Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia

Pembangunan merupakan suatu proses
perubahan yang terus menerus menuju pemugaran pada segala bidang kehidupan masyarakat dengan dari pada seperangkat nilai yg dianut, yang menuntun rakyat untuk mencapai taraf kehidupan yg didambakan. Pembangunan disini lebih diarahkan pada pembangunan potensi, inisiatif, daya ciptaan dan kepribadian setiap rakyat rakyat. Dalam proses pembangunan terjadi transformasi sosial ke arah lebih baik. Dengan pembangunan, rakyat dibutuhkan semakin sanggup mengelola alam bagi peningktan kesejahteraannya. Tetapi, hal ini tidaklah bearti bahwa pembangunan ahirnya wajib mengeksploitasi alam secara seenaknya yang akhirnya hanya mengganggu ekuilibrium ekosistem serta hubungan manusia dengan alam. Pembangunan menuntut orientasi masa depan bagi kelestarian manusia serta alam.

Pembangunan nasional Indonesia merupakan suatu rangkaian usaha yang dilakukan secara berkelanjutan dalam seluruh bidang kehidupan rakyat, bangsa dan negara Indonesia buat menuju suatu keadaan yg lebih baik. Pembangunan nasional dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tujuan nasional misalnya yg tertulis pada Pembukaan UUD 45 yaitu melindungi segenap bangsa Indoneisa serta semua tumpah darah Indonesia, menaikkan kesejahteraan generik, mencerdasakan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban global yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian tak pernah mati serta keadilan sosial.

Pembangunan nasional tidak identik dengan pembangunan ekonomi dan politik saja. Pembangunan mental, spiritual, kepribadian, pula termasuk pada kegiatan pembangunan (jiwa). Tidaklah mungkin pembangunan ekonomi akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia jika jiwa korupsi, mencuri, berkhianat ada pada pundak para wakil warga serta pejabat di Indonesia. Percepatan pembangunan harus dimimbangi dengan percepatan pembangunan mental jiwa bangsa pula. 

Tujuan pembangunan nasional tentu memiliki tujuan serta dibagi sebagai tujuan jangka pendek serta jangka panjang. Tujuan pembangunan jangka pendek adalah menaikkan taraf hayati, kecerdasan serta kesejahteraan masyarakat yang semakin adil serta merata serta meletakan landasan bertenaga buat termin pembangunan berikutnya. Pembangunan jangka panjang bertujuan buat suatu warga adil dan makmur merata, material dan spiritual berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI yang merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan warga dalam suasana perikehidupan bangsa yang kondusif, tenteram, tertib serta bergerak maju pada lingkungan pergaulan global yg merdeka, bersahabat, tertib dan damai.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI