Pengertian Jenis Jenis dan Contoh Konjungsi Terbaru

Pengertian, Jenis Jenis, serta Contoh KonjungsiDalam pelajaran Bahasa Indonesia masih ada materi tentang konjungsi. Materi tadi mengandung pengertian konjungsi, jenis jenis konjungsi, serta model konjungsi. Konjungsi tadi tidak hanya ditemukan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Namun hampir seluruh kalimat mengandung konjungsi. Konjungsi bisa disebut kata hubung lantaran mengubungkan satu kata dengan kata lain agar sebagai sebuah kalimat yang baik. Maka dari itu istilah konjungsi berperan penting dalam membuat sebuah kata sebagai lebih rupawan serta lezat dibaca. Jika diibaratkan sesuatu yg mini dapat berperan akbar bila penempatannya sesuai serta pas. Contohnya sel tubuh manusia, bila galat satu sel pada tubuh mengalami kerusakan akan mengganggu sel sel tubuh lainnya.
Dalam konjungsi pula misalnya sel tubuh tadi. Apabila konjungsi tersebut masih ada kesalahan pemilihan, penempatan ataupun peletakkan posisi yg tidak pas akan mengakibatkan kalimat sebagai ambigu. Maka dari itu anda harus tahu lebih dalam tentang konsep konjungsi. Konjungsi ini juga digunakan dalam pembuatan cerita, kalimat, ataupun karya sastra lainnya. Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan tentang pengertian konjungsi, jenis jenis konjungsi, dan contoh konjungsi. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak dibawah ini.

Pengertian, Jenis Jenis, serta Contoh Konjungsi

Dalam menciptakan sebuah teks cerita bisa memakai kata sambung atau konjungsi. Kata sambung tadi dapat memaparkan urutan peristtiwa sehingga lebih gampang dipahami. Konjungsi tadi berguna buat menggabungkan 2 klausa atau lebih. Konjungsi memiliki nama lain yaitu kata penghubung, istilah sambung serta kata hubung. Pembuatan kalimat Bahasa Indonesia memang harus memperhatikan beberapa hal misalnya kaidah penyusunan kalimat, konjungsi serta ejaan yang disempurnakan. Maka berdasarkan itu konjungsi sangat penting buat menciptakan kalimat gampang dipahami, efektif dan baik. Berikut penerangan tentang pengertian konjungsi, jenis jenis konjungsi, dan model konjungsi.

Pengertian Konjungsi

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian konjungsi. Konjungsi atau kata hubung merupakan sebuah istilah tugas yang mempunyai fungsi buat menghubungkan antar kalimat, antar klausa, juga antar paragraf. Untuk konjungsi antar klausa letaknya pada tengah kalimat, konjungsi antar kalimat terletak di awal kalimat yaitu selesainya indikasi seru, pertanda titik ataupun pertanda tanya. Sedangkan buat konjungsi antar paragraf terletak di bagian awal paragrafnya.

Jenis Jenis dan Contoh Konjungsi

Selanjutnya aku akan menyebutkan mengenai jenis jenis konjungsi bersama model konjungsi. Konjungsi bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu konjungsi antar paragraf, konjungsi antar klausa, serta konjungsi antar kalimat. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai jenis jenis konjungsi bersama contoh konjungsinya.

Konjungsi antar Klausa
Jenis konjungsi yang pertama artinya konjungsi antar klausa. Jenis konjungsi ini bisa dibagi sebagai tiga jenis lagi yaitu :

Konjungsi Koordinatif
Jenis konjungsi antar klausa yang pertama adalah konjungsi koordinatif. Konjungsi koordinatif artinya jenis konjungsi yang bermanfaat menjadi penghubung 2 klausa atau lebih dengan status sintaksis yang sama atau konjungsi setara. Contoh konjungsi koordinatif : Dan (menyebutkan tentang penambahan), Namun (menyebutkan tentang perlawanan), Atau (menyebutkan tentang pemilihan).

Konjungsi Subordinatif
Jenis konjungsi antar klausa selanjurnya artinya konjungsi subordinatif. Konjungsi subordinatif ialah jenis konjungsi yang bermanfaat sebagai penghubung 2 klausa atau lebih dengan status sintaksis yang tidak sinkron atau konjungsi bertingkat. Contoh konjungsi subordinatif :
  • Andaikata, sekiranya, andaikan, umpamanya, andai kata (mengungkapkan tentang pengandaian).
  • Biar, supaya, agar (menjelaskan tentang tujuan).
  • Asal(kan), jika, apabila, jika, manakala, jikalau (menyebutkan mengenai kondisi).
  • Sebagaimana, laksana, seolah olah, seperti, sebagai, seakan akan (menjelaskan tentang pemiripan).
  • Oleh lantaran, karena, lantaran (menyebutkan tentang sebab).
Baca jua : Jenis Jenis Prosa Lama serta Prosa Baru
  • Sekalipun, kendatipun, biarpun, sungguhpun, walaupun, meskipun (mengungkapkan mengenai konsesif).
  • Maka(nya), sampai, sampai (-sampai), sebagai akibatnya (menjelaskan mengenai dampak).
  • Bahwa (mengungkapkan tentang penjelasan).
  • Sambil, sesudah, selagi, selesainya, seraya, sehabis, selama, sebelum, sampai, terselesaikan, sampai, waktu, ad interim, sejak, sewaktu, tatkala (menjelaskan mengenai saat).
Konjungsi Korelatif
Jenis konjungsi antar klausa yg terakhir artinya konjungsi korelatif. Konjungsi korelatif ialah jenis konjungsi yg bermanfaat sebagai penghubung 2 frasa, dua klausa ataupun 2 istilah menggunakan status sintaksis yang sama atau konjungsi setara. Untuk jenis konjungsi tersebut tersusun oleh dua bagian yg terpisah antara satu frasa, klausa ataupun kata yang saling terhubung satu sama lain. Contoh konjungsi korelatif :
  • (Se)demikian (rupa) … sebagai akibatnya …
  • Bukan hanya …, melainkan …
  • Baik … maupun …
  • Tidak hanya …, tetapi ( …) jua …
  • Apa(kah) … atau …
  • Entah … entah …
  • Jangankan …, …pun.

Konjungsi antar Kalimat
Jenis konjungsi selanjutnya ialah konjungsi antar kalimat. Konjungsi antar kalimat merupakan jenis konjungsi yg menyambungkan satu kalimat menggunakan kalimat lainnya. Maka dari itu penggunaan konjungsi ini ialah mengawali satu kalimat baru dan penulisan kalimat pertamanya memakai alfabet kapital karena berada diawal kalimat. Contoh konjungsi antar kalimat :
  • Sungguhpun demikian/begitu, sekalipun demikian/begitu, meskipun demikian/begitu, biarpun demikian/begitu, andaipun demikian/begitu (mengungkapkan tentang ketersediaan pada melakukan sesuatu).
  • Sesudah itu, selanjutnya, lagi juga, selain itu, lalu, tambahan jua, setelah itu (menjelaskan mengenai keadaan diluar hal yg sudah dinyatakan, insiden, ataupun terdapat hal lain)
  • Sebaliknya (mengungkapkan mengenai kebalikan menurut sesuatu hal yang sudah dinyatakan sebelumnya).
Baca jua : 8 Contoh Percakapan Dua Orang di Telepon
  • Bahwasannya, sesungguhnya (menjelaskan tentang keadaan sebenarnya).
  • Bahkan, malahan (menjelaskan mengenai penguatan keadaan dari pernyataan sebelumnya).
  • Namun, kecuali itu, akan tetapi (mengungkapkan tentang kontradiksi antara keadaan keadaan sebelumnya).
  • Dengan demikian (menjelaskan tentang konsekuensi).
  • Oleh sebab itu, oleh karena itu (mengungkapkan tentang dampak).
  • Sebelum itu (mengungkapkan insiden yang mendahului hal yang sudah dinyatakan sebelumnya).

Konjungsi antar Paragraf
Jenis konjungsi yg terakhir ialah konjungsi antar paragraf. Konjungsi antar paragraf adalah jenis konjungsi yang bermanfaat buat menyambungkan satu paragraf dengan paragraf lain. Konjungsi tadi memiliki fungsi buat membuat paragraf menjadi sistematis, unity, serta koheren. Konjungsi antar paragraf terletak diawal paragraf. Contoh konjungsi antar paragraf : Berdasarkan..., Oleh karenanya..., Disamping..., Tak hanya menjadi..., Terlebih lagi...

Demikianlah penerangan tentang pengertian konjungsi, jenis jenis konjungsi, dan contoh konjungsi. Konjungsi bisa memiliki peran penting dalam kalimat apabila pemilihan, peletakkan dan penggunaannya sinkron serta tepat. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI