Pengertian Jenis dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap Terbaru

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap - Benda benda yg masih ada disekeliling kita dapat dikategorikan sebagai karya seni insan. Halsil karya tadi dapat berasal berdasarkan seni rupa terapan, seni rupa ukir, seni rupa patung serta sebagainya. Seni rupa terapan bisa kita temui sehari hari. Tanpa kita sadari bahwa barang barang yg kita pakai adalah contoh seni terapan. Tetapi lantaran pada karya seni tersebut masih ada fungsi yg dominan maka membuat nilai seni benda ini terabaikan. Tetapi sebelumnya apakah anda mengerti pengertian seni rupa terapan?
Pada pelajaran seni rupa niscaya anda telah dijelaskan mengenai karya seni rupa terapan. Mulai menurut pengertian seni rupa terapan juga model seni rupa terapan. Kali ini materi beajar akan membahas mengenai pengertian seni rupa terapan dan contoh karya seni rupa terapan. Langsung saja bisa anda simak dibawah ini.
Tahukah anda bahwa benda benda sekeliling kita misalnya batik, keramik, serta sebagainya merupakan model seni rupa terapan. Hasil karya tadi mulai diabaikan nilai seninya karena fungsi benda tersebut lebih lebih banyak didominasi. Dibawah ini aku akan menyebutkan mengenai model karya seni rupa terapan dan pengertian seni rupa terapan. 

Pengertian Seni Rupa Terapan

Hasil karya seni adalah benda benda yg sudah diciptakan sang seniman. Karya seni rupa terapan adalah output karya seni rupa yang berguna buat  keperluan sehari hari serta memiliki fungsi eksklusif. Salah satu kegunaannya merupakan nilai seni. Seni rupa tersebut dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu seni rupa 2 dimensi maupun seni rupa tiga dimensi. Pada karya seni rupa terapan memiliki 2 fungsi misalnya fungsi simpel dan fungsi estetis. Pada fungsi karya seni rupa terapan yang bersifat estetis yaitu hanya mementingkan nilai keindahan atau menjadi hiasan saja, contohnya guci, vas bunga, hiasan dinding dn masing poly lagi. Sedangkan fungsi praktis seni rupa terapan adalah lebih mengutamakan tujuan primer terhadap benda yang sudah dibuat, cotohnya meja, kursi, almari dan masih banyak lagi.
Baca pula : Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimens
Pada jaman dahulu karya seni rupa terapan telah terdapat dimasa kerajaan dulu. Pada masa tersebut seni rupa terapan sudah berkembang secara cepat. Karya seni rupa terapan ini mulai ditemukan saat telah ada peleburan logam. Pendapat tadi telah dibuktikan menggunakan adanya peninggalan peninggalan sejarah seni ini. Seni rupa terapan dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
  • Seni Dekorasi adalah seni rupa terapan yang digunakan buat menghias atau mendekor suatu tempat baik berupa anjung maupun ruangan.
  • Seni Arsitektur artinya karya seni rupa terapan yang berwujud gedung, bangunan, serta sebagainya.
  • Seni Ilustrasi ialah seni rupa terapan yg berfungsi menjadi penjelasan tentang sesuatu hal yg berkaitan menggunakan bacaan. Karya seni tadi dapat berupa gambar dan foto tentang cerita kitab fiksi atau nonfiksi.
  • Seni Grafis merupakan seni rupa terapan buat media komunikasi yang berbentuk gambar.
  • Seni Kriya Terapan merupakan karya seni rupa terapan yg terdapat dikehidupan sehari hari yg mempunyai nilai seni.

Contoh Seni Rupa Terapan

Karya seni rupa terapan bisa kita temukan disekeliling kita. Namun apakah anda mengetahui bahwa benda benda yang kita gunakan adalah karya seni tersebut. Berikut contoh seni rupa terapan:
  • Batik
Contoh seni rupa terapan yg pertama merupakan batik. Batik merupakan karya seni tradisional yang berupa kain dengan bagian atasnya masih ada corak atau gambar yang dilukis memakai malam. Batik tadi terdapat di Indonesia dan telah diakusi oleh UNESCO sebagai "Masterpieces of the Oral and Intaghible Heritage of Humanity dalam tanggal 2 Oktober 2018. Batik tersebut ada disekitar daerah di Indonesia dengan motif yang tidak sama beda, Salah satu batik yg terkenal dikalangan rakyat ialah kerajinan batik Solo.
  • Anyaman
Anyaman adalah model seni rupa terapan yang berupa susunan serat yg berbentuk benda. Anyaman tersebut terbuat dari serat dalam tanaman maupun plastik. Karya seni rupa terapan yang berupa anyaman merupakan keset, keranjang, kursi dan masih banyak lagi.  
  • Kerajinan Kulit
Contoh seni rupa terapan dapat berupa kerajinan kulit. Di indonesia terdapat banyak sekali kerajinan kulit seperti sabuk, tas, sepatu dan lain lain. Kerajinan kulit tersebut bisa kita temukan diwilayah daerah  Yogyakarta juga Jawa Barat.
Baca pula : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater
  • Keramik
Salah satu contoh seni rupa terapan merupakan keramik. Keramik merupakan karya seni rupa terapan yang berupa barang yg terbuat menurut tanah lihat yg dibakar manual atau memakai teknologi. Keramik tersebut berupa porselin, gerabah, guci, genteng serta lain lain.
  • Ukiran Batu
Ukiran batu merupakan contoh  seni rupa terapan. Karya seni ini sulit buat dipindahkan lantaran terlalu berat sebagai akibatnya dapat digunakan sekali saja. Hasil karya seni rupa terapan bisa berupa Candi Borobudur, hiasan dinding, ornamen rumah serta sebagainya.
  • Logam
Contoh seni rupa terapan yg terkenal dalam jaman dahulu adalah logam. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya peninggalan logam menurut kerajaan kerajaan terdahulu. Salah satu daerah penghasil logam yg masih ada pada Indonesia ialah wilayah Yogyakarta. Yogyakarta adalah pengrajin perak menggunakan banyak sekali jenis benda. Benda tadi dapat berupa perlengkapan rumah tangga, perhiasan dan hiasan rumah. Logam yg dapat dijadikan sebagai karya seni rupa terapan seperti perak, kuningan juga tembaga.
  • Ukiran Kayu
Contoh seni rupa terapan yg terakhir merupakan ukiran kayu. Hasil karya tadi terkait dengan budaya Melayu. Wilayah negara Indonesia yg merupakan produsen kayu terbaik adalah Jepara.

Demikianlah pengertian karya seni rupa terapan serta model seni rupa terapan yang bisa saya sampaikan. Seni rupa terapan tersebut masih ada beberapa jenis yang bisa ditemukan disekeliling kita. Hargailah setiap karya seni yg sudah diciptakan karena karya seni tersebut adalah curahan aktualisasi diri seorang pengrajin atau pencipta. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI