Pengertian Hakikat dan Fungsi Ideologi Terbaru

Pengertian hakikat dan fungsi ideologi - Munculnya Ideologi itu dikarenakan Manusia selalu melihat bahwa ada hal-hal yang baik serta jelek dalam kehidupannya. Keadaan tersebut mendorong orang buat merumuskan hal-hal yang dipercaya baik dan bagaimana cara mewujudkannya. Jika semua itu bisa dijalankan, pasti akan terwujud kehidupan ideal sebagaimana yg dicita-citakan.

Hakikat Ideologi

Pada hakikatnya, ideologi adalah output refleksi (perenungan dan pemantauan kembali) insan terhadap kehidupan dunianya.  Ideologi bukanlah sedar pengetahuan teoritis belaka, namun merupakan suatu yang dihayati menjadi suatu keyakinan. Ideologi merupakan salah satu pilihan yang jelas dan menuntut komitmen dalam mewujudkanya.

6 Fungsi Ideologi 

Berikut 6 fungsi ideologi, yg perlu Anda ketahui:
1. Struktur konfiguratif, yaitu keseluruhan pengetahuan yang merupakan landasan buat tahu serta menafsirkan dunia dan insiden-kejadian dalam alam sekitarnya.
2. Orientasi dasar ideologi adalah dengan membuka wawasan yg memberi makna serta mewujudkan tujuan dalam kehidupan insan.
3. Norma-norma yg menjadi panduan dan pegangan bagi seseorang buat melangkah serta bertindak.
4. Bekal dan jalan bagi seorang buat memilih identifikasinya.
5. Kekuatan yang mampu mengamati dan mendorong seseorang buat menjalankan kegiatan serta mencapai tujuan.
6. Pendidikan bagi seorang atau warga untuk menghargai, menghayati, serta melakukan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan kebiasaan-norma yg terkandung didalamnya.
Referensi tulisan pengertian hakikat dan fungsi ideologi: Buku Pengayaan Kewarganegaraan buat siswa Sekolah Menengah Atas/MA/SMK Kelas XII Semester 1.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru