Pengertian dan Makna Nasionalisme Kebangsaan

Apakah kamu punya semangat nasionalisme sebagai warga negara?.
Lalu apa sih yg dimaksud menggunakan nasionalisme itu?. Dalam arti sederhana, nasionalisme merupakan sikap mental serta tingkah laku individu atau warga yg memberitahuakn adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Loyalitas dan darma itu didorong oleh suatu tekad buat hidup menjadi satu bangsa pada bawah satu negara yg sama.

Adolf heunken menyebut nasionalisme menjadi pandangan yg berpusat pada bangsanya. Kata nasionalisme mengandung dua arti yaitu:
a. Dalam nasionalisme, dimaksudkan menjadi sikap yg keterlaluan, sempit dan sombong. Sikap nasinalisme initidak menghargai orang dan bangsa lain misalnya semestinya. Apa yg menguntungkan bangsa sendiri begitu saja dipercaya sahih meksipun hal itu mungkin menginjak-injak hak dan kepentingan bangsa lain. Dengan demikian nasionalisme ini justru menceraiberaikan bangsa satu menggunakan bangsa lainnya.

b. Nasoinalisme bisa jua menujuk dalam sikap nasional yg positif yaitu perilaku memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan serta harga diri bangsa sekilgus menghormati bangsa lain. Nasionalisme ini berguna buat membina rasa bersatu antar rakyat negara yang bhinneka. Nasionalisme juga berfungsi buat membina rasa bukti diri, kebersamaan dalam negara serta bermanfaat buat mengisi kemerdekaan yg telah diraih dengan susah payah.
Nasionalisme pada arti ke 2 inilah yang perlu diwujudkan sinkron dengan keadaan. Pada masa penjajhan contohnya perwujudannya berupa perjuangan mendirikan negara sekaligus menentang penjajahan kolonialisme. Setelah merdeka, kita sebagai penerus bangsa harus buat mengisi kemerdekaan agar negara semakin maju dan disegani pada mata dunia.

Berikut ini beberapa definisi, pengertian dan maknan nasionalisme menurut banyak sekali sumber.
1. Nasionalisme adalah sikap politik serta sosial berdasarkan kelompok rakyat yg punya kecenderungan budaya, bahasa, wilayah, hasrat serta tujuan. 
2. Nasionalisme merupakan suatu paham yang beropini bahwa kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara kebangsaan. Kebangsaan adalah harapan serta asatu-satunya bentuk absah berdasarkan organisasi politik serta bahwa bangsa merupakan sumber seluruh energi kebudayaan kreatif dan kesejahteraan ekonomi. (Hans Kohn)
3. Nasionalisme merupakan suatu ungkapan perasaan yg kuat da adalah bisnis pembelaan wilayah atau bangsa melawan penguasa luar. Identitas yg menjadi karakteristik khasnya adalah identitas masa kemudian, suatu sejarah, nenek moyang, akar yg menepatkan diri dalam suatu tradisi. Lyman Tower Sargent.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI