Pengertian Ekologi Sebagai Sebuah Ilmu

Ekologi adalah galat satu cabang ilmu ekologi yaitu ilmu pengetahuan mengenai hubungan antara organisme dan lingkungannya. Bisa juga ekologi didefinisikan sebagai ilmu yg mempelajari imbas faktor lingkungan terhadap jasad hidup. Ada pula yg mengatakan bahwa ekologi adalah suatu ilmu yg mencoba mempelajari interaksi antara tanaman , binatang dan manusia dengan lingkungannya di mana mereka hayati, bagaimana kehidupannya serta mengapa mereka ada disitu. 

Ekologi dari berdasarkan bahasa Yunani 'oikos' adalah rumah dan 'logos' berarti ilmu. Secara harfiah ekologi adalah pengkajian hubungan organisme-organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya. Ekologi hanya mempelajari apa yg ada di pada serta apa yg terjadi menggunakan nir melakukan percobaan.

Menurut Odum, ekologi mutakhir adalah suatu studi yg memeriksa struktur dan fungsi ekosistem atau alam di mana insan merupakan bagian menurut alam . Struktur disini memperlihatkan suatu keadaan berdasarkan sistem ekologi dalam saat serta tempat tertentu termasuk kepadatan, biomassa, penyebaran potensi unsur hara, enegri, faktor fisik serta kimia lainnya yang  mencirikan sistem tersebut. Sementara fungsinya mendeskripsikan interaksi karena dampak yg terjadi dalam sistem. Jadi utama utama ekolog adalah mencari pengertian bagaimana fungsi organisme pada alam.

Pada dasarnya ekologi adalah ilmu dasar yang tidak mempraktikkan sesuatu. Ekologi merupakan ilmu loka mempertanyakan serta mengusut. Ekologi berkaitan dengan aneka macam ilmu pengetahuan yang relevan menggunakan kehidupan manusia. Seorang yg belajar ekologi sebenarnya bertanya berbagai hal berikut adalah:

1. Bagaimana alam bekerja.
2. Bagaimana suatu spesies mengikuti keadaan dengan habitatnya
3. Apa yang mereka perlukan dari habitat itu unutk dapat dimanfaatkan guna melangsungkan hidupanya.
4. Bagaimana mereka mencukupi kebutuhannya akan unsur hara serta energi.
5. Bagaimana mereka berinteraksi menggunakan spesies lainnya.
6. Bagaimana individu-individu dalam spesies itu diatur dan berfungsi menjadi populasi.
7. Bagaimana keindahan ekosistem tercipta.

Jelas bahwa ekologi merupakan ilmu yg menyelidiki mahluk hidup pada rumah tangganya atau ilmu yang menyelidiki pola hubungan timbal pulang antara mahluk hidup sesamanya dan dengan komponen pada sekitarnya. Berbagai perkara kehidupan saat ini poly yang disebabkan oleh interaksi mahluk hidup menggunakan lingkungannya. Dalam hal ini ekologi bisa berperan pada mempelajari dan menganalisanya agar kehidupan di bumi terus berlanjut dengan seimbang.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI