Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Penjelasan Lengkap Terbaru

Pengertian Ideologi Secara Umum - Setiap negara dalam dasarnya mempunyai suatu ideologi nasional yg berbeda satu sama lain. Ideologi tadi mempunyai kiprah yang sangat penting,keliru satunya buat menangkal aneka macam ancaman, baik yg datang dari luar juga dalam negeri itu sendiri. Dengan ideologi yang kentara, suatu negara akan mempunyai pedoman serta pegangan dalam menghadapi masalah negaranya. Itulah pentingnya ideologi bagi suatu negara, lantaran hanya negara menggunakan ideologi nasional yg bertenaga yang akan tetap tegak berdiri.
Secara etimologi, ideologi adalah ajaran atau ilmu tentang gagasan serta butir pikiran, atau bisa diartikan menjadi suatu pandangan atau sistem nilai yg menyeluruh serta mendalam, yg dipegang sang suatu warga tentang bagaimana cara sebaiknya bertingkah laris dalam aneka macam kehidupan.
Kata ideologi asal dari bahasa Yunani, yaitu idien yang berarti melihat serta logia yang berarti ajaran atau ilmu. Jadi, ideologi bisa diartikan sebagai ajaran tentang gagasan yg disusun secara sistematis serta menyeluruh tentang insan dan kehidupannya.

8 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli serta  Sumber Terpercaya

1. Rolf Schwarz mendefinisikan bahwa ideologi menjadi agama atau sekumpulan agama, tindakannya.
2. Soerjanto Poespowardoyo mendefinisikan bahwa ideologi merupakan konsep pengetahuan dan nilai yang secara holistik sebagai landasan bagi seorang atau rakyat buat tahu jagat raya serta bumi sesisinya, dan menentukan sikap dasar buat mengelolanya.
3. Hegel mendefinisikan bahwa ideologi merupakan produk kebudayaan suatu rakyat serta karena itu dalam arti tertentu adalah manifestasi kenyataan sosial, jadi bukan suatu yg berdiri sendiri tanggal menurut fenomena hidup warga .
4. Kamus Ilmiah Populer mendefinisikan bahwa ideologi adalah hasrat yang merupakan dasar keliru satu sistem politik, paham agama (ideologi sosialis, ideologi Islam, dan lain-lain).
5. Encyclopedia Internasional mendefinisikan bahwa ideologi merupakan sistem gagasan, keyakinan, serta sikap yang mendasari cara hidup suatu gerombolan , kelas, atau warga eksklusif (system of ideas, belief, and attitudes which underline the way of live in a particular class, group, or society)
6. Laboratorium IKIP Malang mendefinisikan bahwa ideologi adalah seperangkat nilai, wangsit, keinginan, panduan, serta metode melaksanakan serta menunjukkannya.
7. Padmo Wahyono mendefinisikan bahwa ideologi merupakan suatu kesatuan yang bundar , yang utuh berdasarkan ilham-inspirasi dasar. Ideologi merupakan suatu kelanjutan atau konsekuensi dari etos bangsa. Falsafah hayati bangsa berupa seperangkat rapikan nilai yg diutamakan akan terlaksana dalam kehidupan berkelompok.
8. Mubaryanto mendefinisikan bahwa ideologi adalah sejumlah doktrin agama serta simbol-simbol sekelompok rakyat atau suatu bangsa yang sebagai pegangan dan panduan karya atau usaha buat mencapai tujuan.
Dari 8 definisi diatas, bisa dipahami bahwa terminologi ideologi merupakan ciptaan menurut manusia menggunakan asa sebuah kehidupan yang lebih baik.
Selain itu, masih ada beberapa bagian yang membentuk tentang suatu hal dalam ideologi, antara lain:
  1. Seperangkat gagasan yang disusun secara sistematis
  2. Pedoman tentang cara hidup
  3. Sesuatu yang hendak dituju sang suatu kelompok (kelas, negara)
  4. Dipegang teguh oleh grup yg meyakininya.
Referensi goresan pena pengertian ideologi secara generik serta berdasarkan para pakar (penerangan lengkap) : Buku Pengayaan Kewarganegaraan buat Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru