Pengertian dan Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap Terbaru

Pengertian serta Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap - Apakah anda pernah mencicipi kepanasan saat memegang gelas yg berisi air panas? Bagaimana ini sanggup terjadi? Kejadian ini membuktikan bahwa kalor yang masih ada dalam air dapat berpindah ke gelas sampai dalam akirnya dirasakan oleh tangan kita. Lalu apa sebenarnya pengertian kalor tadi? Bagiamana cara menuntaskan model soal kalor? Apa saja rumus kalor? Secara sederhana, kalor adalah suhu panas atau dingin yang terdapat dalam sebuah benda.
Namun kalor bisa diartikan menjadi sebuah tenaga yang bisa dilepas maupun diterima sang zat sebagai akibatnya suhu zat tersebut dapat naik atau turun. Hal inilah yg natinya akan berpengaruh terhadap perubahan zat itu sendiri. Misalnya es batu yg mencair. Es batu ini menerima kalor sehingga menciptakan es tadi mencair dan berubah wujud sebagai air. Nah kali ini aku akan menyebutkan mengenai pengertian kalor, rumus rumus kalor serta contoh soal kalor. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada bawah ini.

Pengertian serta Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap

Kalor bisa berpindah melalui zat perantara panas, seperti barang barang yg bersifat konduktor. Seperti yang kita ketahui bahwa konduktor mempunyai sifat yang dapat menghantarkan panas. Misalnya saja kita memasak air menggunakan panci. Panci tadi lama kelamaan akan menjadi panas. Apabila anda memegangnya eksklusif tanpa adanya mediator, maka tangan tadi akan merasakan panas (kalor). Hal inilah yang menciptakan kalor berpindah dalam panci. Dibawah ini terdapat penerangan tentang pengertian kalor, rumus rumus kalor dan contoh soal kalor. Berikut ulasan selengkapnya.

Pengertian Kalor

Pengertian kalor secara umum artinya sebuah energi yang bisa berpindah dari benda yg suhunya tinggi menuju benda yang suhunya rendah jika kedua benda tadi saling bersentuhan. Kalor termasuk ke dalam bentuk energi. Kalor tersebut memiliki satuan SI yaitu Joule. Sedangkan satuan kalor pada CGS yaitu ERG. Jika dijelaskan pada bentuk besaran nilai maka akan menjadi di bawah ini:
1 Joule = 107 erg
1 Kalori = 4,18 Joule
1 Joule = 0,24 Kalori
Baca pula : Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Rumus Rumus Kalor

Rumus kalor berguna buat menghitung besar kalor yg terdapat pada sebuah benda, baik ketika suhunya naik ataupun turun. Berikut rumus kalor secara umum:
Keterangan :
c = Kalor Jenis (J/kg°C atau Kal/gram.K)
m = Massa (kg atau gr)
Q = Kalor (Joule atau Kalori)
ΔT = Perubahan Suhu (°C atau Kelvin)

Selain rumus kalor pada atas, adapula rumus lainnya yang berkaitan dengan kalor. Rumus tersebut berkaitan menggunakan besaran kalor, kalor uap, maupun kapasitas kalor. Berikut penjelasan selengkapnya.

Rumus Besaran Kalor
Rumus besaran kalor merupakan rumus kalor yang berguna buat menghitung perubahan wujud suatu zat. Berikut rumusnya
Q = m x L
Keterangan :
Q = Kalor (Joule)
m = Massa Zat (kg)
L = Kalor lebur atau kalor laten (Joule/kg)
Rumus Kalor Uap
Rumus kalor uap merupakan rumus kalor yang berguna buat menghitung penguapan sebuah zat berdasarkan titik didihnya. Berikut rumusnya:
Q = m x U
Keterangan :
Q = Kalor (Joule)
m = Massa Zat (kg)
U = Kalor uap (Joule/kg)
Baca pula : Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya
Rumus Kapasitas Kalor
Rumus kapasitas kalor merupakan rumus kalor yg berguna buat menaikan suhu 1ºC lebih tinggi pada sebuah zat. Berikut rumusnya:
C = Q/T
Keterangan :
C = Kapasitas Kalor (Joule/ºC)
Q = Kalor (Joule)
T = Suhu zat (ºC)
Rumus kalor poly dikenal menggunakan nama Asas Black. Adapuan bunyi menurut Asas Black menjadi berikut:
"Banyaknya kalor yg dilepaskan oleh benda yang suhunya tinggi sebanding menggunakan kalor yang dilepaskan oleh benda yang suhunya lebih rendah (Q tanggal = Q terima)."
Contoh Soal Kalor
Berapakan besar kalor yg diharapkan buat memanaskan 3 kg air yang suhunya 25ºC menjadi 100ºC, apabila kalor jenis air 1000 J/kgºC?
Pembahasan
Diketahui : m = dua kg; c = 1000 J/kgºC; ΔT = 100 - 25 = 75ºC
Ditanyakan : Q = ?
Jawab:
Q = m x c x ΔT
    = 2 x 1000 x 75
    = 150.000 Joule
Jadi akbar kalor yg dibutuhkan ialah 150.000 Joule.
Sekian penjelasan tentang pengertian kalor, rumus rumus kalor serta contoh soal kalor. Kalor merupakan sebuah energi yang dapat berindah dari zat yang suhunya tinggi menuju zat yg suhunya rendah apabila saling bersentuhan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI