Pengertian dan Ciri Zat Padat Cair dan Gas Beserta Perubahan Wujudnya Terbaru

Pengertian serta Ciri Zat Padat, Cair serta Gas Beserta Perubahan Wujudnya - Kita tak jarang mendengar istilah mengenai zat padat, zat cair maupun zat gas. Ketiga zat ini acapkali berhubungan dengan kehidupan kita sehari hari. Bahkan tanpa disadari kita telah mengerti mengenai pengertian zat padat, pengertian zat cair, pengertian zat gas, ciri ciri zat padat, ciri ciri zat cair, ciri ciri zat gas dan perubahan wujud zat padat, cair juga zat gas. Misalnya zat gas seringkali kita rasakan waktu bernafas. Sistem pernafasan pada tubuh kita yaitu menyerap gas Oksigen dan mengeluarkannya pulang dalam bentuk gas Karbon Dioksida. Adapula model lain yaitu zat cair misalnya kita meminum air putih saat sedang haus. Air putih tadi merupakan wujud dari zat cair.
Untuk contoh zat padat banyak sekali kita jumpai. Misalnya kita memegang kitab , pulpen serta sebagainya. Buku serta pulpen tersebut adalah wujud menurut benda/zat padat. Selain contoh ketiga zat tersebut adapula perubahan wujud zat padat menjadi cair juga sebagai gas bahkan kebalikannya. Misalnya es mencair menjadi air, hal ini menandakan adanya perubahan zat padat menjadi zat cair. Nah pada pembahasan kali ini aku akan menyebutkan tentang pengertian zat padat, pengertian zat cair, pengertian zat gas, ciri karakteristik zat padat, karakteristik ciri zat cair, karakteristik karakteristik zat gas serta perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada bawah ini.

Pengertian serta Ciri Zat Padat, Cair serta Gas Beserta Perubahan Wujudnya

Benda benda yang masih ada disekeliling kita asal dari materi atau zat eksklusif. Benda tersebut memiliki zat penyusun yg berkebalikan dengan wujud atau jenisnya. Tetapi secara umum zat mempunyai dua sifat yaitu mempunyai massa dan menempati ruang. Dengan begitu kita memperoleh pengertian zat yaitu sesuatu hal yang mempunyai massa dan menempati ruang. Zat ini terdiri berdasarkan zat padat, cair serta gas. Adapun pengertian zat padat, pengertian zat cair, pengertian zat gas, ciri karakteristik zat padat, karakteristik ciri zat cair, karakteristik ciri zat gas dan perubahan wujud zat padat, cair juga zat gas misalnya dibawah ini:

Zat Padat

Pengertian zat padat ialah materi yg memiliki volume dan bentuk tertentu. Penyusunan partikel zat padat bisa dilakukan menggunakan 2 cara yaitu disusun menggunakan nir teratur juga disusun menggunakan baris yg rapi dan teratur. Zat padat yg penyusunan partikelnya secara rapi serta teratur dinamakan kristal. Misalnya es, logam, kristal garam serta intan. Sedangkan zat padat yg penyusunannya nir teratur dinamakan amorf. Zat padat ini mempunyai tekstur yg elastis serta mengkilat. Misalnya plastik, lilin, karet dan kaca.

Sesuai dengan pengertian zat padat diatas, bentuk zat ini sulit buat diubah sebagai kecil meskipun menggunakan cara ditekan maupun dimampatkan. Hal ini dikarenakan adanya gaya tarik menarik yg terjadi antara partikel partikel yang ada. Meskipun partikel tadi bergetar tetapi permanen terikat kedap menggunakan tempatnya. Dibawah ini terdapat beberapa karakteristik karakteristik zat padat yg mencakup:
  • Volume dan bentuknya tetap.
  • Volume zat padat tetap meskipun berpindah loka.
  • Zat padat pada umumnya mempunyai bentuk kristal ataupun amorf.
Selain ciri karakteristik zat padat diatas, adapula beberapa sifat zat padat yaitu memiliki letak yang sangat berdekatan, memiliki gerakan yang tidak bebas (berputar atau bergetar ditempat), dan mempunyai susunan yang teratur.

Zat Cair

Pengertian zat cair merupakan zat yg memiliki molekul sinkron dengan bentuk wadahnya sehingga bisa berkecimpung saling melewati menggunakan bebas. Zat cair tersebut memiliki bentuk yang sesuai dengan wadah yg ditempatinya. Nama lain zat cair ialah fluida atau zalir. Zat cair pula memiliki partikel yang susunannya kedap seperti halnya yg dimiliki oleh zat padat. Namun partikel zat cair memiliki energi yg dapat mencegah adanya gaya tarik disetiap molekul yang berdekatan ataupun saling bergeser melewatinya.
Berdasarkan pengertian zat cair pada atas dapat kita simpulkan bahwa zat ini memiliki bentuk yang sesuai dengan tempatnya. Contohnya air yang dimasukkan ke pada gelas. Air tersebut akan berbentuk seperti gelas menggunakan volume yang tetap. Kejadian tersebut bisa terkadi karena penyusunan partikel pada zat cair saling berjauhan menggunakan partikel lainnya. Zat cair memiliki ikatan yang lemah antar pastikelnya sebagai akibatnya gerakan partikel tersebut lebih bebas. Adapun beberapa karakteristik ciri zat cair yang meliputi:
  • Memiliki bentuk yg berubah ubah.
  • Memiliki volume tetap.
  • Bentuknya sesuai dengan wadah yang ditempatinya.
  • Partikelnya memiliki ikatan yg lemah.
  • Penyusunan partikel dalam zat cair renggang dan kurang teratur.
Selain karakteristik ciri zat cair diatas, adapula sifat zat cair yaitu letak antar partikelnya berdekatan, memiliki susunan yg kurang teratur, dan bisa bergeser sesuai tempatnya karena memiliki gerakan yang sedikit bebas namun tidak terlepas dari kelompoknya.

Zat Gas

Pengertian zat gas merupakan materi yg mempunyai bentuk dan volume yg berubah ubah tergantung wadah yg ditempatinya. Misalnya ban sepeda, balon, gelas kosong, ban kendaraan beroda empat, botol kosong dan sebagainya. Adapun beberapa karakteristik ciri zat gas yang meliputi:
  • Bentuk zat gas berubah ubah.
  • Volume zat gas berubah ubah.
  • Partikel zat gas tersusun saling berjauhan serta tidak teratur.
  • Partikelnya memiliki ikatan yg sangat lemah.
  • Bentuknya mengikuti wadah yang ditempatinya.
Selain ciri karakteristik zat gas diatas, adapula sifat zat gas yaitu letak antar molekulnya berjauhan, memiliki susunan yang tidak teratur, serta bisa bergeser menurut wadahnya lantaran bebas bergerak sebagai akibatnya dapat terlepas dari kelompoknya. Selain itu zat gas dapat memenuhi ruangan yg ditempatinya.

Perubahan Wujud Zat

Zat padat, cair serta gas bisa berubah wujud sinkron dengan suhu yg diperolehnya. Dalam ilmu Fisika terdapat beberapa perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas. Perubahan wujud secara Fisika ini bisa mengganti zat tadi pulang seperti semula. Namun apabila perubahan wujud terjadi secara Kimia maka zat tadi tidak dapat pulang seperti semula karena akan menghasilkan zat baru.
Adapun perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas yang terjadi secara Fisika yaitu:
  1. Membeku adalah perubahan wujud berdasarkan zat cair menjadi zat padat. Misalnya pembekuan es batu.
  2. Mencair merupakan perubahan wujud berdasarkan zat padat menjadi zat cair. Misalnya proses pembakaran lilin, es yang mencair, dan lain lain.
  3. Mengembun ialah perubahan wujud menurut zat gas menjadi zat cair. Misalnya tetesan embun dipagi hari.
  4. Menyublim ialah perubahan wujud berdasarkan zat padat sebagai zat gas. Misalnya kapur barus yg lama kelamaan akan habis dengan sendirinya.
  5. Menguap adalah perubahan wujud dari zat cair sebagai zat gas. Misalnya air yg berubah sebagai uap air.
  6. Mengkristal (Deposisi) artinya perubahan wujud dari zat gas menjadi zat padat. Misalnya kristal.
Sekian penjelasan tentang pengertian zat padat, pengertian zat cair, pengertian zat gas, ciri karakteristik zat padat, ciri karakteristik zat cair, karakteristik karakteristik zat gas dan perubahan wujud zat padat, cair maupun zat gas. Ketiga bentuk zat (padat, cair serta gas) tadi mempunyai ciri yg tidak selaras beda. Selain itu dapat berubah wujud secara Fisika maupun Kimia. Semoga artikel ini berguna. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI