Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta Contoh Terbaru

Pengertian Gaya Gravitasi serta Gaya Berat Beserta Contoh - Dalam ilmu fisika masih ada kata tentang gaya gravitasi serta gaya berat. Lalu apa pengertian gaya gravitasi? Apa pengertian gaya berat. Pada dasarnya kita telah menjumpai ke 2 jenis gaya tersebut tetapi kita kurang menyadarinya. Kedua jenis gaya ini jua tak jarang dijadikan soal soal Ujian akhir. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengungkapkan mengenai pengertian gaya gravitasi, pengertian gaya berat bersama model gaya gravitasi serta model gaya berat. Untuk detail bisa anda simak pada bawah ini.

Pengertian Gaya Gravitasi serta Gaya Berat Beserta Contoh

Di bawah ini terdapat penerangan mengenai pengertian gaya gravitasi serta pengertian gaya berat lengkap dengan model gaya gravitasi dan model gaya berat. Berikut ulasan selengkapnya:
Baca pula : Rumus Energi Kinetik Beserta Contoh Soalnya

Gaya Gravitasi

Pengertian gaya gravitasi adalah galat satu jenis gaya yang dipengaruhi oleh gaya tarik sebuah benda ke pusat benda tersebut. Maka menurut itu pengertian gaya gravitasi bumi ialah gaya tarik menarik sebuah benda menuju sentra bumi. Kita bisa menjumpai contoh gaya gravitasi bumi waktu buah mangga atau buah kelapa jatuh ketanah. Lalu bagaimana bila pada bumi nir mempunyai gaya gravitasi? Jika hal ini terjadi maka pada bumi tidak akan ada kehidupan. 

Berdasarkan model gaya gravitasi pada atas dapat kita simpulkan bahwa gaya gravitasi ditentukan oleh ketinggian sebuah benda. Contohnya daerah pantai (dataran rendah) dengan wilayah pegunungan (dataran tinggi). Kedua tempat ini memiliki besar gaya gravitasi yang tidak sama. Untuk daerah pantai memiliki gaya gravitasi yg akbar lantaran ketinggian tempatnya rendah. Sedangkan buat wilayah pegunungan memiliki gaya gravitasi yg mini lantaran ditentukan oleh percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi ialah jeda tempuh suatu benda buat jatuh setiap ketika sekon kuadrat.  Percepatan gravitasi bumi mempunyai akbar 9,8 m/s² atau 10 m/s². Menurut pengertian gaya gravitasi, jenis gaya tersebut berhubungan dengan gaya berat. Hal ini dikarenakan gaya gravitasi mensugesti berat sebuah benda.

Gaya Berat

Pengertian gaya berat merupakan gaya yang dipengaruhi sang gaya gravitasi serta massa benda. Selain itu adapula yang menyebut gaya berat sebagai banyaknya gaya gravitasi yang bekerja dalam sebuah benda. Gaya berat memiliki rumus yg digunakan buat menghitung besar gaya tadi. Berikut rumus gaya berat:
W = m x g
Keterangan:
W = Gaya berat (Newton atau N)
m = Massa benda (kg)
g = Percepatan gaya gravitasi bumi (nilainya 10 m/s²)
Baca pula : Rumus Periode serta Frekuensi Getaran
Contoh Soal Gaya Berat
Sebuah benda jatuh dari ketinggian eksklusif. Apabila massa sebuah benda tadi 4 kg. Maka berapa berat benda tadi?
Pembahasan.
Diketahui : m = 4 kg; g = 10 m/s²
Ditanyakan : W = ?
Jawab :
W = m x g
     = 4 x 10
     = 40 N
Jadi berat benda tersebut artinya 40 Newton.
Berdasarkan contoh gaya berat pada atas dapat disimpulkan bahwa berat menggunakan massa tidak sinkron. Dalam ilmu ekamatra pun massa benda dengan berat benda memiliki arti yang berbeda. Massa artinya banyaknya zat atau materi yg terdapat pada sebuah benda. Sedangkan berat ialah besarnya massa yg dipengaruhi gaya tarik dari bumi.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian gaya gravitasi, pengertian gaya berat bersama model gaya gravitasi serta model gaya berat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI