Pengertian Kalimat Sumbang Tidak Padu Beserta Contoh Lengkap Terbaru

Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap - Kalimat artinya serangkaian istilah yang bisa berdiri sendiri dan dapat dihubungkan sebagai satu hingga membangun sebuah makna eksklusif. Kalimat pada Bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa jenis misalnya kalimat beragam, kalimat tidak sinkron (nir padu), dan sebagainya. Salah satu jenis kalimat yang sering digunakan sebagai soal soal ujian saat masih dibangku sekolah adalah kalimat sumbang atau kalimat nir padu. Jenis kalimat ini adalah kalimat yg salah satunya nir berkaitan dengan kalimat utama. Lalu bagaimana cara menemukan kalimat tidak sinkron? Nah kali ini saya akan membahas tentang pengertian kalimat sumbang beserta model kalimat tidak sinkron. Untuk detail bisa anda simak di bawah ini.

Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Contoh Lengkap

Dalam pembahasan ini, saya akan jelaskan sebagai 2 sub pilihan menu yakni pengertian kalimat tidak sinkron dan model kalimat tidak sinkron. Untuk pengertian kalimat tidak sinkron tadi berisi karakteristik karakteristik kalimat tidak sinkron dan cara menemukan kalimatnya. Berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian Kalimat Sumbang

Pengertian kalimat sumbang secara singkat artinya jenis kalimat yg nir berkaitan menggunakan gagasan utama atau keluar berdasarkan topik pembicaraan. Adapula pengertian kalimat tidak sinkron dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu kalimat yang bertolak belakang serta tidak mendukung kalimat utamanya. Kalimat sumbang bisa disebut menjadi kalimat nir padu. Hal ini dikarenakan pada menuangkan inspirasi/gagasan masih ada kesalah pahaman penulisan sehingga menciptakan kalimatnya terdengar rancu (nir jelas). Untuk membedakannya menggunakan kalimat lain, kalimat sumbang mempunyai karakteristik karakteristik kalimatnya sendiri. Sebelum berkecimpung menuju contoh kalimat sumbang atau contoh kalimat tidak padu, silahkan simak ciri ciri kalimat sumbang dibawah ini:
  1. Kalimatnya bertolak belakang menggunakan gagasan primer yg ingin disampaikan penulis. Maka menurut itu, anda dapat menemukannya menggunakan gampang bila teliti.
  2. Kalimatnya nir hanya bertolak belakang namun juga tidak nyambung menggunakan kalimat kalimat sebelumnya.
  3. Kalimatnya keluar dari kalimat inti pada paragraf.
Dalam pengertian kalimat tidak sinkron ini, saya pula akan memberikan beberapa cara menemukan kalimat sumbang menggunakan gampang. Berikut cara menemukan kalimat sumbang :
  • Langkah pertama ialah membaca paragraf secara menyeluruh. Setelah itu carilah kalimat  utama serta kalimat penjelasnya.
  • Jika anda telah menemukan kalimat primer dan kalimat penjelas, perhatikan satu persatu kalimat kalimatnya apakah saling berkaitan/berhubungan satu sama lain. Contohnya kalimat  utamanya nir sesuai menggunakan kalimat penjelasnya ataupun sebaliknya. Jika masih ada kalimat yg keluar menurut topik pembicaraa (kalimat inti) maka kalimat tersebut bisa mengkategorikan menjadi kalimat tidak padu (sumbang).
  • Untuk memastikannya lagi, maka baca ulang paragraf tadi.

Contoh Kalimat Sumbang

Dibawah ini terdapat beberapa model kalimat sumbang yang sudah saya sajikan buat anda.

Contoh 1
Desaku mempunyai alam yang asri dan nyaman (1). Disekeliling kampungpun udaranya sangat sejuk serta segar, bahkan tidak terdapat polusi sedikitpun (dua). Disetiap rumah serta jalan pula masih ada pepohonan yg hijau dan rindang (3). Orang orang sedang lelap tertidur (4). Selain asri, desaku pula permai lantaran masih masih ada sawah hijau yg terbentang luas (lima). Keindahan desaku tidak hanya itu lantaran desaku seolah olah diselimuti permadani emas dikala panen datang (6). Apalagi didesaku juga terdapat sungai yang jernih dan terawat sehingga menambah kenyamanan disini (7).
Berdasarkan model kalimat sumbang diatas dapat kita temukan kalimat utamanya yaitu "Desaku memiliki alam yg asri dan nyaman". Kemudian kalimat penjelasnya adalah kalimat angka dua, tiga, lima, 6, dan 7. Untuk kalimat angka 4 termasuk kalimat sumbang karena keluar dari kalimat inti.

Kalimat angka 4 artinya "Orang orang sedang lelap tertidur". Hal ini tentunya tidak berkaitan dengan kalimat utama, maka berdasarkan itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tidak padu.

Contoh 2
Olahraga adalah kunci kesehatan tubuh (1). Dengan berolahraga, metabolisme dalam tubuh akan semakin tinggi dan bekerja dengan baik sehingga penyerapan zat makanan dapat berjalan dengan aporisma (dua). Nutrisi makanan yang sudah terserap akan berguna buat organ organ pada tubuh kita (tiga). Jika organ organ tubuh kita bekerja menggunakan baik maka dapat menciptakan tubuh lebih sehat serta jauh dari berbagai penyakit (4). Maka dari itu olahraga relatif menyenangkan buat dilakukan (lima).

Berdasarkan model kalimat sumbang diatas dapat kita temukan kalimat utamanya yaitu "Olahraga merupakan kunci kesehatan tubuh". Kemudian kalimat penjelasnya artinya kalimat nomor 2, 3, dan 4. Untuk kalimat angka lima termasuk kalimat sumbang karena keluar menurut kalimat inti.
Kalimat nomor 5 artinya "Maka menurut itu olahraga relatif menyenangkap untuk dilakukan". Hal ini tentunya nir berkaitan dengan kalimat primer, maka berdasarkan itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat nir padu.

Contoh 3
Melinda merupakan siswa yang pintar dan rajin disekolah (1). Ia selalu tiba pagi buat membersihkan kelasnya (2). Selain itu, Melinda juga tidak pernah lupa buat mengerjakan tugas tugas sekolahnya (3). Apalagi Melinda selalu menerima ranking 1 dikelasnya (4). Melinda mempunyai hobi memasak (lima). Melinda tidak hanya pintar dalam pelajaran akademisnya namun dalam bidang non akademis misalnya olahraga (6).

Berdasarkan contoh kalimat tidak sinkron diatas bisa kita temukan kalimat utamanya yaitu "Melinda merupakan siswa yang pandai serta rajin disekolah". Kemudian kalimat penjelasnya merupakan kalimat nomor 2, 3, 4, serta 6. Untuk kalimat nomor 5 termasuk kalimat tidak sinkron karena keluar dari kalimat inti.

Kalimat nomor lima ialah "Melinda memiliki hobi mengolah". Hal ini tentunya nir berkaitan dengan kalimat primer, maka berdasarkan itu dikatakan menjadi kalimat tidak sinkron atau kalimat nir padu.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian kalimat sumbang lengkap dengan model kalimat tidak sinkron. Dalam menemukan kalimat tersebut membutukan ketelitian serta ketepatan pada memahami paragrafnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI