Pengertian dan Contoh Kalimat SPOK Terlengkap Terbaru

Pengertian serta Contoh Kalimat SPOK Terlengkap - Kalimat Bahasa Indonesia terbagi sebagai beberapa jenis yaitu kalimat beragam, kalimat kritikan, kalimat setara dan jenis kalimat lainnya. Tetapi dalam dasarnya secara generik kalimat mempunyai pola SPOK yg terdiri menurut Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan serta Pelengkap. Apa pengertian kalimat SPOK itu? Bagaimana contoh kalimat SPOK? Jenis kalimat ini mengandung unsur unsur dalam umumnya. Unsur unsur tersebutlah yang membuahkan sebuah kalimat memiliki arti serta makna eksklusif.
Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil yg berbentuk goresan pena ataupun ekspresi menggunakan serangkaian kata yang mempunyai pesan atau makna eksklusif. Sebuah kalimat dapat menjadi baik serta sahih apabila mengandung unsur unsur seperti Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Keterangan (K) serta Pelengkap (P). Kali ini saya akan membahas tentang pengertian kalimat SPOK dan contoh kalimat SPOK lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian serta Contoh Kalimat SPOK Terlengkap

Pengertian kalimat SPOK adalah jenis kalimat yg mengandung unsur kalimat seperti subjek, predikat, objek, serta fakta bahkan dapat dibubuhi pula menggunakan pelengkap. Jenis kalimat tersebut merupakan jenis kalimat lengkap karena didalamnya masih ada serangkaian unsur yang utuh. Dibawah ini masih ada penjelasan masing masing unsur pada kalimat tersebut:

Subjek
Dalam model kalimat SPOK umumnya terdapat unsur Subjek didalamnya. Subjek adalah orang atau pelaku pada kalimat yang menjalankan sebuah kegiatan tertentu. Subjek tersebut bisa berupa istilah benda, contohnya binatang, benda, nama orang, maupun flora. Adapun contoh menurut subjek yaitu Gajah, Sekolah, Budi, Mawar dan sebagainya.
Baca jua : Pengertian dan Contoh Kalimat Larangan Bahasa Indonesia Terlengkap
Predikat
Predikat juga adalah unsur yg terkandung dalam model kalimat SPOK. Predikat merupakan unsur kalimat yg merujuk dalam aktivitas subjek. Predikat tersebut dapat berupa kata kerja. Contohnya bermain, mencuci, menyanyi, mengolah, serta sebagainya.

Objek
Selanjutnya dalam model kalimat SPOK juga masih ada unsur objek. Objek artinya unsur kalimat yg berupa tindakan subjek terhadap sesuatu hal. Objek tadi bisa berupa kata benda. Contohnya sandang, Ayah, singa, serta sebagainya.
Keterangan
Unsur yg terakhir dalam contoh kalimat SPOK merupakan informasi. Keterangan merupakan unsur kalimat yg berupa penerangan dimana, bagaimana serta kapan peristiwa tersebut terjadi, lalu disusun dalam bentuk kalimat. Unsur warta tersebut masih bisa dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  • Keterangan waktu, contohnya jam 8 malam, pada ekspresi dominan hujan, pada hari senin serta sebagainya.
  • Keterangan tempat, misalnya pada kampus, di desa, di tempat tinggal serta sebagainya.
  • Keterangan tujuan, misalnya agar sehat, supaya nilainya rupawan, buat bertemu keluarganya dan sebagainya.
  • Keterangan penyerta, misalnya ditemani adiknya, bersama ibunya, dengan kakaknya dan sebagainya.
  • Keterangan cara, misalnya menggunakan bersemangat, menggunakan cepat, dengan serius, dan sebagainya.
  • Keterangan alat, contohnya menggunakan sendok, memakai mobil, menggunakan pisau, dan sebagainya.
Pelengkap
Pelengkap bisa dimasukan ke pada model kalimat SPOK ataupun nir. Pelengkap adalah unsur kalimat yg memiliki fungsi menyerupai objek. Namun dalam kalimat pasif, pelengkap nir bisa diubah menjadi Subjek. Letak pelengkap umumnya berada sesudah objek atau predikat. Misalnya saudara termuda menggunakan jaket yang rupawan, gelas itu berisi juz apel.

Contoh Kalimat SPOK
Setelah mengenal unsur unsur dalam kalimat SPOK. Selanjutnya aku akan memberikan beberapa contoh kalimat SPOK yang meliputi:
  • Jojo membantu Ina menggunakan tulus.
  • Ibu mengenakan gaun baru ke pesta besuk malam.
  • Adik membeli mie ayam pada depan rumah.
  • Presiden melantik Gubernur Jakarta besuk pada pukul 10 pagi.
  • Adik bermain kapal kertas pada kamar mandi.
  • Ana belajar Bahasa Indonesia dengan benar-benar benar-benar.
  • Saya memperhatikan pelajarannya dengan serius.
  • Montir itu memperbaiki mobil dengan menggunakan tang.
  • Mereka menyekap Ani dirumah kosong.
Selain model kalimat SPOK diatas adapula contoh kalimat lainnya yg hanya mengandung beberapa unsur. Didalamnya hanya terdapat unsur subjek dan predikat, juga unsur unsur lainnya. Syarat sebuah kata bisa sebagai kalimat artinya mengandung paling sedikit 2 unsur yaitu Subjek dan Predikat. Misalnya : Ayah pulang.
Baca jua : 20 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar
Kalimat Bahasa Indonesia dalam umumnya mempunyai 8 pola dasar yang bisa dikembangkan. Contoh kalimat SPOK merupakan galat satu pola dasar dalam kalimat Bahasa Indonesia. Berikut contoh pola dasar kalimat Bahasa Indonesia yaitu:

S-P (Subjek-Predikat)
Pola dasar kalimat Bahasa Indonesia yang pertama merupakan SP. Pola dasar ini hanya mengandung unsur subjek serta predikat saja. Adapun model kalimat menggunakan pola S-P yaitu:
  • Ibu tiba.
  • Adik pulang.
  • Kakak belajar.
S-P-O (Subjek-Predikat-Objek)
Pola dasar kalimat Bahasa Indonesia selanjutnya adalah SPO. Pola dasar ini mengandung unsur subjek, predikat serta objek. Adapun contoh kalimat menggunakan pola S-P-O yaitu:
  • Saya minum air.
  • Adik makan nasi.
S-P-Pel (Subjek-Predikat-Pelengkap)
Pola dasar kalimat Bahasa Indonesia selanjutnya artinya SPPel. Pola dasar ini mengandung unsur subjek, predikat dan pelengkap. Adapun contoh kalimat menggunakan pola S-P-Pel yaitu:
  • Saya minum yg anggun.
  • Saya makan yg pedas.
S-P-O-Pel (Subjek-Predikat-Objek-Pelengkap)
Pola dasar kalimat Bahasa Indonesia selanjutnya ialah SPOPel. Pola dasar ini mengandung unsur subjek, predikat, objek serta pelengkap. Adapun contoh kalimat dengan pola S-P-O-Pel yaitu:
  • Saya makan mie yang pedas.
  • Saya makan mangga yang belia.
S-P-O-Pel-K (Subjek-Predikat-Objek-Pelengkap-Keterangan)
Pola dasar kalimat Bahasa Indonesia selanjutnya adalah SPOPelK. Pola dasar ini mengandung unsur subjek, predikat, objek, pelengkap dan kabar. Adapun contoh kalimat dengan pola S-P-O-Pel-K yaitu:
Baca jua : Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap
  • Saya makan mie yg pedas menggunakan lahap.
  • Saya makan mangga yg belia dengan lahap.
S-P-K (Subjek-Predikat-Keterangan)
Pola dasar kalimat Bahasa Indonesia selanjutnya adalah SPK. Pola dasar ini mengandung unsur subjek, predikat, dan liputan. Adapun contoh kalimat dengan pola S-P-K yaitu:
  • Saya tidur menggunakan nyenyak.
  • Saya makan dengan kenyang.
S-P-O-K (Subjek-Predikat-Objek-Keterangan)
Pola dasar kalimat Bahasa Indonesia selanjutnya adalah SPOK. Pola dasar ini mengandung unsur subjek, predikat, objek dan berita. Adapun model kalimat SPOK yaitu:
  • Saya makan nasi pada tempat tinggal .
  • Saya mengolah nasi goreng pada dapur.
S-P-Pel-K (Subjek-Predikat-Pelengkap-Keterangan)
Pola dasar kalimat Bahasa Indonesia yang terakhir merupakan SPPelK. Pola dasar ini mengandung unsur subjek, predikat, pelengkap dan fakta. Adapun contoh kalimat menggunakan pola S-P-Pel-K yaitu:
  • Saya makan yang anggun dengan kenyang.
Sekian penjelasan tentang pengertian kalimat SPOK serta contoh kalimat SPOK lengkap. Kalimat SPOK umumnya dapat berdiri sendiri serta termasuk kalimat relatif yg disertai dengan intonasi. Kalimat SPOK dapat dijadikan asal informasi karena didalamnya masih ada unsur unsur yg lengkap buat sebuah kalimat. Semoga berguna. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI