Pengertian Contoh Konsep Aglomerasi

Halo teman-sahabat sekalian, telah usang saya tidak nulis artikel pada blog ini karena kesibukan kerja. Kali ini saya akan berikan penerangan tentang pengertian dan contoh konsep aglomerasi. Konsep geografi ini merupakan materi dasar pada geografi dan wajib dipahami dengan benar. Soal konsep geografi ini selalu timbul pada Ujian Nasional lho!. Oke, galat satu konsep geografi merupakan aglomerasi. Aglomerasi merupakan suatu kata yang mendeskripsikan suatu gejala pemusatan kegiatan yang berkaitan menggunakan motif ekonomi.

Mengapa mampu terjadi aglomerasi?. Aglomerasi ekonomi khususnya yg berkaitan menggunakan industri banyak terjadi pada era globaliasi ketika ini lantaran:
1. Persaingan global industri semakin ketat
2. Buat efektifitas serta efisiensi aktivitas 
3. Meningkatkan kuantitas serta kualitas hasil industri
4. Lebih gampang memasarkannya ke konsumen
5. Bisa menekan biaya produksi
6. Pemerataan lokasi-lokasi industri pada banyak sekali daerah
Coba deh jika engkau lewat tol Cikampek pastinya akan terdapat papan yg menerangkan Kawasan Industri bukan?. Itulah contoh berdasarkan adanya kenyataan aglomerasi pada Indonesia. Semua aktivitas industri dilakukan di sana. Keberhasilan suatu aglomerasi banyak dipengaruhi sang aneka macam faktor diantaranya kualitas SDM, situasi politik, kapital, teknologi serta manajemen. Jadi aglomerasi adalah hal masuk akal di era industri serta globalisasi saat ini. Berbagai perusahaan berlomba buat menjadi yg terbaik dan menerima keuntungan sehingga dapat melakukan perluasan bisnis secara cepat.

Lawan kata berdasarkan aglomerasi merupakan deglomerasi atau penyebaran lokasi industri. Lalu apakah aglomerasi itu menguntungkan?. Ada laba serta kerugiannya bagi aneka macam sisi kehidupan. Mau memahami?. Cek nanti di postingan selanjutnya. 

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI