Pengertian dan Operasi Bilangan Cacah Terbaru

Pengertian serta Operasi Bilangan Cacah - Dalam pelajaran matematika masih ada beberapa jenis bilangan misalnya sapta cacah, sapta asli, sapta prima serta sebagainya. Setiap bilangan mempunyai pengertian dan operasi bilangan yang tidak sinkron beda. Seperti halnya sapta cacah ini. Pengertian sapta cacah dan operasi sapta cacah tidak selaras dengan jenis sapta lain. Namun anda mungkin telah tidak asing lagi dengan sapta ini. Ketika dibangku sekolah, para siswa telah diajarkan tentang sapta cacah beserta hal hal yg terkait didalamnya.
Apa bilangan cacah itu? Bagaimana pengoperasiannya? Bilangan cacah merupakan galat satu jenis sapta pada matematika. Kali ini aku akan membahas mengenai pengertian bilangan cacah serta operasi sapta cacah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada bawah ini.

Pengertian serta Operasi Bilangan Cacah

Terdapat sebagian orang yg kesulitan pada mengetahui nama bilangan pada matematika. Maka dari itu buat membantu anda mengetahui penerangan mengenai sapta cacah, sudah saya hidangkan lengkap dalam artikel ini. Dalam artikel ini sudah aku bagi menjadi dua sub menu yaitu pengertian sapta cacah serta operasi sapta cacah.
Baca pula : Rumus Luas serta Volume Tabung Beserta Cara Menghitungnya

Pengertian Bilangan Cacah

Pengertian sapta cacah merupakan suatu bilangan yg bermula menurut angka nol (0) dan akan bertambah satu bilangan berdasarkan sapta sebelumnya. Bilangan cacah bisa dianggap himpunan bilangan bulat yg tidak negatif atau himpunan bilangan orisinil yang ditambah angka nol. Untuk lebih tahu lagi mengenai bilangan cacah, berikut model sapta cacah :
Bilangan Cacah = 0,1,dua,tiga,4,lima,6,7,8,9,10,….

Operasi Bilangan Cacah

Dalam sapta cacah masih ada beberapa pengoperasian bilangan tadi. Operasi sapta cacah mencakup penjumlahan bilangan cacah, pengurangan sapta cacah, perkalian sapta cacah dan pembagian bilangan cacah.

Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah
Operasi bilangan cacah yg pertama adalah operasi penjumlahan. Operasi penjumlahan sapta cacah bisa dibagi menjadi beberapa sifat yaitu :
  1. Penjumlahan Komulatif, contohnya x + y = y + x.
  2. Penjumlahan Asosiatif, contohnya (x + y) + z = x + (y + z).
  3. Terdapat unsur Identitas yaitu nol (0).
  4. Penjumlahan tertutup yaitu penjumlahan yang terjadi antara dua sapta cacah dan akan membuat bilangan cacah pula.
Operasi Pengurangan Bilangan Cacah
Operasi sapta cacah selanjutnya adalah operasi pengurangan. Untuk operasi pengurangan pada sapta cacah mempunyai sifat berkebalikan. Misalnya a - b = c sama dengan b + c = a. Dengan begitu mempunyai kesamaan menggunakan sifat dalam operasi penjumlahan.
Baca pula : Menentukan Nilai Rata Rata Diagram Batang
Operasi Perkalian Bilangan Cacah
Operasi sapta cacah selanjutnya artinya operasi perkalian. Operasi perkalian sapta cacah adalah operasi penjumlahan yang mengulang bilangan cacah yang dikalikan tadi. Contohnya :
  • 2 x tiga = 2 + dua + 2
  • 4 x 5 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4
  • 2 x lima = dua + dua + 2 + dua + 2
 Operasi sapta cacah ini mempunyai beberapa sifat seperti :
  1. Perkalian komutatif, contohnya a x b = b x a.
  2. Perkalian asosiatif, contohnya (a x b) x c = a x (b x c).
  3. Perkalian distributif, misalnya a x (b + c) = (a x b) + (a x c) atau a x (b - c) = (a x b) - (a x c)
  4. Terdapat unsur Identitas yaitu 1, contohnya a x 1 = a serta b x 1 = b.
  5. Untuk seluruh bilangan cacah yg dikalikan menggunakan nol akan membuat sapta nol pula.
Operasi Pembagian Bilangan Cacah
Operasi sapta cacah yg terakhir ialah operasi pembagian. Operasi pembagian bilangan cacah memiliki sifat yang berkebalikan menggunakan operasi perkalian. Misalnya a : b = c menjadi b x c = a. Untuk bilangan cacah yang dibagi dengan nol akan membuat nomor tidak terhingga lantaran nir bisa didefinisikan. Sedangkan bila angka nol dibagi bilangan cacah akan menghasilkan angka nol juga.

Inilah penjelasan tentang pengertian sapta cacah serta operasi sapta cacah. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru