Pengertian Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi Terbaru

Pengertian, Jenis Jenis serta Contoh Majas Dalam Puisi - Dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat materi mengenai puisi. Puisi tadi telah ada semenjak kurikulum lama sampai kurikulum baru. Didalam puisi terdapat majas yang sangat penting. Majas merupakan bahasa yg latif buat membuat sebuah goresan pena menjadi cantik dalam susunan kalimatnya. Majas tersebut mempunyai dampak eksklusif agar pembaca maupun pendengarnya dapat berimajinasi sinkron istilah istilah pada puisi tadi. Puisi ini dapat dinikmati dalam bentuk verbal maupun goresan pena. Untuk jenis majas pada bahasa Indonesia memang poly seperti yg terdapat dalam pantun, karya tulis, puisi mapun karya sastra lainnya. Namun majas ini seringkali dijumpai dalam karya puisi. Maka menurut itu anda wajib tahu pengertian majas pada puisi, jenis jenis majas dalam puisi, serta contoh majas dalam puisi.
Majas dalam puisi mempunyai manfaat yang relatif akbar lantaran menciptakan istilah istilah tertentu yg indah sebagai akibatnya membuat pembaca seakan akan mengalami kejadiannya eksklusif atau berimajinasi. Dalam sebuah karya tulis ini poly kita temukan jenis jenis majas pada puisi. Majas ini memang memiliki majemuk jenis, maka berdasarkan itu contoh majas pada puisi juga banyak. Membuat sebuah puisi nir sesulit yang dibayangkan, lantaran terdapat banyak gaya bahasa yg menarik serta latif. Pada kesempatan kali ini saya akan mengungkapkan tentang pengertian majas pada puisi, jenis jenis majas dalam puisi, dan contoh majas dalam puisi. Untuk detail dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian, Jenis Jenis serta Contoh Majas Dalam Puisi

Syarat primer buat membuat goresan pena menjadi menarik ataupun nir artinya penggunaan majas yg baik dalam puisi. Maka menurut itu seseorang pengarang juga penulis dituntut buat mempunyai kemampuan bahasa yang baik. Seorang penulis dibutuhkan mengetahui pengertian majas pada puisi, jenis jenis majas dalam puisi, dan contoh majas dalam puisi. Jadi anda wajib poly berlatih buat menyusun bahasa yg baik sehingga nantinya dapat terlatih pada menciptakan majas yang menarik. Dibawah ini terdapat penerangan lengkap tentang majas dalam puisi.
Baca pula : Pengertian serta Jenis Jenis Kalimat Tanya Beserta Contoh

Pengertian Majas

Sebelum membuat puisi, sebelumnya anda harus mengetahui tentang pengertian majas. Pengertian majas bisa dijelaskan melalui beberapa pendapat. Berikut pengertian majas pada puisi dari beberapa asal :

1. Pengertian majas menurut KBBI yaitu penggunaan bahasa yang kaya, penggunaan jenis kata tertentu supaya mendapatkan dampak eksklusif dalam sebuah karya sastra sebagai akibatnya menaruh dampak lebih hayati, keragaman ciri bahasa yang berkelompok dan cara khusus dalam membicarakan perasaan dan pikiran dalam bentuk verbal ataupun tulisan.
2. Pengertian majas dari Gorys Keraf yaitu cara mengekspresikan pikiran melalui bahasa khas yg dapat menggambarkan kepribadian serta jiwa penulis.
3. Pengertian majas dari Henry Guntur Tarigan yaitu penggunaan bahasa imajinatif menggunakan kata kata yg memiliki pengertian bukan sebenarnya. Majas tadi termasuk bahasa yang latif, bahasa khas yang berguna pada menaikkan dan meninggikan benda benda eksklusif pada sebuah puisi. Dengan istilah lain, kata kata tersebut memiliki konotasi serta nilai yang menarik.
4. Pengertian majas berdasarkan Arrazi Ibrahim yaitu teknik dalam berbahasa sebagai akibatnya menciptakan impak yg imajinatif, ekspresif dan indah. 

Jenis Jenis serta Contoh Majas Dalam Puisi

Jenis jenis majas pada puisi bisa dibedakan sebagai empat kategori secara garis besar . Kategori majas tersebut meliputi majas sindiran, majas perbandingan, majas penegasan dan majas kontradiksi. Setiap kategori tersebut mempunyai contoh majas pada puisi yang tidak selaras. Berikut penjelasan mengenai jenis jenis majas beserta contoh majasnya :

Majas Perbandingan
Jenis majas dalam puisi yg pertama ialah majas perbandingan. Majas perbandingan merupakan kategori majas yang memiliki kata istilah kiasan buat menyatakan perbandingan sehingga dapat membuat kesan pendengar juga pembaca lebih tinggi. Jenis majas ini bisa dibagi lagi dari cara pengambilannya yaitu :

Perumpamaan atau Asosiasi
Majas asosiasi tergolong pada jenis jenis majas pada puisi. Majas ini adalah jenis majas yg membandingkan dua hal yg tidak selaras namun sengaja untuk disamakan. Majas perumpamaan bisa ditandai dengan istilah bagaikan, misalnya, bagai, laksana serta seumpama. Berikut model majas pada puisi berupa perumpamaan :
  • Pendiriannya teguh bagaikan gunung.
  • Mukanya merah bagai tomat.
  • Wajahnya putih higienis bagaikan air susu.

Metafora
Majas metafora tergolong dalam jenis jenis majas pada puisi. Majas ini adalah jenis majas yg membicarakan perbandingan analogis secara langsung. Penggunaan kata maupun kalimatnya tidak memiliki arti yg sebenarnya, namun menyampaikan sebuah perbandingan ataupun persamaannya.  Berikut contoh majas dalam puisi berupa metafora :
  • Engkau belahan jiwaku sayang. (sangat penting)
  • Raja malam datang dari ufuk barat.
  • Karina artinya bintang luar negeri.
  • Buah hatiku.
  • Ia dipercaya bidadari surga sang para lelaki.
Baca pula : Penggunaan EYD Yang Baik dan Benar
Personifikasi
Majas personifikasi tergolong dalam jenis jenis majas dalam puisi. Majas personifikasi merupakan jenis majas yang berisi perbandingan benda benda yg tidak mempunyai nyawa seakan akan mempunyai sifat misalnya insan. Berikut model majas dalam puisi berupa personifikasi :
  • Ombak mencabik cabik semua kerangka perahu.
  • Suaranya nyaring sekali sampai merobek telingaku.
  • Rumput itu bergoyang dalam hembusan angin yg sepoi sepoi.

Alegori
Majas alegori tergolong pada jenis jenis majas pada puisi. Majas alegori adalah jenis majas perbandingan yang berisi mengenai satu tautan menggunakan tautan lain secara utuh. Majas ini dinyatakan pada bentuk kiasan juga penggambaran. Berikut model majas dalam puisi berupa alegori :
  • Anak bagaikan penerus, Orang tua bagaikan pendukung.
  • Guru bagaikan pahlawan tanpa tanda jasa, Murid bagaikan penerus bangsa.

Simbolik
Majas simbolik tergolong pada jenis jenis majas dalam puisi. Majas simbolik adalah jenis majas yang mendeskripsikan sesuatu hal melalui sebuah hewan, tumbuhan, benda maupun dalam bentuk simbol lainnya. Berikut model majas pada puisi berupa simbolik :
  • Ia terkenal menjadi ular berbisa.
  • Rumah itu mewah bak istana kerajaan.
  • Ia merupakan janda kembang didesa ini.
  • Riko mempunyai sifat seperti bunglon.
  • Teratai melambangkan sebuah darma.

Metonimia
Majas metonimia tergolong dalam jenis jenis majas pada puisi. Majas metonimia ialah jenis majas yg memanfaatkan lebel juga karakteristik menurut suatu benda untuk menukar dengan benda lain. Majas ini umumnya menggunakan nama merek, atribut maupun karakteristik khas benda tersebut. Berikut contoh majas pada puisi berupa metonimia :
  • Disakunya selalu terdapat tujuh enam. (artinya terdapat rokok 76)
  • Ayah selalu minum kapal barah. (merupakan minum kopi kapal barah)
  • Ibu pergi keluar negeri naik Citilink. (adalah naik pesawat Citilink)

Sinekdok
Majas sinekdok tergolong dalam jenis jenis majas pada puisi. Majas sinekdok merupakan jenis majas perbandingan yang mengungkapkan bagian tertentu buat menggantikan benda lain secara terbalik maupun holistik. Majas ini dapat dibagi sebagai 2 yaitu majas pars pro toto (mengungkapkan sebagian bagi holistik) dan majas totem pro parte (membicarakan keseluruhan bagi sebagian). Berikut contoh majas pada puisi berupa sinekdok :
  • Sampai dtk ini Ina belum terlihat btg hidungnya. (Pars pro toto)
  • Per kepala wajib membayar uang kos Rp. 150.000. (Pars po toto)
  • Pertandingan sepak bola mengalami babak final antara Rt. 05 melawan Rt. 06. (Totem pro parte)
  • Indonesia akan menerima juaranya malam nanti. (Totem pro parte)

Simile
Majas simile tergolong dalam jenis jenis majas pada puisi. Majas simile artinya jenis majas yg membandingkan istilah eksplisit dengan menyatakan penghubung ataupun kata depan. Majas ini ditandai menggunakan kata umpama, layaknya, bagai, bagaikan, bak dan ibarat. Berikut model majas dalam puisi berupa simile :
  • Kau bagaikan barah serta saya bagaikan airnya.
  • Dina dan Dino layaknya dimabuk asmara.
Baca pula : 20 Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya
Majas Pertentangan
Jenis majas dalam puisi selanjutnya merupakan majas pertentangan. Majas pertentangan merupakan jenis majas yg berisi istilah kata kiasan menggunakan maksud menentang sesuatu hal serta memberikan pengaruh dan kesan kepada pembaca atau pendengar lebih kuat. Majas kontradiksi bisa dibagi menjadi beberapa jenis dengan contoh yg tidak sinkron. Berikut penerangan tentang jenis jenis majas kontradiksi bersama contoh majas dalam puisi :

Antitesis
Majas antitesis tergolong jenis majas dalam puisi kategori kontradiksi. Majas antitesis artinya jenis majas yg digunakan sang sepasang istilah istilah menggunakan arti yg antagonis. Berikut model majas pada puisi berupa antitesis :
  • Besar mini , tua belia, ikut berperan dan dalam perlombaan itu.
  • Cantik tidak baik, kaya miskin mempunyai persamaan yaitu ciptaan Tuhan.


Paradoks
Majas lawan asas tergolong jenis majas pada puisi kategori pertentangan. Majas lawan asas artinya jenis majas yang berisi pertentangan tentang fakta dengan pernyataan yang ada. Berikut contoh majas dalam puisi berupa lawan asas :
  • Aku kesepian ditengah tengah keramaiaan ini. 
  • Ia menderita diatas kebahagiaan yang ada.

Hiperbola
Majas berlebihan tergolong jenis majas pada puisi kategori pertentangan. Majas hiperbola ialah jenis majas yang dinyatakan secara hiperbola dibandingkan fenomena sebenarnya. Majas ini berguna buat membentuk kesan yg mendalam dan meminta suatu perhatian. Berikut contoh majas dalam puisi berupa berlebihan :
  • Kulitnya putih seputih susu.
  • Wajahnya bersinar menyilaukan mata.

Litotes
Majas litotes tergolong jenis majas dalam puisi kategori pertentangan. Majas litotes merupakan jenis majas yg  mengungkapkan suatu hal yang antagonis menurut kenyataan sebenarnya yaitu dengan mengurangi juga mengecilkannya. Berikut model majas pada puisi berupa litotes :
  • Kenapa engkau baik dengan orang jahat sepertiku?
  • Makanlah menggunakan nasi dan air putih seadanya itu.

Majas Penegasan
Jenis majas dalam puisi selanjutnya ialah majas penegasan. Majas penegasan merupakan jenis majas yg berisi kata kata kiasan buat memberikan penegasan pada pembaca maupun pendengar sebagai akibatnya dapat membangun kesan dan imbas. Majas ini bisa dibagi sebagai beberapa jenis. Setiap jenis memiliki contoh majas dalam puisi yg tidak sinkron. Berikut penjelasan jenis jenis majas penegasan bersama contohnya :

Pleonasme
Majas pleonasme tergolong jenis majas dalam puisi kategori penegasan. Majas pleonasme merupakan jenis majas yang berisi penegasan sesuatu hal menggunakan kata istilah hiperbola. Berikut model majas dalam puisi berupa pleonasme :
  • Semua pekerja diatas hiharapkan buat segera turun kebawah.
  • Semuanya mendongak ke atas buat melihat pertunjukan berdasarkan pesawat tempur.

Repetisi
Majas repetisi tergolong jenis majas pada puisi kategori penegasan. Majas repetisi artinya jenis majas yg berisi tentang pengulangan kata. Berikut model majas dalam puisi berupa repetisi :
  • Dialah cintaku, dialah belahan jiwaku serta dialah masa depanku.
  • Kau bagaikan sayapku, kau bagaikan rumahku serta kau bagaikan semangat hidupku.
Baca pula : 18 Contoh Kata Serapan dan Penggunaan Dalam Kalimat
Paralelisme
Majas paralelisme tergolong jenis majas dalam puisi kategori penegasan. Majas paralelisme adalah majas penegasan yang berupa perulangan dalam sebuah puisi. Berikut model majas dalam puisi berupa paralelisme :
  • Cinta merupakan pemberian .
  • Cinta merupakan kebahagiaan.
  • Cinta merupakan misteri.

Tautologi
Majas tautologi tergolong jenis majas pada puisi kategori penegasan. Majas tautologi adalah jenis majas penegasan yang berisi pengulangan istilah sebanyak beberapa kali dalam sebuah kalimat puisi. Pengulangan istilah tersebut biasanya menggunakan persamaan istilah atau sinonim. Berikut model majas dalam puisi berupa tautologi :
  • Benar, benar, sahih itu perasaanku. Aku hanya ingin menyampaikan perasaanku saja.
  • Kita tidak boleh berperilaku dursila, kejam, dan keji.

Klimaks
Majas klimaks tergolong jenis majas pada puisi kategori penegasan. Majas klimaks adalah jenis majas yang mengungkapkan sesuatu hal secara urut dengan cara meningkat. Berikut model majas pada puisi berupa klimaks :
  • Semua bagian dari cleaning servis, karyawan serta manajer perusahaan ikut berperan aktif pada memajukan perusahaan.
  • Setiap orang menurut anak anak, remaja, hingga orang dewasa memiliki hak eksklusif.

Antiklimaks
Majas antiklimaks tergolong jenis majas pada puisi kategori penegasan. Majas antiklimaks merupakan jenis majas yg mengungkapkan sesuatu hal secara urut dengan cara menurun. Berikut model majas dalam puisi berupa antiklimaks :
  • Dikota, desa, sampai kampung pelosok memiliki tata cara istiadatnya masing masing.
  • Dari presiden, gubernur, camat, ketua RT merayakan HUT RI ke 60.

Retorik
Majas retorik tergolong jenis majas pada puisi kategori penegasan. Majas retorik artinya jenis majas yg berupa pertanyaan tetapi nir membutuhkan jawaban. Majas ini memiliki tujuan buat menggugah, menyindir serta menegaskan. Berikut model majas pada puisi berupa retorik :
  • Kata siapa kaya mampu tiba pada orang yang malas malasan?
  • Apakah dia yang selama ini kamu puji puji?

Majas Sindiran
Jenis majas pada puisi yg terakhir ialah majas insinuasi. Majas insinuasi merupakan majas yang berisi istilah kata kiasan dengan maksud menyindir sebagai akibatnya pembaca maupun pendengar bisa terpengaruh serta terkesan. Majas sindiran dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenisnya memiliki model majas pada puisi yg berbeda. Berikut jenis jenis majas sindiran bersama misalnya :

Ironi
Majas ironi tergolong jenis majas pada puisi kategori insinuasi. Majas bertentangan dengan harapan adalah jenis majas yg berisi mengenai hal hal yg bertentangan dengan tujuan buat menyindir. Berikut contoh majas pada puisi berupa bertentangan dengan harapan :
  • Ini yang namanya siswa rajin, setiap hari selalu pergi duluan.
  • Indah sekali suaramu, saking indahnya sampai lebih baik kamu diam.

Sinisme
Majas sinisme tergolong jenis majas dalam puisi kategori insinuasi. Majas sinisme artinya jenis majas yang menyindir seseorang secara pribadi. Berikut model majas dalam puisi berupa sinisme :
  • Cara bicaramu itu sangat kasar, tidak sepadan dengan pendidikanmu.
  • Lama lama aku mampu kesal melihatmu berperilaku udik misalnya itu.

Sarkasme
Majas sarkasme tergolong jenis majas dalam puisi kategori insinuasi. Majas sarkasme ialah jenis majas yg berisi insinuasi kasar. Majas tersebut diucapkan sang seorang yg sedang murka . Berikut contoh majas pada puisi berupa sarkasme :
  • Mau meledak saya mendengar istilah katamu, diam kamu!
  • Dasar lemah, begini saja nir kuat!

Inilah penjelasan tentang pengertian majas dalam puisi, jenis jenis majas dalam puisi dan contoh majas dalam puisi. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI