Pengertian dan Macam Macam Piramida Penduduk Terbaru

Pengertian serta Macam Macam Piramida Penduduk - Apakah anda pernah mendengar kata piramida penduduk? Sebelum memahaminya anda diharuskan untuk mengetahui mengenai komposisi penduduk. Apa komposisi penduduk itu? Komposisi penduduk artinya penduduk yang dikelompokkan dari tujuan dan dasar kriteria eksklusif. Pengelompokkan tadi dapat berupa jenis kelamin, pekerjaan, umur, maupun tingkat pendidikan. Tetapi seluruh hal tadi bersifat terpisah dan permanen memiliki tujuan supaya mengetahui komposisi yg baik buat merencanakan kegiatan pada masa mendatang. Setelah memahami komposisi penduduk, anda bisa memahami mengenai pengertian piramida penduduk serta macam macam piramida penduduk.
Piramida penduduk ini berkaitan menggunakan perkara kependudukan. Hal ini dikarenakan setiap negara niscaya memiliki perkara kependudukan yang tidak selaras. Masalah tadi dapat berupa angka kematian juga angka kelahiran. Kedua hal ini sangat erat menggunakan perkara kependudukan. Apabila nomor kelahiran semakin besar maka nomor kematian akan semakin kecil. Dengan begitu akan menyebabkan penduduk semakin membludak serta sebagainya. Kali ini aku akan membahas tentang pengertian piramida penduduk serta macam macam piramida penduduk. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian serta Macam Macam Piramida Penduduk

Piramida penduduk memiliki beberapa macam bentuk yaitu piramida penduduk muda atau expansive, piramida penduduk stasioner atau granat, serta piramida penduduk tua atau contructive. Setiap bentuk mempunyai penerangan serta ciri ciri yang tidak sinkron beda. Dibawah ini terdapat penjelasan tentang pengertian piramida penduduk dan macam macam piramida penduduk.
Baca pula : Letak Astronomis serta Letak Geografis Indonesia

Pengertian Piramida Penduduk

Hal pertama yg akan saya bahas merupakan pengertian piramida penduduk. Piramida penduduk artinya sebuah grafik yang memaparkan data penduduk menurut jenis kelamin, daerah penduduk serta umur. Piramida ini disajikan pada bentuk 2 diagram btg. Untuk diagram batang yang satu menampakan jumlah penduduk laki laki dalam kelompok interval yg berusia 5 tahunan. Sedangkan buat diagram yang satunya lagi memperlihatkan jumlah penduduk wanita pada gerombolan interval yg berusia lima tahunan. Untuk penduduk laki laki digambarkan sebelah kiri dan untuk penduduk perempuan digambarkan sebelah kanan.

Macam Macam Piramida Penduduk

Piramida penduduk setiap daerah memiliki disparitas satu sama lain. Namun walaupun berbeda permanen berpedoman pada macam macam piramida penduduk dibawah ini.

Piramida Penduduk Muda atau Expansive
Macam piramida penduduk yang pertama merupakan piramida penduduk belia atau expansive. Piramida ini memiliki bentuk seperti limas. Berdasarkan gambar diatas dapat diketahui bahwa nomor kelahiran dalam sebuah wilayah lebih tinggi dan angka kematian pada sebuah dareah lebih rendah. Dengan begitu penduduk yang berusia muda akan lebih poly. Piramida expansive umumnya masih ada di negara negara berkembang misalnya India, Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Dibawah ini masih ada beberapa karakteristik piramida penduduk muda :
  1. Mayoritas penduduknya termasuk ke pada gerombolan muda.
  2. Kelahiran bayi memiliki taraf yang lebih tinggi.
  3. Pertumbuhan penduduk juga tinggi.

Piramida Penduduk Stasioner atau Granat
Macam piramida penduduk selanjutnya merupakan piramida penduduk stasioner atau granat. Piramida ini bersifat merata. Maka berdasarkan itu bentuk piramida ini diklaim granat. Bentuk piramida penduduk stasioner mempunyai jumlah kelahiran serta kematian yg tetap atau seimbang. Pada umumnya piramida granat berada di negara negara maju misalnya Jepang dan Singapora. Dibawah ini masih ada beberapa karakteristik piramida penduduk stasioner :
Baca pula : Penyebab Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim
  1. Jumlah penduduk setiap kelompoknya sama.
  2. Tingkat kematiannya lebih rendah.
  3. Untuk pertumbuhan penduduknya lambat atau mendekati nilai nol.

Piramida Penduduk Tua atau Constructive
Macam piramida penduduk yg terakhir ialah piramida penduduk tua atau constructive. Dalam bentuk piramida ini lebih banyak gerombolan usia tua atau dewasa. Untuk bentuknya menyerupai batu nisan. Dalam piramida ini terdapat jumlah kematian yang tinggi dan jumlah kelahiran yang rendah. Maka dari itu pertumbhan penduduknya lebih rendah. Biasanya piramida ini terdapat di negara Swiss, Belgia serta Jerman. Dibawah ini masih ada beberapa karakteristik piramida penduduk tua :
  1. Jumlah penduduk yg berusia belia sedikit.
  2. Jumlah kelahirannya lebih rendah daripada kematiannya.

Inilah penerangan mengenai pengertian piramida penduduk serta macam macam piramida penduduk. Dengan bentuk piramida diatas dapat memudahkan seseorang mengetahui kondisi dari negaranya. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI