Pengertian Ciriciri Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi Terbaru

Pengertian, Ciri-karakteristik, Jenis serta Contoh Paragraf Argumentasi - Paragraf argumentasi adalah suatu jenis paragraf yang bersifat mengemukakan pendapat menggunakan disertai alasan yg bertenaga dari data atau fakta yg terdapat. Pengertian paragraf argumentasi dalam dasarnya berbeda-beda dari para ahli, sebagian mengungkapkan bahwa paragaraf argumentasi merupakan sebuah paragraf yang bersifat meyakinkan pembaca serta mensugesti pembaca menggunakan keterangan yang terdapat dalam paragraf, sebagian lagi beranggapan bahwa paragraf argumentasi adalah suatu paragraf yg berisikan pendapat yang didasari oleh fakta dan data yang terdapat tanpa tujuan mempengaruhi pembaca.
Contoh paragraf argumentasi umumnya dapat kita temui menggunakan gampang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bentuk cetak atau tulisan. Ketika kita saling berbincang berpendapat antar sesama menggunakan menggunakan bahasa yag terkesan argumentatif maka perbincangan tadi telah termasuk dalam model paragraf argumentasi secara verbal.
Dalam global pendidikan, paragraf argumentasi bisa kita temukan menggunakan mudah pada jenjang sekolah menengah bawah hingga atas. Pengertian serta model paragraf argumentasi menjadi materi yang harus dikuasai oleh murid siswa sekolah karena materi ini kerap kali dijadikan menjadi bahan untuk ujian.

Namun sebenarnya apa pengertian paragraf argumentasi? Apa model paragraf argumentasi dalam kehidupan sehari-hari? Untuk menjawab pertanyaan tadi marilah kita simak artikel dibawah ini. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih pada tentang pengertian, karakteristik serta contoh paragraf argumentasi secara lengkap.
Pengertian, Ciri-karakteristik, Jenis serta Contoh Paragraf Argumentasi
Pada dasarnya paragraf argumentasi adalah suatu paragraf biasa seperti pada umumnya yg mengandung pendapat serta disampaikan menggunakan bahasa argumentatif. Sebenarnya tanpa melihat penerangan pun anda dapat mencicipi secara langsung misalnya apa paragraf argumentasi saat anda sedang berpendapat atau berargumen.
Pengertian Paragraf Argumentasi
Pengertian paragraf argumentasi merupakan paragraf yg mempunyai gagasan utama berupa pendapat dan dikembangkan menurut penjabaran, bahasan, ulasan maupun ilham langsung dari sang penulis. Umumnya paragraf ini bertujuan buat meyakinkan dan mensugesti pembacanya supaya memiliki argumen atau pendapat yg sama menggunakan penulis.
Umumnya pragraf ini disampaikan dengan menaruh fakta aktual serta seksama seperti data, hasil menurut penelitian, teori pakar dan ahli, serta lain sebagainya. Hal ini bertujuan buat menguatkan pendapat atau argumen dalam paragraf tersebut sehingga tidak terkesan misalnya omong kosong belaka. Ketika pembaca telah mengetahui liputan serta data maka secara perlahan mereka akan merasa konfiden serta satu pemikiran menggunakan apa yang telah disampaikan dalam paragraf tersebut.
Kerap kali orang galat mengartikan antara paragraf eksposisi serta paragraf argumentasi. Memang sekilas ke 2 paragraf tersebut memiliki kesamaan yakni sama sama mempunyai data yang aktual menurut informasi yg terdapat. Namun secara penggunaan dan fungsi keduanya jauh tidak sama. Paragraf eksposisi bertujuan buat memaparkan atau memberikan penerangan saja, sedangkan paragraf argumentasi memakai penerangan tersebut buat mensugesti pendapat pembaca agar sejalan dengan argumentasi kita.
Jika anda masih merasa bingung mengenai perbedaan paragraf eksposisi serta paragraf argumentasi maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur serta Contoh Teks Eksposisi.
Ciri-karakteristik Paragraf Argumentasi
Sebuah paragraf bisa dikatakan sebagai paragaraf argumentasi apabila memiliki karakteristik-karakteristik dibawah ini:
  1. Berisi argumen, pandangan, pendapat dan keyakinan tentang suatu pertarungan.
  2. Menggunakan data yg bersifat faktual atau liputan.
  3. Mengedepankan analisa serta akal pada melakukan klasifikasi.
  4. Memiliki kalimat penutup atau kesimpulan menjadi kalimat penegas. 
Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi
Berdasarkan topiknya paragraf argumentasi dapat dibedakan sebagai 2 jenis yakni paragraf argumentasi sebab dampak serta paragraf argumentasi akibat sebab.

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat
Seperti judulnya paragraf ini selalu diawali dengan pendapat berupa penyebab menurut sebuah permasalahan. Penyebab ini akhirnya akan membuat sebuah akibat, akibat inilah yang nantinya akan sebagai konklusi.
Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab
Berbeda dengan sebelumnya, paragaraf ini memiliki susunan terbalik yakni dimuali menggunakan pendapat berupa dampak suatu permasalahan. Dari dampak ini akan dianalisa serta membentuk sebab karena.

Contoh Paragraf Argumentasi
Dikarenakan paragraf ini terbagi pada dua jenis maka saya akan menaruh model berdasarkan masing-masing jenis tersebut.

Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Akibat
Tingkat pendidikan di Indonesia masih snagat tertinggal jauh apabila dibandingkan dengan Negara lain. Tidak perlu mencari contoh jauh-jauh, Bahkan menggunakan Negara tetangga misalnya Singapura serta Malaysia, Negara kita masih tertinggal jauh dalam bidang pendidikan. Hal ini dapat kita lihat berdasarkan jumlah lulusan perguruan tinggi yang terdapat pada Negara tetangga sedangkan pada Indonesia sendiri tingkat lulusan perguruan tinggi masih sangatlah rendah. Umumnya lulusan perguruan tinggi dari menurut daerah perkotaan serta megapolitan misalnya jakarta, semarang, serta yogyakarta. Sedangkan sangat sporadis ditemui lulusan yg dari menurut daerah tertinggal seperti NTB, NTT, Papua, serta kalimantan. Peristiwa ini ditimbulkan karena kurang meratanya pendidikan pada indonesia. Selain pendidikan yang nir merata, faktor ekonomi serta kesadaran warga akan pentingnya pendidikan bagi masa depan pula belum tumbuh. Terbatasnya pengajar profesional juga sebagai kendala pendidikan di Negeri ini, selain itu pemerintah sendiri jua kurang memperhatikan kenyataan ini. Jika insiden ini terus berlangsung berdasarkan generasi kegenerasi maka akibatnya indonesia akan mengalami keterpurukan serta kalah bersaing menggunakan SDM menurut luar negeri.
Contoh Kedua
Musim penghujan merupakan momok bagi sebagian warga yg tinggal di kota megapolitan misalnya jakarta. Betapa nir, setiap ekspresi dominan penghujan datang debit air pada beberapa sungai selalu semakin tinggi, bila peningkatan ini terjadi setiap hari maka usang kelamaan air akan meluap. Ditambah dengan tumpukan sampah di sungai menyebabkan pendangkalan sungai semakin cepat terjadi. Jika pemerintah tetap tutup mata menggunakan peristiwa ini maka air sungai yg meluap bisa menyebabkan banjir. Tidak hanya itu, sampah yang ikut terbawa banjir jua bisa mengakibatkan penyakit pada warga sekita.
Contoh Paragraf Argumentasi Akibat Sebab
Indonesia adalah negara yg kaya akan sumberdaya alam, Mulai dari tambang batu bara, hutan hujan hingga sektor bahari pada biasanya bisa dimaksimalkan buat mendongkrak pendapatan negara. Tetapi pada kenyataannya hampir 1/2 berdasarkan suber daya alam yang kita miliki sudah dikuasai sang investor asing. Peristiwa ini disebabkan lantaran kurangnya kemampuan Negara Indonesia buat mengolah sumberdaya tersebut. Disamping itu faktor pengetahuan serta keterampilan pemerintah indonesia pula masih sangat kurang bila dibandingkan dengan investor menurut luar negeri.
Sekian artikel kali ini yang menyebutkan Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri-karakteristik, Jenis serta Contoh Paragraf Argumentasi yg dapat saya sampaikan. Kesimpulan menurut materi ini adalah paragraf argumentasi merupakan sebuah paragaraf yg bersifat membicarakan pendapat serta mensugesti pembaca agar satu pendapat dengan kita. Sedangkan model paragraf argumentasi dalam dasarnya dapat anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru