namun wulan menyadari bahwa ia sudah cukup jauh berjalan tetapi nir kunjungsampai kerumahnya.

"sepertinya saya tersesat masuk kedalam hutan" Gumam wulan menggunakan panik. Ternyata ratusan kunang kunang tadi telah membawa wulan masuk jauh kedalam hutan.

"Jangan takut pada kami wulan, kami seluruh membawamu kesini supaya wajahmu yang kini bisa disembuhkan misalnya dulu lagi" ujar kunang kunang.

"hah? Engkau ?? Engkau sanggup bicara?" tanya wulan sambil menatan keliru seekor kuang kunang.
"kami semua adalah utasan dewi bulan" Tegas kunang kunang yg paling akbar serta paling bersinar.

Akhirnya wulan tiba disebuah danau ditengah hutan. Para kunang kunang pun akhirnya beterbangan ke langit. Perlahan bersamaan menggunakan hilangnya kunang kunang, awan yg terdapat dilangit akhirnya juga ikut menyibab dan keluarlah cahaya bula purnama berwarna keemasan.

"Indah sekali sinar bulan malam ini" Sekali lagi wulan takjub melihat fenomena alam tadi. Wulan mengamati pantulan bulan pada bagian atas air di tepi danau. Bayangan bulan tadi sangat sempurna serta memantulkan sinar keemasan. Tiba datang berdasarkan bayangan bulan tersebut munculah perempuan berparas sangat cantik.

"Si....siapa engkau ? Tanya wulan dengan perasaan takut.

"Aku adalah dewi bulan. Aku ada disini untuk membantu menyembuhkanmu" ucap dewi bulan menggunakan sangat lembut.
"selama ini kamu sudah menerima banyak sekali ujian. Lantaran kebaikan yang ada pada hatimu. Kamu akan aku berikan air sakti yang bisa membuat wajahmu manis pulang. Terimalah air kecantikan ini serta basuhlah wajahmu!" lanjut dewi bulan.

Dengan gemetar wulan mendapat sebuah botol berisi air. Secara perlahan dewi bulan pulang masuk kedalam bayangan pantulan bulan di permukaan air di tepi danau serta menghilang. Akhirnya wulan segera membasuh wajahnya dengan air kecantikan hadiah dewi bulan. Tanpa disadari wulan tertidur pada sana.

Sungguh ajaib air yg diberika dewi bulan. Ketika bangun tidur wulan mendapati dirinya terbangun pada ranjang loka tidurnya dirumah. Dan saat bercermin begitu kagetnya wulan melihat wajahnya cantik dan lembut seperti dulu lagi. Ibu wulan pun ikut gembira bercampur heran.

Akhirnya kecantikan wulan menyebar seiring berjalanya ketika sampai terdengar di telinga pangeran rangga. Karena penasaran menggunakan rumor serta cerita yang beredar akhirnya sang pangeran pergi untuk mencari tau kebenarannya. Akhirnya wulan serta pangeran rangga bisa bertemu serta berkenalan.

Itulah artikel tentang Pengertian, Ciri karakteristik, Struktur serta Contoh Teks Cerita Fantasi yg bisa anda simak sebagai bahan materi. Selalu jangan lupa bahwa struktur cerita fantasi mempunyai persamaan menggunakan cerita narasi. Sedangkan contoh cerita fantasi bisa anda temukan dalam kehidupan serta keseharian anda. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru