Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Beserta CiriCirinya Terbaru

Pengertian Teks Deskripsi serta Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri-Cirinya – Teks pelukisan adalah sebuah teks paragraf yg berisikan penerangan atau gambaran berdasarkan suatu objek, tempat, serta sebagainya sesuai menggunakan topik yg disajikan pada pembaca supaya pembaca bisa mengetahui topik yang dijelaskan atau digambarkan dalam teks tersebut secara terang dan jelas. Menurut pernyataan diatas bisa ditarik konklusi bahwa pengertian teks pelukisan adalah teks yg berbentuk paragraf yg menggambarkan atau menyebutkan mengenai suatu objek, tempat, orang serta lain sebagainya.
Berdasarkan pengertian teks deskripsi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa teks pelukisan digunakan buat menaruh citra jelas mengenai suatu hal, kejadian atau peristiwa. Tidak hanya itu teks pelukisan pula dapat digunakan buat menaruh citra kabar tentang seorang, misalnya model teks deskripsi tentang seniman, presiden, ayah, ibu, dan sebagainya.
Contoh teks deskripsi pada dasarnya sudah banyak tersebar baik secara online maupun pada bentuk cetak atau tertulis. Dalam kehidupan sehari-hari contoh teks pelukisan bisa menggunakan gampang kita temukan pada bentuk majalah maupun surat berita lainnya.
Sama seperti teks lain dalam biasanya. Disamping pengertian serta model, teks deskripsi pula mempunyai ciri-karakteristik khusus buat membedakannya menggunakan jenis teks lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian teks deskripsi dan contoh teks deskripsi bersama karakteristik-cirinya.

Pengertian Teks Deskripsi serta Contoh Teks Deskripsi Beserta Ciri-Cirinya
Untuk dapat tahu apa itu teks pelukisan tentunya terlebih dahulu kita harus memahami pengertian teks deskripsi. Langsung saja kita simak artikel mengenai pengertian serta contoh teks deskripsi dibawah ini
Pengertian Teks Deskripsi
Seperti yg telah saya jelaskan sebelumnya, teks pelukisan adalah sebuah teks berbentuk paragraf yg didalamnya berisikan penerangan berdasarkan suatu objek, tempat, serta lain sebagainya sesuai dengan topik bahasan dengan bahasa yg singkat kentara dan mudah dipahami. Teks deskripsi disajikan kepada pembaca menggunakan tujuan agar pembaca bisa mengetahui topik yg dijelaskan atau digambarkan pada teks tadi secara terang dan jelas.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi
Teks deskripsi memiliki karakteristik  yang dapat membantu kita pada mengenali jenis menurut sebuah teks adalah teks dikripsi. Berikut di bawah ini terdapat beberapa karakteristik berdasarkan teks deskripsi :
  1. Berisikan penggambaran atau penjelasan suatu objek 
  2. Penggambaran atau penjelasan suatu objek yg sebagai topik di tuliskan secara detail, merupakan penjelasan atau penggambaran pada pada teks deskripsi akan menciptakan pembacanya mengerti secara kentara menggunakan apa yg dijelaskan pada teks tadi.
  3.  Ketika pembaca membaca teks deskripsi, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami secara pribadi  apa yang sedang dibicarakan pada teks tadi.
  4. Teks pelukisan berisikan paragraf yg mengungkapkan suatu objek menurut warna, bentuk, berukuran, dan karakteristik-ciri fisik juga psikis objek tadi dengan sangat detail.
Struktur Teks Deskripsi
Teks deskripsi memliki tiga unsur menjadi struktur pembangunnya. Struktur-struktur tadi menjadi berikut:
  1. Identifikas, pada bagian ini berisikan penentuan menurut bukti diri seseorang, benda, atau objek lainya.
  2. Klasifikasi, ialah unsur penyusun yg bersisitem pada gerombolan menurut suatu kaidah atau standart yg sebelumnya sudah ditetapkan.
  3. Bagian Deskripsi, berisikan citra atau penjelasan tentang suatu objek, atau topik yg terdapat pada teks tersebut. 
Jenis-Jenis Teks Deskripsi
  1. Teks paragraf deskripsi subjektif  yaitu suatu paragraf  pelukisan yang dalam penggambaran objkenya berdasarkan atas kesan yg dimiliki oleh penulis teks tersebut.
  2. Teks paragraf spatial, dalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa benda, loka, ruang dan sebagainya.
  3. Teks paragraf objektif, pada teks ini penggambaran objek digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yg sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis itu sendiri.
Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh teks deskripsi menurut jenisnya:

Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif
#Contoh 1
Nasi goreng yg dijual Pak Joko  sangat terkenal enak pada Salatiga, nasi goreng ini dimasak menggunakan tunggu yg berbahan bakar arang sebagai akibatnya aromanya khas dengan tambahan daging ayam serta telur yg membuatnya terasa lebih sedap. Walau terbilang populer harga satu porsi nasi goreng buatan Pak Joko tidaklah mahal kita hanya perlu membayar Rp.10.000,00 untuk satu porsi nasi goreng lengkap dengan daging ayam.
#Contoh 2
Bu Jeni merupakan pengajar yg ditakuti muridnya, beliau mengajarkan muridnya buat displin dalam belajar. Ia memiliki postur tubuh yang mini tetapi ketika ia murka beliau akan membuat seolah-olah orang yg pada sekelilingnya menjadi lebih kecil dibandingkan beliau. Suaranya yang keras waktu murka bak bunyi gemuruh ketika hujan. Namun dibalik sifatnya yg galak ketika mengajar  dia bermaksud buat mendidik siswanya supaya sebagai eksklusif yg displin dalam melakukan seluruh hal.
Artikel Terkait : 4 Contoh Teks Deskripsi Terbaru
#Contoh 3
Kafe pelita adalah kafe yg sangat nyaman bagi para pelanggannya, kafe ini dikelilingi sang poly tumbuhan dan pepohonan yang membuat  udara di sekitar kafe terasa segar serta sejuk. Kafe ini jua dilengkapi menggunakan fasilatas free wifi yang menjadikannya loka asyik untuk nongkrong bagi kalangan belia –mudi. Ketika bulan puasa datang kafe pelita akan semakin ramai karena menjadi salah satu tujuan pelanggan sebagai loka buat berbuka puasa bersama.
Contoh Paragraf Spatial
#Contoh 1
Salatiga adalah sebuah kota mini pada provinsi Jawa Tengah yang terletak tepat pada bawah kaki Gunung Merbabu. Di kota ini masih masih ada banyak sekali bagunan peninggalan jaman penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh bahkan sebagian masih dipakai sampai kini sebagai bangunan sekolah ataupun tempat kerja-tempat kerja pegawai pemerintahan. Salah satu contoh bangunan peninggalan penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh yaitu tempat kerja rumah dinas walikota yg terletak sempurna di tengah alun-alun kota Salatiga.
Artikel Terkait : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Pembahasan
#Contoh 2
Hari ini aku bertemu menggunakan sahabat yg sudah usang kami tidak bertemu,waktu itu aku sedang berjalan di taman ketika aku melihat seorang  wanita yang mengenakan kacamata, ia sedang duduk pada bangku taman sempurna di bawah sebuah pohon. Rambutnya panjang serta hitam yg terurai melambai-lambai  tertiup hembusan angin. Saat saya melewatinya wajahnya terasa tidak asing bagiku dan ternyata tak lama kemudian perempuan itu memanggil namaku kemudian beliau menyampaikan bahwa beliau merupakan Nita temanku sewaktu Sekolah Menengah Atas dulu.
#Contoh 3
Di tempat tinggal ini, rumah yang ukurannya tak lebih berdasarkan 9x8 meter ini menggunakan dinding yang terbuat dari papan dan masih berlantaikan tanah aku beserta saudara termuda-adikku hidup serba kekurangan beserta ibu dan ayahku sampai saat ini aku telah sebagai seseorang yg sukses sebagai akibatnya saya mampu membelikan rumah yg relatif layak buat keluargaku. Rumah yang saya beli output jeri payahku ukuran 600m2, berwarna putih  di depan rumah terdapat taman yang ditumbuhi poly tanaman hias serta bunga berwarna-warni sehingga suasana terasa nyaman. Di bagian dalamnya terdapat ruangan-ruangan keliru satunya ruangan famili. Di ruangan famili masih ada sebuah tv berukuran 42 inc yang  disekitarnya terdapat kursi sofa tebal yg mampu kami pakai buat berkumpul beserta keluarga.
Contoh Paragraf Objektif
Contoh 1
Bola Basket adalah galat satu olahraga yg pada mainkan sang dua regu yang masing-masing regunya terdiri dari lima orang. Dalam permainan ini setiap regu akan bermain di lapangan ukuran 28x15 meter dan  bersaing buat mencetak angka menggunakan cara memasukan bola kedalam ring yang terletak pada masing-masing ujung lapangan dangan ketinggian masing-masing ring 3,05 meter. Permainan bola basket terbagi sebagai 4 kuarter yg setiap kuarternya terdiri berdasarkan 10 mnt permainan.
Baca Juga : Pengertian, Jenis serta Contoh frasa
#Contoh 2
Enting-enting gepuk adalah sang-oleh kuliner spesial dari Salatiga. Enting-enting gepuk terbuat dari adonan kacang, gula pasir, glukus, serta prambozen. Enting-enting gepuk sendiri pertama kali dibentuk oleh Khoe Tjong Hok berasal Fukkian, China. Ia menciptakan enting-enting gepuk pada klenteng Hok Tek Bio, Salatiga, Jawa Tengah.
#Contoh 3
Komodo merupakan keliru satu satwa langka yg dilindungi pada Indonesia. Hewan karnivora yang memiliki nama latin Varanus komodoensis ini merupakan satwa yang hanya bisa di temukan satu-satunya pada Indonesia. Habitat komodo sendiri berada di pulau Komodo yg terletak di Nusa tenggara. Warga sekitar Pulau Komodo menyebut komodo sendiri menggunakan sebutan ora.
Itulah Pengertian serta Contoh Teks Deskripsi lengkap dengan pembahasan beserta ciri-karakteristik yg dapat materi4belajar rangkum. Terimakasih

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI