Pengertian Fungsi dan Tujuan NKRI Lengkap Terbaru

Pengertian, Fungsi serta Tujuan NKRI Lengkap - Dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaran terdapat materi tentang pengertian NKRI beserta fungsi serta tujuan NKRI. NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara yang dihuni oleh setiap orang dengan kepercayaan yang tidak selaras tetapi permanen satu. Setiap orang/rakyat wajib memiliki rasa cinta terhadap tanah airnya. Namun nir hanya itu saja, kita menjadi masyarakat negara yg baik jua harus mengetahui pengertian NKRI, fungsi NKRI maupun tujuan NKRI. Ketiga hal tadi dapat mewakili rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia. Kali ini saya akan menyebutkan secara lengkap serta rinci mengenai pengertian, fungsi dan tujuan dari NKRI. Untuk detail dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian, Fungsi serta Tujuan NKRI Lengkap 

Di berbagai negara terdapat beberapa bentuk kenegaraan misalnya negara perkumpulan, negara kesatuan, negara dominion, negara uni, negara mandat, negara trust, maupun negara protektorat. Tetapi negara Indonesia mempunyai bentuk kenegaraan yang kesatuan menggunakan berbentuk republlik. Bentuk negara yang dipakai Indonesia sudah tercatat dalam UUD 1945 Pasal 1 Ayat 1. Maka berdasarkan itu Indonesia dapat diklaim Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Dibawah ini aku akan menyebutkan secara rinci tentang pengertian NKRI, fungsi NKRI serta tujuan NKRI.
Baca jua : 8 Perbedaan Bela Negara Fisik serta Non Fisik pada Indonesia

Pengertian NKRI

Hal pertama yang akan saya bahas artinya pengertian NKRI. Indonesia mempunyai latar belakang yang menjelaskan bahwa bentuk negara NKRI merupakan sebuah bentuk negara yg tersusun sang macam macam adat, keyakinan, budaya, ras dan wilayah yang luas dengan tujuan supaya bangsa manunggal, adil, makmur, berdaulat dan merdeka. Adapula pengertian NKRI menurut Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 1 yang menyebutkan bahwa NKRI merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik. Adapula menurut Undang-Undang Dasar 1945 Pasa 18 Ayat 1 yang mengungkapkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tersusun oleh wilayah provinsi. Daerah provinsi terdiri menurut kabupaten serta kota, namun setiap provinsi, kabupaten, serta kota mempunyai wilayah pemerintahan yang diatur sang Undang Undang.

Pengertian NKRI juga meliputi beberapa fungsi negara dan tujuan negara secara umum. Dibawah ini terdapat fungsi negara serta tujuan negara berdasarkan beberapa ahli.

Fungsi Negara
Dalam pengertian NKRI terdapat fungsi negara yang wajib anda ketahui. Berikut beberapa fungsi negara :
  • Melaksanakan penertiban yang berguna buat mencegah hal hal buruk yg mungkin terjadi dan buat mencapai kepentingan bersama. Negara berfungsi sebagai stabilisator yang bertugas menjadi pihak yang menstabilkan keadaan yang terjadi dalam warga .
  • Sebagai penegak keadilan dalam bentuk lembaga peradilan yg dibentuk sinkron Undang Undang.
  • Mengusahakan agar negara mempunyai rakyat yg makmur, adil dan sejahtera.
  • Mempertahankan negara yg memiliki kedaulatan yang tegak serta mengantisipasi serangan yg mungkin terjadi.

Tujuan Negara
Dalam sebuah pengertian NKRI juga dijelaskan tentang tujuan negara. Secara umum negara mempunyai tujuan yaitu buat memperluas kekuasaan, buat mencapai kesejahteraan yg bersifat generik serta buat melakukan ketertiban generik. Adapula tujuan negara menurut para pakar. Dibawah ini terdapat penjelasan NKRI tentang tujuan negara berdasarkan para ahli.
Baca jua : Hakikat Bangsa serta Unsur Unsur Terbentuknya Negara
Menurut Plato
Pengertian NKRI menjelaskan tentang tujuan negara dari plato. Berdasarkan pendapatnya negara memiliki tujuan yaitu buat mewujudkan tata krama manusia yg mempunyai kiprah makhluk sosial dan makhluk individu.

Menurut Rousseau
Pengertian NKRI mengungkapkan tentang tujuan negara berdasarkan Rousseau. Berdasarkan pendapatnya negara memiliki tujuan yaitu buat membangun hak yg sama serta hak untuk bebas bagi setiap masyarakat negara.

Menurut Roger H. Soltau
Pengertian NKRI menjelaskan tentang tujuan negara menurut Roger H. Soltau. Berdasarkan pendapatnya negara mempunyai tujuan yaitu menyebarkan daya cipta rakyat yg bersifat bebas supaya warga semakin berkembang.

Menurut Machiavelli serta Shan Yang
Pengertian NKRI menyebutkan mengenai tujuan negara berdasarkan Machiavelli dan Shan Yang. Berdasarkan pendapatnya negara memiliki tujuan yaitu agar kekuasaan lebih luas tetapi masyarakat harus mau buat berkorban demi kejayaan negaranya.

Menurut Harold J. Laski
Pengertian NKRI menjelaskan mengenai tujuan negara berdasarkan Harold J. Laski. Berdasarkan pendapatnya negara memiliki tujuan yaitu untuk mewujudkan cita-cita rakyat secara aporisma sebagai akibatnya terwujud keadaan yang baik.

Menurut Ajaran Hukum Negara
Pengertian NKRI mengungkapkan tentang tujuan negara menurut ajaran aturan negara. Berdasarkan ajarannya, negara memiliki tujuan yaitu buat melaksanakan ketertiban hukum yg terdapat dalam sebuah negara.

Menurut Ajaran Teokratis
Pengertian NKRI mengungkapkan tentang tujuan negara dari ajaran Teokratis. Berdasarkan ajarannya, negara memiliki tujuan yaitu supaya masyarakat dapat hidup menggunakan kondusif dan tentram dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Baca jua : Pengertian Sistem Hukum dan Peradilan Nasional Lengkap
Menurut Ajaran Negara Polis
Pengertian NKRI menjelaskan mengenai tujuan negara dari ajaran Negara Polis. Berdasarkan ajarannya, negara memiliki tujuan yaitu agar negara bisa diatur dengan kondusif serta tertib.

Menurut Thomas Aquinas serta Agustinus
Pengertian NKRI menyebutkan tentang tujuan negara dari Thomas Aquinas dan Agustinus. Laski. Berdasarkan pendapatnya negara mempunyai tujuan yaitu agar warga dapat hidup dengan tentram dan aman dalam pimpinan Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut Ajaran Negara Kesejahteraan
Pengertian NKRI menyebutkan mengenai tujuan negara berdasarkan ajaran Negara Kesejahteraan. Berdasarkan ajarannya, negara memiliki tujuan yaitu agar terwujud kesejahteraan yg bersifat generik,

Tujuan NKRI

Setelah membahas tentang pengertian NKRI selanjutnya saya akan membahas tentang tujuan NKRI. Tujuan NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yang mencakup :
  • Untuk menciptakan kecerdasan dalam kehidupan bangsa.
  • Untuk memajukan kesejahteraan yang bersifat umum.
  • Berperan aktif pada ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi, kemerdekaan juga keadilan sosial.
  • Ikut melindungi semua tumpah darah Indonesia bersama segenap bangsa Indonesia.

Fungsi NKRI

Selanjutnya terdapat fungsi NKRI. Pemabahasan ini sebenarnya sudah tercantum dalam pengertian NKRI serta tujuan NKRI. Berikut beberapa fungsi NKRI :
  • Untuk membuat Undang Undang Dasar (UUD).
  • Sebagai pertimbangan.
  • Untuk menciptakan kelembagaan Negara.
  • Untuk membuat peraturan umum maupun Undang Undang.
  • Untuk memilih akbar aturan dari pendapatan negara maupun belanja negara,
  • Sebagai hakim.
  • Untuk mempelajari pertanggungjawaban berdasarkan keuangan negara.
  • Untuk merencanakan aktivitas pembangunan negara.
  • Untuk memakmurkan pemerintahan.
Demikianlah penerangan mengenai pengertian NKRI, tujuan NKRI dan fungsi NKRI. Sebagai warga negara yang baik harusnya kita mempunyai rasa bangga serta cinta tanah air sendiri. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI