Pengertian Efek CGI contoh dan Cara Pembuatan dalam Sebuah Film

CGI merupakan singakatan dari Computer-Generated Imagery yg artinya sebuah teknologi personal komputer yang bisa membuat pencitraan dampak tiga dimensi yg menyerupai aslinya. Teknologi CGI ini banyak digunakan dalam bidang media digital baik perfilman advertising serta berbagai macam acara televisi.
CGI merupakan tehnik penerapan teknologi personal komputer grafik buat pembuatan dampak kusus (special effect) dalam film. Perangkat lunak (perangkat lunak/acara) komputer yg umumnya digunakan pada penerapan CGI antara lain 3ds Max, Blender, Light Wafe 3D, Maya, dan Autodesk Softimage. Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) pada efek khas.
Berikut ini beberapa model film film yang memakai efek CGI yg mengganti layar biru sebagai objek yang diinginkan tergantung cerita film. Kalau anda sering menonton film film hollywood pasti tau film di bawah.
CGI pertama kali diterapkan pada film Westworld, 1973. Tentu saja gambar yg didapatkan pertama kali tak sebagus film The Avenger, Transformer, Amazing Spiderman, Batman, Hulk, Man of Steel. Apabila membayangkan bagaimana penggunaan CGI terlalu sulit, simaklah beberapa foto sebelum serta setelah ini dia yang mungkin akan membuat tercengang.

Life of Pie (2010) , Sumber: bussinessinsider.com
Tentu akan sulit jika adegan ini benar-sahih diambil pada bahari beserta dengan seekor harimau yang siap menelanmu ketika lapar.

Foto adegan CGI
Life of Pie (2010), Sumber: Bussinessinseder.com
Terbayang kan bila syuting ini harus dilakukan menggunakan hariamau asli? Inilah fungsi CGI yg sangat membantu memudahkan pembuatan adegan berbahaya.

The Avengers (2012), Youtube.com
CGI juga membantu menghindari adanya korban menurut adegan berbahaya misalnya ledakan pada film-film hero.

Foto adegan CGI
The Hobbit (2014), Youtube.com
Kadang kala susah mendapatkan lokasi yang sangat latif seusai menggunakan bayangan penulis skenario film. CGI menciptakan lokasi itu jadi nyata, buktinya pada film The Hobbit banyak sekali lokasi latif yang membuat mata terbelalak saat melihatnya.

The Great Gatsby (2013), bussinessinseder.com
Di Indonesia buat rekontruksi kota tua biasanya memakai lokasi syuting di kota tua. Tapi dengan CGI pembuatan kota tua mampu lebih sederhana dalam studio saja.

Foto adegan CGI
Gravity (2013), bussinessinseder.com
Kalau syuting luar angkasa wajib dilakukan pada luar angkasa tentu sulit dilakukan bukan? Tehnologi CGI inilah yg membantu 'membuat' pencitraan bumi menurut luar angkasa.

Puput Puji Lestari
Boardwalk Empire (2010), Youtube.com
Jangan terkecoh, gedung tinggipun bisa dihilangkan serta diubah menjadi kapal akbar.

Foto adegan CGI
Game of Throne (2011), youtube.com
Indah bukan sungai yang terlihat membentang di depan? Tapi percayalah, sungai itu tidak nyata.

Foto adegan CGI
The Great Gatsby (2013), Bussinessinseder.com
Mendapatkan kendaraan beroda empat klasik tak susulit membuat kota tua yg dilewati. Dengan CGI maka mobil klasik ini bisa melenggang susai dengan tahun produksi kendaraan beroda empat ini.

















Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI