Pengertian Jagat Raya atau Alam Semesta

Jagat raya atau alam semesta (universe) adalah ciptaan Tuhan serta sampai saat ini masih poly rahasia yg belum terpecahkan mengenai alam semesta. Mungkin hingga kiamat pun akal insan tidak akan mampu menjangkaunya. Berikut ini pengertian jagat raya dari banyak sekali sumber:

a. Jagat raya merupakan ruang yg meluas ke segala arah dan memiliki batas-batas yg belum dapat diketahui.
b. Jagat raya diduga berbentuk melengkung dan dalam keadaan memuai.
c. Jagat raya tersusun atas galaksi-galaksi atau sistem perbintangan yg sangat poly sekali.
Di pada ruang angkasa atau jagat raya masih ada ribuan galaksi yg merupakan perpaduan bintang dan keliru satunya merupakan Bima Sakti atau Milky Way. Jadi jagat raya merupakan ruang yg sulit dibayangkan serta diketahui dengan niscaya wujud sebenarnya. Berbagai penelitian pun tidak sanggup menjangkaunya sampai saat ini serta hanya sebatas hipotesa saja.

Jara antar galaksi dengan galaksi lain homogen-homogen lebih menurut 1 juta tahun cahaya. Galaksi merupakan formasi bintang, planet, gas, nebula dan benda langit lainnya yang membangun pulau pada angkasa yg luas. Keberadaan galaksi ini bisa dideteksi dengan teleskop bintang. Teleksop yang kuat mampu melihat 1 milyar galaksi dengan diameter mulai menurut seribu sampai 6 juta tahun cahaya. Secara umum bentuk galaksi dibagi ke pada 4 macam yaitu:

a. Galaksi Spiral
Galaksi ini berbentuk misalnya roda atau kincir menggunakan lengan-lengan berbentuk spiral keluar menurut sentra yang terperinci. (jumlahnya 60% dari total galaksi pada alam semesta).
b. Galaksi Spiral Palang
Galaksi ini punya lengan spiral dan keluar berdasarkan bagian ujung suatu pusat yg berbentuk memanjang. Jumlah galaksi ini lebih kurang 18% pada alam semesta.
c. Galaksi Elips
Galaksi ini berbentuk relatif bulat memanjang atau oval. Jumlahnya 18% menurut total galaksi di alam semesta.
d. Galaksi Tak Beraturan
Galaksi ini berjumlah 4% menurut holistik galaksi serta punya bentuk yg nir jelas.

Galaksi memiliki beberapa ciri yaitu:
1. Galaksi memiliki cahaya sendiri
2. Galaksi lain terlihat di luar galaksi Bima Sakti
3. Jarak antar galaksi dengan galaksi lain sangat jauh
4. Galaksi mempunyai bentuk

Menurut pakar astronomi, ruang antar galaksi menggunakan galaksi lain tidaklah kosong melainkan terdapat zat antar galaksi yg tersusun atas proton, elektron serta ion. Mereka berkecimpung bebas di alam semesta. Galaksi terdekat dengan Bima Sakti adala Andromeda serta Magellan.
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI