Pengertian Kalimat Mayor dan Kalimat Minor Beserta Contohnya Terbaru

Pengertian Kalimat Mayor serta Kalimat Minor Beserta Contohnya - Kalimat mayor serta kalimat minor termasuk ke dalam jenis jenis kalimat Bahasa Indonesia. Pada dasarnya jenis kalimat Bahasa Indonesia cukup majemuk misalnya kalimat majemuk, kalimat interogasi, kalimat tanya, dan masih poly lagi. Lalu apa pengertian kalimat mayor itu? Apa pengertian kalimat minor? Apa saja model kalimat mayor? Apa saja model kalmat minor?
Kalimat mayor dan kalimat minor dalam dasarnya saling berkaitan. Tetapi ke 2 jenis kalimat ini mempunyai perbedaan bila dipandang menurut segi sususan kalimatnya. Pada pembahasan kali ini aku akan menyebutkan mengenai pengertian kalimat mayor, pengertian kalimat minor, model kalimat mayor dan model kalimat minor. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak di bawah ini.

Pengertian Kalimat Mayor serta Kalimat Minor Beserta Contohnya

Untuk pembahasan kali ini, saya akan menjelaskannya satu persatu, mulai berdasarkan pengertian kalimat mayor, pengertian kalimat minor, contoh kalimat mayor hingga contoh kalimat minor. Berikut ulasan selengkapnya:

Kalimat Mayor

Pengertian kalimat mayor merupakan jenis kalimat yg sekurang kurangnya mengandung dua susunan kalimat yaitu Subjek maupun Predikat. Dengan kata lain Objek dan Keterangannya dapat ditambahkan ataupun tidak (sifatnya opsional). Jenis kalimat ini lebih mengutamakan makna. Berikut beberapa model kalimat mayor:
  • Dina akan pulang ke Bandung besok.
  • Kapan kita rekreasi ke Jogja?
  • Besok pagi kita akan mensurvei tempat tempat OJT.
  • Kebahagiaan asal berdasarkan pada diri sendiri.
  • Kakakku memiliki bakat melukis.
  • Aku diminta untuk membersihkan halaman rumah.
  • Ibu membeli sayur di pasar.
  • Adikku pandai menyanyi semenjak umur 6 tahun.
  • Aku memberitahu orang tuaku bahwa senin besok aku akan pulang.
  • Aku wajib belajar buat ulangan besok.
Baca pula : 50 Contoh Kalimat Ajakan Dalam Bahasa Indonesia
  • Aku ingin menceritakan pengalamanku kepadamu.
  • Saya pernah jatuh menurut sepeda motor.
  • Aku merasa kesepian ditengah tengah keramaian kota.
  • Sekarang aku memahami bahwa ia sahabat yang tidak baik.
  • Kaila menangis karena terjatuh berdasarkan sepeda.
  • Aku bersama sahabat sahabat menonton film Habibie dan Ainun.
  • Aku turut sedih karena insiden yang menimpamu.
  • Masakan ibuku sangat lezat .
  • Kerajinan menurut rotan ini sangat indah.
  • Adik dibelikan sepeda sang Ayah.
  • Aku membaca novel yang sangat mengharukan.
  • Pak pengajar mengetahui siswa murid yg mencontek.
  • Aku mengajak keluargaku buat rekreasi ke Kebun Binatang.
  • Rasya meminjam kitab Rina tadi siang.
  • Rika serta Kaila buka puasa bersama di Resto Matahari.

Kalimat Minor

Kata minor ialah mini . Pengertian kalimat minor ialah jenis kalimat yg hanya mengandung satu unsur kalimat saja. Unsur kalimat tadi berupa pedikat. Dengan istilah lain kalimat minor hanya mengandung unsur predikat saja. Biasanya kalimat minor digunakan buat ajakan, seruan, jawaban pertanyaan, perintah, embargo serta sebagainya. Berikut beberapa contoh kalimat minor:
  • Selamat malam!
  • Ohayogozaimasu!
  • Sekarang.
  • Nanti.
  • Salam kangen!
  • Bulan depan.
  • Hanya semalam.
  • Bapak.
  • Bu Rina.
  • Alhamdulillah.
  • Astaga!
  • Menakjubkan.
  • Aduh!
Baca pula : Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi
  • Dimana?
  • Tidak!
  • Baik!
  • Oke!
  • Teruntuk Ibu.
  • Bagaimana?
  • Jangan!
  • Siapa?
  • Tidak boleh.
  • Ke Surabaya.
  • Syukurlah.
  • Jujur serta Istiqomah.
Demikianlah penerangan tentang pengertian kalimat mayor, pengertian kalimat minor, contoh kalimat mayor serta contoh kalimat minor. Kalimat mayor merupakan kalimat yang tersusun oleh minimal 2 unsur kalimat misalnya subjek serta predikat. Sedangkan kalimat minor merupakan kalimat yang hanya tersusun oleh predikat saja. Semoga artikel ini dapat berguna. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI