Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap Terbaru

Pengertian serta Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap - Berdasarkan bahasa latin kata kedaulatan berarti "supermus" yang artnya "Tertinggi". Sedangkan dari bahasa Inggris berarti "sovereignly" yang adalah jua "Tertinggi". Kedua bahasa tersebut memiliki satu pengertian kedaulatan yakni suatu kewenangan yg bekerja dalam satu kesatuan politik. Kedaulatan diklaim juga sebagai kekuasaan paling tinggi pada sebuah negara dan kekuasaan yg letaknya nir dibawah kekuasaan lainnya. Kekuasaan tersebut bisa dibagi sebagai beberapa macam teori kedaulatan dari pendapat para pakar.
Lalu apa pengertian kedaulatan secara umum? Apa saja macam teori kedaulatan berdasarkan para ahli? Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang pengertian kedaulatan serta macam macam teori kedaulatan dari para ahli. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada bawah ini.

Pengertian serta Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap

Sebelum membahas mengenai pengertian kedaulatan serta macam macam kedaulatan berdasarkan para ahli, saya akan menjelaskan mengenai sifat sifat kedualatan terlebih dahulu. Berikut sifat sifat kedaulatan beserta penjelasan:
  1. Tidak terbatas adalah sebuah kedaulatan nir akan pernah dibatasi oleh kedaulatan lain. Namun bila terdapat kedaulatan yang membatasinya maka kedaulatan tertinggi yang diperoleh akan hilang.
  2. Permanen artinya kedaulatan ini bisa berdiri sendiri meskipun pemerintahan kedaulatan sudah mengalami beberapa pergantian.
  3. Tunggal merupakan dalam sebuah negara, kedaulatan tadi memiliki strata tertinggi dan termasuk satu satunya. Bahkan nir bisa dibagikan atau diserahkan pada forum atau badan eksklusif.
  4. Asli merupakan kedaulatan tersebut tidak asal menurut kedaulatan pihak eksklusif yang memiliki tingkatan tertinggi.
Baca pula : Ancaman Non Militer Terhadap Integrasi Nasional Lengkap

Pengertian Kedaulatan

Selanjutnya masih ada beberapa pengertian kedaulatan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kedaulatan merupakan warga yang mempunyai kekuasaan tertinggi pada sebuah negara. Dengan istilah lain rakyatlah yang memegang kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara, Teori tadi asal berdasarkan dampak adanya sebuah raja yang berkuasa dengan menekan dan absolut.

Selain itu adapula pengertian kedaulatan lain yaitu kekuasaan tertinggi suatu negara yang berada ditangan rakyat. Dalam sebuah negara masih ada tiga forum khusus yg memiliki tugas mengatur seluruh aktivitas pemerintahan. Lembaga tersebut meliputi:
  1. Lembaga Legislatif yakni sebuah forum yang bertugas pada menciptakan Undang Undang. Misalnya MPR, DPD, maupun DPR.
  2. Lembaga Eksekutif yakni forum yg bertugas pada melaksanakan Undang Undang. Misalnya Presiden beserta wapres.
  3. Lembaga Yudikatif yakni forum yg bertugas mengawasi pelaksanaan Undang Undang yg dilakukan oleh forum eksekutif. Misalnya Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Macam Macam Teori Kedaulatan

Setiap negara memiliki teori kedaulatan yg berbeda beda. Tetapi buat negara Indonesia memiliki teori kedaulatan hukum dan kedaulatan masyarakat. Berikut macam macam teori kedaulatan dari para pakar:

Kedaulatan Tuhan
Macam teori kedaulatan berdasarkan para pakar yg pertama adalah kedaulatan Tuhan. Teori ini asal berdasarkan Tuhan YME. Dalam teori kedaulatan tersebut menaruh pelajaran bahwa pemerintahan serta negara ini memperoleh kekuasaan paling tinggi dari Tuhan. Dengan kata lain, segala hal yang terdapat didalam semesta ini adalah kreasi serta karunia dari Tuhan. Teori kedaulatan Tuhan umumnya dianut sang raja yg mengaku keturunan ilahi. Misalnya kaisar Cina, kaisar Jepang, Raja Jawa (Zaman Hindu) serta Raja yg asal menurut Mesir Kuno.
Baca pula : Makna dan Tujuan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Kedaulatan Raja
Macam teori kedaulatan berdasarkan para ahli selanjutnya adalah kedaulatan raja. Kedaulatan raja ialah kedaulatan yang dipegang oleh raja bersama keturunannya. Kekuasaan tertinggi tadi bersifat absolut dan turun temurun.

Kedaulatan Negara
Macam teori kedaulatan menurut para pakar selanjutnya artinya kedaulatan negara. Kedaulatan negara artinya jenis kedaulatan yg kekuasaan tertingginya dipegang sang negara itu sendiri.

Kedaulatan Hukum
Macam teori kedaulatan dari para ahli selanjutnya ialah kedaulatan hukum. Kedaulatan hukum artinya kekuasaan tertinggi dipegang oleh hukum sepenuhnya, baik tertulis juga nir tertulis. Kedaulatan ini memiliki sifat yang sudah diatur pada hukum serta tidak mutlak.

Kedaulatan Rakyat
Macam teori kedaulatan berdasarkan para pakar yang terakhir artinya kedaulatan rakyat. Kedaulatan warga artinya kekuasaan tertinggi sepenuhnya dipegang sang rakyat. Maka dari itu terdapat kata demokrasi yang ialah menurut masyarakat, buat masyarakat serta oleh masyarakat.

Demikianlah penerangan tentang pengertian kedaulatan serta macam macam teori kedaulatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI