Pengertian Erupsi Freatik Ciri dan Dampaknya

Beberapa hari lalu rakyat Jogja serta sekitarnya dikejutkan dengan erupsi freatik yang terjadi pada Gunung Merapi. Erupsi ini nir ada indikasi-pertanda serta terjadi tiba-tiba. Saat magma memanaskan tanah serta air di permukaan maka akan membuat ledakan air, uap, batu dan debu yg disebut erupsi freatik. Erupsi freatik ini terjadi setiap kali air dan magma mengalami kontak. Erupsi freatik juga sanggup terjadi serta mencairkan zenit gletser atau danau.
Baca pula:
Karakteristik bentang alam sungai
Soal ulangan geografi kelas xi

Magma memiliki suhu ekstrim berkisar antara 500 hingga 1170 derajat celcius dan mengakibatkan penguapan. Pada tahun 1980 letusan freatik mengakibatkan ledakan uap besar terjadi di Gunung St. Helens. Erupsi freatik umumnya termasuk fragmen batuan serta uap karena lava tidak mencapai bagian atas bumi. Apabila letusan melibatkan magma cair, proses ini dikenal menjadi letusan freaomagmatik.
Erupsi freatik bisa menciptakan kaldera dengan relief rendah tapi luas dan disebut maar. Erupsi freatik bisa mengeluarkan gas hidrogen, karbon dioksida serta beberapa sanggup mengeluarkan hidrogen sulfida yang beracun. Pada tahun 1979 letusan freatik di Dieng Jawa Tengah mengakibatkan tewasnya 140 penduduk yg sebagian akbar tewas lantaran terpapar gas beracun. Ledakan freatik dikategorikan menjadi letusan gunung api lantaran ledakan memiliki potensi membawa bahan mentah ke permukaan bumi. Gunung Kilauea pada Hawaii memegang rekor buat ledakan freatik terpanjang, yaitu dalam 1924 memuntahkan batu seberat 8 ton sampai jarak lebih berdasarkan satu kilometer.

Lalu apa efek serta bahaya erupsi freatik itu?. Ada 3 jenis bahaya utama dari erupsi freatik meliputi: Gas beracun seperti karbon dioksida dan hidrogen sulfida. Emisi gas menjadi hasil dari letusan freatik sudah poly menelan korban jiwa. Erupsi freatik pula bisa mengeluarkan gas, cairan dan partikel yg berkecimpung cepat. Lontaran partikel seperit batuan juga bisa membahayakan orang-orang yg tinggal disekitarnya. Baca pula: 

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI