Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli Terbaru

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli- Dalam sebuah negara niscaya selalu berpedoman pada ideologi. Di bangku sekolahpum para murid jua diajarkan mengenai pengertian ideologi, baik secara generik juga menurut para pakar. Lalu apa itu ideologi? Apa pengertian dari ideologi? Sebenarnya pengertian ideologi memiliki poly makna karena dapat berupa pendapat para pakar maupun asal dari beberapa asal. Tetapi semua sumber tersebut bisa disimpulkan menjadi pengertian ideologi sesungguhnya. Lalu apa sih ideologi itu? Pengertian ideologi secara generik ialah sekumpulan ilham, gagasan, agama serta keyakinan yang memiliki sifat sistematis menggunakan tujuan serta arah yg dapat dicapai melalui kehidupan nasional berbangsa dan bernegara.
Ideologi menurut istilah bahasa Inggris yaitu "idea" yang artinya konsep, cita cita, pengertian dasar, gagasan dan istilah "logi" mempunyai istilah Yunani yaitu logos yang berarti pengetahuan aau ilmu. Pengertian ideologi secara harfiah adalah sebuah pengetahuan tentang gagasan, wangsit ilham, pengertian dasar ataupun science of ideas. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih lengkap mengenai pengertian ideologi. Untuk detail bisa anda simak dibawah ini.

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli

Menurut bahasa Yunani, kata ideologi berarti "Idein" yang ialah melihat atau "Idea" yg ialah perawakan, buah pikiran, raut muka, gagasan, logika atau ajaran. Kemudian kata "Logos" yang adalah ilmu. Secara generik pengertian ideologi yaitu sekumpulan pandangan baru, gagasan, agama dan keyakinan yang memiliki sifat sistematis dengan tujuan serta arah yang bisa dicapai melalui aneka macam bidang kehidupan. Bidang tersebut meliputi bidang politik (keamanan, hukum dan pertahanan), bidang kebudayaan, bidang sosial serta bidang keagamaan. 
Pada tahun 1796 terdapat filsuf Perancis yang bernama Destutt de Tracy berhasil menemukan kata ideologi pertama kali. Namun pengertian ideologi tersebut menyebutkan tentang bidang otonom yang menganalisis secara ilmiah mengenai cara berpikir manusia. Namun istilah otonom secara luas berarti metafisika ataupun inspirasi tentang sains. Ideologi tadi diduga bisa menjadi visi yg bersifat komprehensif, cara pandang sesuatu, nalar sehat berdasarkan banyak sekali kecenderungan filosofis, ataupun sekumpulan ide dari pendapat warga mayoritas bagi seluruh anggota masyarakat.

Ideologi tadi dapat menjadi dasar keyakinan pada penyembunyian kontradisksi internal. Yang maksudnya pada sebuah ideologi niscaya menyembunyikan sebuah kontradiksi yang terdapar dalam ajarannya. Contohnya, dalam demokrasi liberal masih ada ajaran yg memiliki kelemahan yg bersifat merugikan sesama insan pada pemberian kesempatan buat lebih berkembang. Manusia yang dianggap gagal adalah orang orang yang tidak sanggup mencapai kesuksesan serta bukan dikarenakan kontradiksi yg terdapat dalam sistem ekonomi tersebut. Sebenarnya pengertian ideologi jua bisa dikemukakan dari para ahli.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
Dibawah ini terdapat beberapa pengertian ideologi dari para pakar. Berikut penjelasannya:

1. Pengertian ideologi dari Francis Bacon ialah sebuah sintesan pemikiran dasar pada sebuah konsep kehidupan.

2. Pengertian ideologi berdasarkan Gunawan Setiardjo ialah sekumpulan gagasan, wangsit, aqidah 'aqliyyah atau akidah melalui proses berpikir yang membangun anggaran pada kehidupan.

3. Pengertian ideologi dari Taqiyuddin An-Nabhani Mabda’ ialah sebuah aqidah 'aqliyyah yang membentuk kehidupan. Aqidah tersebut memiliki makna yg luas yaitu keseluruhan pemikiran mengenai insan, hidup dan alam semesta, baik sebelum maupun setelah kehidupan. Selain itu masih ada kaitannya menggunakan Zat yang sudah membentuk kita sebelum dan selesainya menjalani kehidupan pada global ini. Selain itu terdapat istilah Mabda' yaitu sebuah inspirasi yang fundamental secara keseluruhan tentang manusia, hayati dan alam semesta, baik secara fikrah juga thariqah.
4. Pengertian ideologi menurut Destutt de Tracy artinya pembelajaran tentang pemikiran atau pandangan baru pandangan baru tertentu.

5. Pengertian ideologi menurut Descartes ialah dasar dari semua pemikiran insan.

6. Pengertian ideologi dari Napoleon merupakan seluruh pemikiran politik yg berasal berdasarkan semua rivalnya. 

7. Pengertian ideologi menurut Machiavelli artinya suatu sistem yang melindungi kekuasaan yg dimiliki penguasa.

8. Pengertian ideologi dari Karl Marx merupakan alat yg dipakai dalam mencapai kesejahteraan serta kesetaraan yang sama dalam warga .

9. Pengertian ideologi berdasarkan Thomas H. adalah sebuah cara dalam melindungi kekuasan pemerintah dalam mengatur warga dan tetap dapat bertahan.

10. Pengertian ideologi berdasarkan Dr. Hafidh Shaleh ialah suatu pemikiran ataupun inspirasi yg berupa aqidah aqliyah maupun konsep rasional. Hal ini mengandung solusi maupun akidah dalam merampungkan perkara kehidupan manusia. Pemikiran tadi memiliki metode yg aktual, mempertahankan, serta menyebar pada seluruh dunia. 

Demikianlah penerangan tentang pengertian ideologi baik secara umum juga menurut para pakar. Secara garis akbar ideologi adalah sekumpulan wangsit, gagasan serta keyakinan yang digunakan buat mencapai kehidupan diberbagai bidang. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI